Artikel Pilihan

Bagaimana Cara Memilih Bibit Pohon Bidara yang Bagus?

Bibit Pohon BIdara
Bibit pohon bidara akan menghasilkan tanaman dengan daun dan buah yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Bibit pohon bidara memiliki kandungan seperti antioksidan, vitamin A, B, C, kalsium, protein, dan fosfor sangat berguna untuk mencegah berbagai penyakit berbahaya, masalah kulit, serta masalah kulit. Namun, itu bila bibitnya berkualitas.

Bagaimana kalau bibit pohon bidara yang anda tanam tidak berkualitas? Pastinya bibit tersebut akan menghasilkan tanaman yang tidak bagus juga. Lalu caranya bagaimana? Anda harus mencari bibit yang berkualitas terlebih dahulu. Sebenarnya ada banyak cara untuk melihat bibit yang berkualitas dari tanaman ini. 

Memilih Bibit Pohon Bidara Berkualitas 


1. Perhatikan Daunnya 

Ada beberapa macam bibit yang dijual di toko tanaman, antara lain bibit yang belum ditanam sama sekali dan bibit yang telah di tanam hingga membentuk batang, akar, buah, dan daun yang kecil. 

Bila anda membeli bibit pohon bidara yang telah ditanam, anda harus memperhatikan berbagai bagian yang sudah tumbuh. Salah satunya adalah daun bidara. Pastikan kalau daun bidara tersebut masih segar dan tidak di makan oleh ulat. 

Bentuk daun bidara biasanya oval dan bentuk hati di bagian dekat batangnya. Daun ini akan lurus, tidak mengeriting atau menggulung. Karena itu, pastikan kalau anda membeli bibit dengan daun yang tidak menggulung dan masih lurus. 

2. Lihat Bagian Batang 

Meski baru tumbuh batang yang kecil, setidaknya anda sudah bisa menilai batang tersebut memiliki kualitas yang memadai atau tidak. Cara menentukannya juga sangat mudah, anda hanya perlu memperhatikan arah tumbuh batang tersebut. 

Pastikan kalau batang tersebut tumbuh dengan lurus karena batang yang bengkok akan menumbuhkan pohon yang bengkok saat pohon ini sudah seharusnya tumbuh tinggi. Selain itu, pilih bibit pohon bidara yang ada bagian kuncup pada batangnya. Bagian kuncup tersebut memberi tanda kalau akan ada pertumbuhan ranting yang banyak. 

Anda belum bisa menilai kekuatan batang tersebut karena masih kecil sehingga tentu saja belum kuat. Makanya, anda hanya bisa menilai dari arah dan bentuk batang yang tumbuh saja. 

3. Jangan Lupa Bagian Akar 

Bagian akar merupakan bagian yang paling penting karena merupakan fondasi bagi pohon bidara yang akan tumbuh besar nantinya. Kebanyakan orang bahkan melihat ke bagian akar terlebih dahulu sebelum melihat ke bagian yang lain. 

Akar juga merupakan bagian yang tumbuh pertama kali dari bibit pohon bidara sehingga bibit yang baik pastinya memiliki akar yang besar dan kuat. Pilih bibit yang memiliki akar yang banyak dan terlihat besar hingga ke permukaan tanah. 

Semakin banyak akar yang dimiliki oleh suatu pohon bidara, akan semakin kuat juga tanaman ini serta semakin banyak nutrisi yang bisa diserap ketika anda memberikannya pupuk. Semakin besar akarnya hingga terlihat ke permukaan tanah, menandakan kalau tanaman ini akan semakin kuat. 

4. Lihat Kondisi Buah 

Bila bibit pohon bidara yang akan anda beli sudah menghasilkan buah, lihatlah kondisi buah tersebut. kalau belum, anda bisa melewati langkah ini. Namun, umumnya pohon bidara sangat cepat menghasilkan buah. 

Umumnya pohon bidara sudah bisa menghasilkan buah pada saat umurnya beberapa tahun. Namun, untuk mencapai kualitas daun yang sangat baik, dibutuhkan waktu sekitar 2 tahun. 

Kalau anda melihat kondisi buahnya, pastikan kalau buah bidara tersebut memiliki layaknya buah bidara pada umumnya. Pastikan juga kalau warna buah bidara itu mengkilap serta cerah. Bauh bidara yang berkualitas akan menghasilkan lagi bibit pohon bidara yang berkualitas juga. 

5. Tanah yang Digunakan 

Selain memperhatikan tanamannya, pastikan juga tanah yang dipakai untuk menanam bibit pohon bidara tersebut. Anda harus memastikan kalau bibit bidara ini ditanam di tanah yang dikhususkan bagi tanaman. Pohon bidara memang dapat tumbuh di tanah yang mana saja. Namun, hasilnya tidak akan berkualitas. 

Cara Menanam Bibit Pohon Bidara Sendiri 

Bibit Pohon Bidara
Sumber: majalahilmu.com
Selain bisa membeli bibit pohon bidara yang sudah ditanam hingga tumbuh, daun, batang, dan bahkan buahnya, anda juga bisa menanamnya sendiri. Tentunya anda membutuhkan berbagai perlengkapan dan pengetahuan cara menanamnya. 

Anda membutuhkan pot, tanah, pupuk, air, tisu, ember, bawang merah, dan tentunya bibit pohon bidara. Bibitnya bisa anda dapatkan dengan membeli atau mengambil dari biji buah bidara yang telah dilepaskan cangkangnya. 

Bila sudah mendapatkan bibit pohon bidara, rendam selama semalam dengan air yang sudah diisi dengan bawang merah. Merendam bibit bidara dengan bawang merah akan membuat bibit menjadi lebih berkualitas dan dapat membuat daunnya menjadi lebih lebat serta menghasilkan buah yang berkualitas. 

Kalau sudah, ambil bibit pohon bidara dan letakkan di antara tisu yang sudah anda basahkan. Tunggu selama 1 sampai 2 minggu hingga akarnya tumbuh. Kalau akarnya sudah tumbuh, pindahkan ke pot yang sudah berisi tanah. 

Pastikan kalau posisi akarnya menghadap ke bawah sehingga tumbuhnya bisa sesuai dengan posisi yang seharusnya. Segera siram dan berikan pupuk bila semua proses sudah terlaksana agar bibit pohon bidara mendapatkan nutrisi. 
Bibit Pohon Bidara
Sumber: pinterest.com
Kini anda sudah tahu cara memilih bibit pohon bidara yang bagus serta cara menanamnya sendiri. Membeli atau menanam sendiri, manakah yang akan anda pilih?

Belum ada Komentar untuk "Bagaimana Cara Memilih Bibit Pohon Bidara yang Bagus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel