Artikel Pilihan

10 Fakta Menarik Tentang Pohon Angsana yang Jarang Diketahui

Kita tahu bahwa kita bisa menemukan banyak jenis pohon di Indonesia. Pohon-pohon besar bisa kita temukan di Indonesia yang merupakan negara tropis. Salah satu pohon besar yang sering kita temui adalah Pohon Angsana atau dikenal juga dengan nama Pohon Sonokembang.

Nah, pada kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda untuk mengetahui 10 Fakta menarik tentang pohon Angsana yang jarang diketahui! Apa saja sih fakta itu? Yuk simak ulasannya di bawah ini!
Ciri Ciri Pohon Angsana

1. Memiliki banyak sebutan

Di Indonesia, pohon yang satu ini lebih dikenal dengan nama Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang. Namun siapa sangka bahwa Pohon Angsana ini ternyata memiliki banyak sebutan. Bahkan di Indonesia sendiri, tiap daerah menyebut Pohon Angsana dengan sebutan yang berbeda.




Mulai dari Pohon Sena di Sumatra, Pohon Nala, hingga Pohon Babaksana di Betawi. Ternyata di Luar negeri, penyebutan Pohon Angsana ini juga berbeda. Pohon Angsana ini disebut sebagai pohon Apalit di Filipina, disebut sebagai pohon Pradu di Thailand, dan Pohon Chan Deng di Laos.

Baca juga : Manfaat Menanam Pohon Angsana di Perkotaan

2. Pohon penyerap polutan yang baik

Fakta kedua yang harus Anda ketahui tentang Pohon Angsana ini adalah pohon ini ternyata juga berperan sebagai penyerap polutan yang baik. Pohon yang satu ini mampu menyerap polusi udara dengan sangat baik sehingga bisa ditanam di proyek hutan kota atau taman kota karena bisa menyerap polutan udara dengan baik sehingga dapat membuat kualitas udara menjadi baik juga.

3. Memiliki bunga yang indah dan harum

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: lh3.googleusercontent.com
Mungkin jika Anda menemukan pohon besar, dengan bunga kecil berwarna kuning maka mungkin bisa jadi itu merupakan pohon Angsana. Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini merupakan salah satu jenis pohon yang memiliki bunga yang indah dan juga harum. Bunganya kecil dan berwarna kuning. Akan sangat indah jika berguguran.

4. Bisa menurunkan kadar kolesterol

10 Fakta menarik tentang pohon Angsana yang jarang diketahui adalah ia bisa membantu untuk menurunkan kadar kolesterol. Jika Anda punya kolesterol, maka cukup konsumsi rebusan daun Angsana saja secara rutin tiap harinya.


5. Bisa mengatasi sariawan

Jika sedang sariawan namun bingung ingin menggunakan herbal apa. Maka kami sarankan supaya Anda memanfaatkan daun Angsana saja. Daun dari pohon Angsana ini terbukti cepat menyembuhkan sariawan di mulut. Caranya juga hanya dengan merebus daun dari Angsana dan kemudian mencampurnya dengan gula aren jika ingin ada rasa manis.

Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

6. Bisa membantu mencegah diabetes

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: wanitamodern.com
Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan Pohon Angsana ini, salah satunya adalah bisa membantu untuk pencegahan diabetes. Untuk mencegah diabetes maka dimanfaatkan daun dari pohon Angsana. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan merebus daun Angsana kemudian meminum sarinya.

7. Biasa digunakan untuk bahan mebel

Sudah bukan rahasia lagi jika kayu Angsana ini memiliki kualitas yang bagus yang tak kalah dengan kayu jati atau kayu jenis lainnya. Karena kualitasnya yang bagus dan juga tahan lama itulah maka banyak sekali industri mebel yang menggunakan kayu Angsana sebagai salah satu bahan utamanya. Kayu Angsana atau Sonokembang ini dipilih juga karena anti rayap.

8. Memiliki harga jual yang cukup tinggi

Karena kayu dari Angsana ini memiliki kualitas yang sangat bagus, maka banyak dimanfaatkan untuk industri mebel. Selain itu banyak juga industri kerajinan tangan yang memanfaatkan kayu Angsana, oleh karena itu kayu ini memiliki harga jual yang cukup tinggi juga.

9. Bisa mengatasi demam

Daun dari Angsana ini ternyata juga sangat bagus untuk mengatasi demam, bahkan bisa mengatasi demam dari berbagai usia mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Caranya hanya dengan merebus daun Angsana kemudian dicampur dengan gula aren. Minum selagi hangat supaya demam mereda.

10. Tidak hanya ditemukan di Indonesia saja





Fakta unik yang terakhir, pohon Angsana ini tak hanya bisa ditemukan di Indonesia saja ya namun bisa kita temukan di negara lain seperti Filipina, Vietnam, Taiwan, Thailand, Papua Nugini, dan masih banyak negara lainnya.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai 10 fakta menarik tentang pohon Angsana yang jarang diketahui. Semoga dengan informasi di atas bisa membantu Anda untuk semakin mengenal Pohon Angsana, ya.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "10 Fakta Menarik Tentang Pohon Angsana yang Jarang Diketahui "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel