Artikel Pilihan

15 Tanaman Hias Bunga Murah Yang Indah dan Menarik

Tanaman Bunga Hias

Tanaman yang ditanam dan dipelihara untuk dinikmati keindahan estetika seperti warna, aroma, pola atau bentuknya yang menarik disebut tanaman hias.

Ada banyak sekali spesies tanaman hias yang dapat dipilih untuk menambah keindahan nuansa pekarangan atau latar rumah.

Selain memberi keindahan, tanaman juga menciptakan udara segar dan meningkatkan kesejukan dirumah.



Agar tetap sehat dan menarik, tanaman hias membutuhkan perawatan khusus seperti pemupukan rutin, pemangkasan, penyiraman dan pengendalian hama.

Tanaman hias yang spektakuler tidak harus dari spesies tanaman langka atau mahal, banyak tanaman hias dengan harga terjangkau yang bisa menampilkan keindahan yang luar biasa. Itu tergantung pada desain yang kamu buat dan cara merawat tanaman tersebut.

Berikut ini adalah 15 Tanaman Hias Bunga Murah Yang Indah dan Menarik.


1. Bunga Matahari (Helianthus annuus)


Bunga Matahari
Source : aucklandbotanicgardens.co.nz

Bunga matahari adalah tanaman hias semusim yang sangat populer, baik sebagai tanaman dalam pot maupun ditanam di tanah langsung. Bunga yang dihasilkan tanaman ini sangat khas, dengan bentuk yang besar dan berwarna kuning terang.
Back to Content



2. Azalea (Rhododendron)


Azalea
Source : skh.com

Azalea adalah salah satu spesies tanaman berbunga yang paling sering ditanaman di wilayah beriklim sedang. Azalea tumbuh di sebagian besar Asia Timur dan Amerika Utara. Ada banyak kultivar Azalea yang tersedia dengan warna bunga yang berwarna-warni, mulai dari merah, pink, oranye, dan putih. Kultivar tanaman azalea yang apling populer adalah Azalea Satsuki (Rhododendron indicum 'Satsuki azalea').
Back to Content



3. Kembang Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis)


Kembang Sepatu
Source : plantmaster.com

Kembang sepatu atau bunga sepatu adalah tanaman bunga dengan bentuk pohon semak yang berasal dari Asia Timur. Kembang sepatu banyak ditanam sebagai tanaman hias pekarangan di daerah tropis dan subtropis. Bunganya besar, berwarna merah, dan tidak memiliki aroma.
Back to Content



4. Bunga Kertas (Bougainvillea)


Bunga Kertas
Source : flowerpower.com.au

Bunga kertas atau bugenvil adalah tanaman hias populer yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Bentuknya berupa pohon kecil hingga sedang yang terkenal karena dapat bertahan dalam cuaca panas dan tanah yang kering. Keindahan dari tanaman bunga kertas berasal dari bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbun.
Back to Content



5. Anyelir (Dianthus caryophyllus)


Anyelir
Source : pond5.com

Anyelir atau bunga teluki dan dikenal sebagai Carnation dalam bahasa Inggris, adalah tanaman hias pekarangan dan pot yang terkenal. Tanaman ini berasal dari kawasan Mediterania dan menghadirkan bunga-bunga yang indah berwarna merah.



Back to Content



6. Anting-Anting (Fuchsia)


Fuchsia
Source : meredithcorp.io

Fuchsia umumnya dikenal dengan nama anting-anting di Indonesia. Tanaman hias berbunga menggantung ini berasal dari Asia beriklim sedang dan Selandia Baru. Kini fuchsia telah dibudidayakan di hampir seluruh dunia.
Back to Content



7. Mawar (Rosa × damascena)


Mawar
Source : pinterest.com

Mawar adalah tanaman hias populer dan sering diartikan sebagai lambang dari kasih sayang (khususnya pada momen tertentu seperti Valentine dan Anniversary). Bunga mawar hibrida memiliki variasi warna yang menarik dan mencolok dan sering dijadikan sebagai bunga potong.
Back to Content



8. Lantana (Lantana camara)


Lantana
Source : tripsavvy.com

Lantana adalah jenis tanaman berbunga yang berasal dari wilayah Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini tumbuh sering tumbuh meliar seluruh dataran tinggi di Indonesia. Lantana juga sering kali tumbuh liar di kebun kering, lahan kosong, area pertanian, hingga di tepi jalan raya.
Back to Content



9. Marigold (Tagetes)


Marigold
Source : blogspot.com

Marigold adalah genus tanaman hias tahunan yang berasal dari Meksiko selatan, tetapi saat ini telah dinaturalisasi di seluruh dunia termasuk di Indonesia. Marigold memiliki bunga berwarna kuning hingga oranye cerah.
Back to Content



10. Aster


Aster
Source : michiganwildflowerfarm.com

Aster adalah tanaman bunga yang berasal dari Cina dengan tinggi tanaman rata-rata 30-60 cm. Aster sering dibudidayakan di setiap daerah karena banyak orang yang menyukainya. Bentuk bunga aster ini sepintas mirip dengan bunga kertas.
Back to Content



11. Tulip (Tulipa)


Tulip
Source : darrenbloggie.com

Tulip merupakan nama genus tanaman yang memiliki 100 spesies tanaman berbunga. Tulip berasal dari Asia Tengah, seringkali ditemukan tumbuh liar di kawasan pegunungan di Kazakhstan. Penghasil tanaman bunga tulip tersebar saat ini adalah Belanda yang hampir ditemukan disetiap penjual tanaman hias disana.
Back to Content



12. Sikat Botol (Callistemon)


Sikat Botol
Source : thetutuguru.com.au

Sikat botol adalah genus tanaman semak yang endemik di Australia, tetapi banyak dibudidayakan diluar habitatnya dan menjadi tanaman hias pekarangan yang populer. Dinamai sikat botol karena bunganya menyerupai bentuk sikat botol.
Back to Content



13. Krokot Mawar (Portulaca grandiflora)


Krokot Mawar
Source : dhresource.com

Krokot mawar atau rose moss adalah tanaman hias berbunga yang berasal dari Amerika Selatan. Krokot sangat mudah tumbuh dan berbunga tanpa mengenal musim. Umumnya krokot ditanam itanah langsung agar dapat menyebar dan membuat kelompok semak kecil.




Back to Content



14. Gardenia


Gardenia
Source : thetreecenter.com

Gardenia adalah suatu genus tanaman berbunga yang berhabitat asli di daerah tropis dan subtropik Afrika, Asia, Madagaskar dan Kepulauan Pacifik. Ini menjadi tanaman hias berbentuk pohon dengan bunga indah berwarna putih.
Back to Content



15. Adenium


Adenium
Source : pixfeeds.com

Adenium atau kamboja Jepang adalah spesies tanaman hias skulen berbunga. Bunganya muncu tanpa musim dan hampir setiap saat pada kondisi iklim yang sesuai. Dalam bahasa Inggris, adenium disebut Desert Rose karena tanaman ini berasal dari daerah panas di Ibu kota Yaman, Aden. Ada dua spesies adenium yang populer di Indonesia, itu termasuk Adenium obesum dan Adenium arabicum.
Back to Content


Belum ada Komentar untuk "15 Tanaman Hias Bunga Murah Yang Indah dan Menarik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel