Artikel Pilihan

Bunga Bougenville 3 Warna Nan Indah Sebagai Penghias Taman Anda



Ciri Ciri Pohon Bunga Bougenville
Sumber: i.pinimg.com


Bunga bougenville 3 warna yang juga dikenal dengan nama bunga kertas ini telah lama populer di kalangan pecinta tanaman hias di Indonesia karena ragam warnanya yang cantik. Keunikan bunga bougenville 3 warna dibanding bunga hias lainnya terletak pada bagian spatha atau seludang yang memiliki ukuran lebih besar dibanding bunga aslinya.

Ciri Ciri Pohon Bunga Bougenville
Sumber: i.pinimg.com


Dalam satu pohon, bisa tumbuh bunga bougenville dengan 3 warna spatha yang berbeda. Spatha yang menyelimuti bunga bougenville asli ini tampak seolah-olah bagian bunga itu sendiri. Bunga yang mekar sepanjang tahun ini tumbuh bergerombol sehingga terlihat rimbun.
Anda tak perlu ragu untuk menanam bunga bougenville 3 warna ini di rumah Anda sebab keindahannya masih cocok untuk dipadukan dengan jenis tanaman hias lain.

Menghias Taman Dengan Bunga Bougenville 3 Warna


Jika Anda ingin tampilan taman atau halaman rumah Anda terlihat asri, Anda dapat menambahkan bunga bougenville 3 warna sebagai koleksi Anda. Terdapat banyak varian bunga bougenville yang dapat Anda padukan, seperti ungu, merah, oranye, kuning, dan putih.



Kombinasi warna yang umum adalah ungu, merah dan putih. Namun, Anda juga bisa memadukan warna-warna lain sesuai keinginan Anda. Bunga bougenville 3 warna ini dihasilkan dari tahap budidaya menggunakan teknik sambung pucuk.

Untuk melakukan teknik sambung pucuk, Anda tak harus menggunakan tanaman bougenville yang murni, Anda juga bisa menggunakan tanaman yang dikembangkan menggunakan teknik stek ataupun cangkok.

Teknik Stek dan Sambung Pucuk untuk Menanam Bunga Bougenville 3 Warna


Untuk dapat menghasilkan bunga bougenville 3 warna yang cantik ternyata memerlukan proses yang rumit. Butuh kesabaran dan ketelatenan dalam melakukan proses ini. Nah, jika Anda sudah penasaran bagaimana teknik mengembangbiakkan bunga bougenville 3 warna, simak pembahasannya berikut ini.

1. Menyiapkan Alat dan Bahan yang Diperlukan

Anda akan membutuhkan silet atau pisau cutter, gunting pangkas, sungkup berbahan plastik (Anda juga bisa menggunakan plastik pembungkus es).

2. Memilih Entres

Siapkan entres bougenville yang akan Anda stek. Banyak entres dapat Anda sesuaikan dengan warna yang ingin Anda sambung dalam satu tanaman. Semakin beragam warna yang Anda ingin, maka Anda memerlukan lebih banyak entres.
Pastikan entres yang Anda pilih berasal dari tanaman bougenville yang sehat serta terbebas dari hama dan penyakit. Ambillah entres dari dahan tanaman bougenville yang tua.


3. Memotong Entres

Potonglah entres yang telah Anda ambil tersebut menggunakan gunting pangkas sepanjang 10 sampai 15 cm. Buanglah bagian daun dan bunga, tapi tetap sisakan beberapa helai daun di pucuk batang tersebut. Umumnya, bila tanaman yang akan distek memiliki daun berukuran lebar, maka semua daun dapat dibuang dan hanya disisakan dua daun paling atas. Tujuan pemotongan daun ini adalah agar kelembaban tidak hilang melalui daun. Agar berhasil, sebaiknya Anda menghindari pemilihan batang stek dari tanaman bougenville yang tengah berbunga.

4. Mempersiapkan Batang Sambungan

Potonglah batang bougenville yang telah cukup umur dengan ciri-ciri dahan berwarna coklat, berstruktur sehat, tidak terdapat cacat, hama, maupun penyakit. Anda sebaiknya memotong batang menggunakan pisau yang tajam atau pisau khusus tanaman. Setelah dipotong, belah bagian tengah batang tersebut sepanjang 1-2 cm. Ambil entres yang akan distek, kemudian runcingkan ujung entres.



5. Menyambung Entres dan Batang

Satukan bagian runcing entres dengan batang yang telah dibelah tadi. Agar bagian sambungan kuat dan tidak lepas, Anda dapat mengikatnya menggunakan tali. Kemudian tutup sambungan menggunakan plastik yang telah Anda siapkan.

6. Menyimpan Hasil Penyambungan

Anda dapat menyimpan hasil sambungan ini di tempat yang kering dan sejuk. Sebaiknya Anda menghindarkan sambungan tersebut dari paparan sinar matahari secara langsung agar stek tidak kering. Pastikan Anda memeriksa secara rutin dan membuka plastik pembungkus sesekali agar suhu dan kelembaban terjaga. Batang baru akan tumbuh sekitar 3 minggu sampai dengan 25 hari. Jika batang baru tersebut telah tumbuh, Anda dapat membuka plastik penutupnya.

Meski tahapan-tahapan tersebut tampak rumit, tapi sebenarnya untuk dapat menghasilkan bunga bougenville 3 warna cukup mudah.



Belum ada Komentar untuk "Bunga Bougenville 3 Warna Nan Indah Sebagai Penghias Taman Anda"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel