Artikel Pilihan

Berbagai Minuman yang Bisa Diolah dari Bibit Pohon Bidara

Bibit Pohon BIdara

Khasiat bibit pohon bidara untuk kesehatan tidak perlu diragukan lagi. Bibit pohon bidara mengandung vitamin A, B, C, antioksidan, kalsium, fosfor, zat besi, antibakteri, karbohidrat, lemak, dan protein. Berkat kandungan itu, tanaman ini bisa mengatasi masalah pencernaan, masalah kulit, hingga mencegah penyakit berbahaya.

Karena itu, bibit pohon bidara sering diolah menjadi berbagai produk yang bermanfaat. Beberapa diantaranya adalah masker, makanan, minuman, dan obat. Sebenarnya kamu bisa membuat minuman sendiri dari tanaman ini. Cara membuat minuman dengan bahan buah atau daun bidara juga sangat gampang. 

Minuman Dari Bibit Pohon Bidara 


1. Infused Water 

Infused water dipercaya bisa membuang semua racun dalam tubuh dan menyehatkan bagi tubuh. Tidak sedikit orang yang mengkonsumsi infused water dengan tujuan kesehatan atau diet. Infused water biasanya menggunakan irisan jeruk atau lemon. 

Kalau lemon terlalu mahal, anda bisa menggantinya dengan daun atau bibit pohon bidara. Cara pembuatannya sama, anda hanya perlu memotong buah dan daun bidara, kemudian memasukkannya ke dalam air dan biarkan selama beberapa jam. Anda juga mencampurkan perpaduan bidara dan irisan lemon untuk hasil yang lebih maksimal. 

Infused water yang terbuat dari bibit pohon bidara bisa melancarkan pencernaan anda dan mengatasi berbagai permasalahan pencernaan, seperti sembelit atau infeksi saluran cerna. 

2. Teh 

Kalau anda suka minum teh sambil menikmati makanan ringan, anda bisa membuat teh dari daun bidara. Teh yang terbuat dari daun bidara juga memiliki aroma yang tidak kalah harum dengan daun teh. 

Iris beberapa daun bidara hingga kecil, kemudian panaskan dengan secangkir air. Ketika sudah mendidih, ambil air tersebut dan nikmati saat suhunya sudah mendingin. Anda juga bisa mencampur madu atau susu agar menambah cita rasanya. 

3. Jus 

Daun, buah, dan bibit pohon bidara juga bisa dibuat sebagai jus yang menyegarkan. Kalau anda suka dengan jus buah, anda bisa menggunakan buah bidara. Bersihkan beberapa buah bidara dan masukkan ke dalam blender. Nyalakan blender tersebut hingga buah menjadi halus. Anda juga menambahkan berbagai buah lainnya sesuai dengan selera anda. 

Bila anda menyukai jus sayuran, gunakan daun bidara sebagai bahan jus. Caranya sama seperti membuat jus dari buah bidara. Anda juga bisa menambahkan sayuran lain, seperti bayam, wortel, brokoli, atau mentimun. 

Anda juga bisa langsung mencampurkan buah dan daun bidara untuk membuat jus. Anda tidak perlu menambahkan gula lagi karena sudah ada rasa manis yang berasal dari buah bidara. 

4. Sirup 

Berbagai buah sering dibuat menjadi sirup, seperti buah kelapa, jeruk, dan apel. Anda juga menjadikan buah atau bibit pohon bidara menjadi sirup. Karena membuatnya sendiri, sirup anda akan lebih alami dan terhindar dari bahan yang dapat merusak tubuh. 

Cara membuatnya juga tidak sulit, anda hanya perlu menyiapkan beberapa buah bidara yang sudah dicuci bersih. Rebus buah bidara tersebut dengan air yang telah dicampur gula pasir. Biarkan sampai mendidih dan air mengental. 

Kalau air rebusan sudah mengental, matikan api dan biarkan hingga suhunya menurun. Kemudian anda bisa menambahkan sedikit pewarna makanan agar warnanya semakin menarik. Bila anda tidak merasa dengan tampilannya, tidak perlu tambahkan pewarna. 

Proses ini telah selesai, anda hanya perlu menuangkannya pada botol kosong. Sirup bidara siap anda konsumsi kapan saja, tinggal campurkan air saja. 

5. Air Madu 

Madu memiliki nutrisi yang membuat tubuh menjadi lebih sehat dan tahan terhadap penyakit. Anda juga bisa menambahkan bibit pohon bidara atau daun bidara ke dalam air madu agar semakin menambah nutrisi dari minuman tersebut. 

Buat air madu seperti biasanya dan siapkan beberapa helai daun bidara yang telah dicuci bersih. Potong kecil daun bidara hingga mengecil. Kemudian campurkan daun bidara ke dalam air madu yang telah anda siapkan sebelumnya. 


Peluang Menjual Minuman Dari Bibit Pohon Bidara 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: jenis.net
Bibit pohon bidara mengandung banyak sekali nutrisi yang berguna untuk memulai pola sehat. Kini, banyak sekali orang yang mulai sadar dengan pola hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit. Anda bisa mencoba peluang bisnis minuman dari tanaman bidara untuk para konsumen yang menikmati olahan minuman sehat. 

Anda bisa menawarkan mereka jus buah atau daun bidara, jus bidara, dan infused water bidara. Anda hanya perlu memberikan edukasi kepada mereka kalau bibit pohon bidara merupakan makanan yang mengandung nutrisi yang tinggi. 

Minuman dari bibit pohon bidara yang anda jual pasti bisa mencegah berbagai penyakit yang mereka takutkan dan mengatasi masalah yang telah menyerang mereka. Anda juga menjual daun atau buah biara mentah bagi mereka yang ingin mengolahnya sendiri. 

Sekadar informasi, 1 kg daun bidara bisa laku hingga 500 ribu Rupiah sedangkan harga 1 biji buah bidara mencapai 500 Rupiah. Harganya cukup fantastis karena daun bidara memiliki banyak sekali khasiat dan manfaatnya. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Apakah ini anda semakin tertarik menanam bibit pohon bidara dan menjual bagian daun dan buahnya? Anda bisa mendapatkan keuntungan yang banyak bila melihat peluang bisnis ini.

Belum ada Komentar untuk "Berbagai Minuman yang Bisa Diolah dari Bibit Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel