Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Stek Pohon Waru yang Benar?

Jika Anda tertarik untuk melakukan stek pohon waru maka ketahui bagaimana caranya yang benar. Sebagaimana mestinya, cara yang salah kurang bisa memberikan hasil yang bisa diandalkan. Apalagi untuk Anda yang baru pertama kali akan melakukan stek tanaman, pasti membutuhkan informasi yang sejelas mungkin untuk bisa melakukannya.

Waru adalah salah satu tumbuhan yang bisa di stek dengan mudah. Caranya benar-benar mudah, dan Anda bisa membuktikannya sendiri nanti. Namun demikian, semua cara stek ini, tetap dibutuhkan informasi prosedurnya.

Alat dan Bahan Untuk Stek Waru

Ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu sebelum melakukan stek pohon Waru. Sama sekali tidak sulit untuk menemukan alat dan bahan ini, namun harus bisa Anda pastikan alat dan bahan ini sudah ada sebelum Anda melakukan stek.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Hibiscus Tiliaceus / Waru Laut Di Alam Liar




Untuk alat anda akan membutuhkan gunting kebun, pot atau polybag, dan sekop. Sedangkan untuk bahan, yang harus ada adalah pupuk kandang, tanah gembur, air, dan ranting pohon waru.

Ciri Ciri Pohon Waru

Bagaimana cara mendapatkan atau memilih ranting yang tepat untuk stek pohon waru akan dibahas selanjutnya. Namun ada bahan lain yang sifatnya opsional tetapi bisa membantu proses stek. Bahan tersebut adalah irisan bawang merah, kurang lebih dua siung.

Cara Stek Pohon Waru

Setelah menyiapkan alat dan bahan untuk stek pohon waru yang telah disebutkan, maka stek bisa segera Anda lakukan.

Menyiapkan Ranting Waru

Bagian dari pohon waru yang akan di stek tidak bisa sembarangan. Karena stek pohon waru berupa stek batang, maka yang dibutuhkan adalah ujung dari ranting pohon waru. Tidak semua ranting di pohon waru bisa di stek, ada kriteria yang harus Anda ingat.

Baca juga : Kaya Manfaat, Ini Fungsi dari Kayu Pohon Waru

Dari bagian yang akan dipangkas dengan ujungnya pastikan bisa mencapai panjang kurang lebih 30 sentimeter. Pastikan juga diameternya kira-kira 1 sentimeter. Sebab jika diameternya terlalu besar, proses stek akan menjadi lebih susah.

Jika anda sudah menemukan ranting dengan kriteria tersebut, maka langsung saja di pangkas menggunakan gunting kebun. Ingat, potong ranting tersebut sampai sepanjang kurang lebih 30 sentimeter.

Merendam Ranting Stek

Langkah ini berlaku jika Anda tidak langsung melakukan stek setelah mendapatkan ranting yang akan di stek. Namun jika setelah mendapatkan rangking untuk distek Anda langsung melakukan stek, lewati saja cara ini.

Cara ini harus Anda ingat jika setelah mendapatkan ranting Anda tidak memiliki waktu untuk langsung melakukan stek. Jika benar demikian, maka wadah yang berisi air dan irisan bawang merah. Masukkan ranting stek ke dalamnya dan keluarkan saat ranting siap di stek.

Menyiapkan Media Tanam

Media tanam yang digunakan bisa diwadahi pot atau polybag, sama saja. Namun Kebanyakan orang yang melakukan stek pohon waru memilih pot dibanding polybag. Pot atau polybag yang dipilih berukuran besar, karena nantinya akan digunakan beberapa ranting stek sekaligus.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber: i.ytimg.com
Tanah gembur dan pupuk kandang dicampur sama banyaknya. Setelah tercampur, dimasukkan ke dalam wadah untuk media tanam. Siram dengan sedikit air supaya mudah untuk pohon waru hidup di sana.

Melakukan Stek

Langkah selanjutnya adalah dengan melakukan stek. Ranting yang telah anda dapatkan tadi langsung ditancapkan ke media tanah. Kedalaman ranting yang masuk ke tanah kira-kira tiga sampai lima sentimeter. Tujuannya adalah supaya ranting tersebut tidak goyang atau roboh ketika diterpa angin. Setelah tertancap, bersihkan daun dari stek pohon waru itu. Sisakan tiga sampai empat daun saja.

Memindahkan Ke Lahan Atau Pot Lain





Masih ingatkah Anda bahwa media tanam padi digunakan untuk beberapa stek pohon waru sekaligus? Anda tidak perlu khawatir jika salah satu atau beberapa stek ini mati. Karena memang hal ini cukup wajar. Setelah dua atau tiga bulan dilakukannya stek, Anda baru bisa memindahkannya ke lahan yang sebenarnya atau pot lain.
Ciri Ciri Pohon Waru
Sumber 2.bp.blogspot.com
Cara memindahkan nya tidak perlu ribet. Anda hanya memerlukan sekop untuk mencongkelnya dan pastikan akarnya tidak terpotong atau tertinggal. Begitulah cara melakukan stek pohon waru, sangat mudah bukan? Perlu diketahui bahwa cara stek ini berlaku untuk waru jenis apa saja. Selamat mencoba ya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Stek Pohon Waru yang Benar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel