Artikel Pilihan

Berkhasiat Tinggi! Ini Manfaat Kulit Pohon Waru

Salah satu bagian dari pohon waru adalah kulit pohon waru. Tak banyak yang tahu bahwa kulit dari batang pohon waru bisa memberikan manfaat. Manfaatnya bisa bermanfaat yang nampak terlihat, namun juga bisa berupa khasiat yang tidak bisa diberikan kulit batang pohon lain. Anda mungkin sudah penasaran apa saja manfaat dari kulit pohon waru. Karena memang satu bagian dari pohon waru rasanya kurang bisa memberikan manfaat.

Ciri Ciri Pohon Waru


Manfaat Kulit Pohon Waru

Supaya wawasan Anda bisa bertambah, maka segara saja diketahui apa saja manfaat yang bisa diberikan. Karena dengan demikian, lain waktu jika Anda membutuhkan manfaat tersebut Anda bisa langsung mencari pohon waru untuk diambil kulit batang pohonnya. Beberapa manfaat dari kulit pohon waru antara lain :

Dijadikan Material Pembuat Tali

Kulit pohon waru juga bisa disebut sebagai lulup waru. Malahan pada fungsinya kali ini bagian dari pohon waru ini lebih akrab jika disebut sebagai lulup waru dibanding kulit waru. Manfaatnya yang pertama adalah bagiannya ini bisa dijadikan material untuk pembuat tali.




Baca juga : Ragam Bentuk Tulang Daun Pohon Waru dan Fungsinya

Bukan tali sembarangan, tali yang dibuat dengan material waru ini adalah tali tambang yang benar-benar kuat dan bermanfaat. Alasan mengapa kulit pohon waru bisa memberikan manfaat in adalah karena bagian ini bisa memberikan serat yang sifatnya baik untuk dijadikan tali.

Alas Piring dan Gelas

Anda pasti pernah melihat salah satu dekorasi pada ruang makan atau ruang dapur yaitu alas piring dan gelas. Alas piring yang diletakkan di meja makan biasanya terbuat dari kain. Namun, kulit dari pohon waru rupanya bisa dikreasikan menjadi alas piring. Tak hanya alas piring saja, kulitnya ini bisa dimodifikasi menjadi alas gelas yang sifatnya kuat dan tahan panas.

Dijadikan Pigura dan Hiasan Berupa Bunga

Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: assets-a2.kompasiana.com
Ada manfaat lain yang bisa diberikan kulit pohon waru selain menjadi alas piring dan bahan pembuat tali. Ternyata kulit dari pohon waru bisa dikreasikan menjadi pigura, entah itu pigura foto maupun pigura lukisan. Bahkan, bisa juga dijadikan hiasan bunga.Hal ini sangat wajar sebenarnya, sebab batang dari pohon waru sendiri memiliki kekuatan yang ti nggi. karena kuatnya, batang dari pohon waru juga dimanfaatkan menjadi kayu pembuat perahu.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Waru? Inilah 5 Titiknya

Bahan Penyamak Nabati

Pada industri penyamakan kulit, ada bahan nabati yang dibutuhkan untuk melakukan penyamakan tersebut. Kulit pohon waru rupanya merupakan kulit pohon yang mengandung senyawa tanin. Meskipun jumlahnya tak terlalu banyak, tetap saja karena kandungannya ini membuat kulitnya bisa dijadikan sebagai bahan penyamak nabati.

Bahan penyamak nabati ini hanya ditemui pada industri penyamakan kulit. Masih jarang ditemui pemanfaatan kulit waru pada home industri penyamakan kulit.

Mengawetkan Kayu Lain

Kayu jati putih harus diberi proteksi lebih supaya tidak cepat dimakan rayap. Tentu saja jika kayu jati putih dimakan rayap akan terasa sayang. Untungnya pada kulit pohon waru ada kandungan tanin, karena dengan senyawa tanin ini kulit tersebut bisa dimodifikasi sehingga bisa melindungi kayu jati putih dari rayap.

Jika Anda membutuhkan penjelasan lebih lengkapnya, maka akan Anda ketahui saat ini juga. Tanin adalah senyawa kimia yang biasa ada pada kulit kayu pohon yang mengandung gugus fenol. Karenanya, tanin bisa memberikan manfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri.

Perekat Eksterior

Masih karena senyawa tanin yang ada di dalam kulit pohon waru, tanin diketahui bisa menjadi perekat tipe eksterior. Alasan mengapa demikian adalah karena tanin juga ada sebagai polifenol alami, yang mana jika direaksikan dengan senyawa lain dan dilakukan oleh profesional bisa memberikan manfaat sebagai perekat eksterior.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: forda-mof.org





Perekat eksterior yang dimaksud dibutuhkan bukan sebagai perekat umum yang hanya untuk merekatkan dua benda saja. Melainkan sebuah perekat yang benar-benar kuta dan warnanya akan menjadi tak berwarna jika mengering.

Terlampau di luar bayangan dan mungkin tak pernah terpikirkan bagi Anda apa saja manfaat dari kulit pohon waru. Untung saja saat ini Anda sudah tahu apa saja manfaatnya, sehingga jika di masa depan Anda membutuhkan manfaat-manfaat di atas bisa saja langsung mencari kulit waru.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Berkhasiat Tinggi! Ini Manfaat Kulit Pohon Waru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel