Artikel Pilihan

Tips Budidaya Pohon Palem Sadeng yang Efektif

ciri ciri pohon palem sadeng

Tanaman hias adalah tanaman indah yang sudah dibisniskan, sehingga harga tanaman hias bisa sangat tinggi. Harga tanaman hias sangat bervariasi tergantung dari jenis tanamannya. Jenis tanaman palem adalah jenis yang memiliki harga yang tinggi, apalagi ada beberapa jenis palem yang dikategorikan sebagai tanaman langka. Palem sadeng adalah salah satu jenis palem yang sangat populer di Indonesia.

Sekilas Tentang Pohon Palem Sadeng

ciri ciri pohon palem sadeng
Sumber: tokopedia.net
Pohon palem sadeng adalah jenis pohon palem yang memiliki nama latin saribus rotundifolius. Ciri khas utama yang dimiliki pohon palem sadeng adalah memiliki daun yang bulat saat masih kondisi muda dan warna daunnya terlihat mengkilat. Pohon sadeng yang berusia tua, akan memiliki bentuk daun yang membelah dan warna daunnya menjadi tidak mengkilat.

Pohon palem sadeng bisa ditempatkan di sebuah area teduh atau panas, karena daya tahan pohon palem sadeng terbilang sangat kuat. Pohon palem sadeng banyak ditemukan di daerah perkotaan, karena menjadi tanaman yang sering dipakai untuk menghias taman. Tanaman ini juga bisa menjadi peneduh sebuah taman, karenanya daunnya lumayan rimbun.

Bibit pohon palem sadeng terbaik biasanya dihasilkan dari biji dan untuk penanamannya bisa di berbagai lokasi, baik dingin ataupun panas. Pohon palem sadeng memang sangat bagus apabila mendapatkan cahaya matahari setiap hari. Apabila pohon palem sadeng akan ditanam dalam sebuah pot, sebaiknya pilihlah pot yang berukuran besar.

Pohon palem sadeng memiliki cara tumbuh yang menjulang ke atas dan ketinggiannya bisa mencapai 10 meter. Pupuk yang biasanya dipakai untuk menunjang pertumbuhan pohon palem sadeng adalah pupuk NPK daun dan pemberian pupuk biasa dilakukan dalam waktu 30 hari sekali. Pemakaian pupuk harus disesuaikan dengan ukuran pohonnya.

Pohon palem sadeng yang dijadikan tanaman hias akan menghasilkan kesan yang elegan dan ekslusif, tak heran penggunaannya banyak di daerah perkantoran dan berbagai apartemen juga sering memakai pohon palem sadeng sebagai hiasannya. Bantuk daun pohon sadeng yang lumayan lebar, tentu sangat menguntungkan bagi lingkungan.

Baca Juga :

Tips Budidaya Pohon Palem Sadeng yang Efektif

ciri ciri pohon palem sadeng
Sumber: bungaku.co.id

 1. Bibit

Untuk memiliki pohon palem sadeng dengan kualitas super, tentu anda harus memiliki bibit pohon palem sadeng yang bagus. Untuk bisa mendapatkan bibit yang berkualitas, tentu ada berbagai hal yang perlu jadi bahan pertimbangan dan bibit palem sadeng menjadi jenis palem yang mudah beradaptasi dalam berbagai cuaca, baik hujan atau panas.

Pemilihan bibit palem sadeng yang baik bisa dilihat dari bentuk pohonnya yang tegak, kualitas akarnya yang bagus, kondisi daun yang segar dan tidak ada cacat di berbagai bagian tubuh. Untuk mendapatkan bibit pohon sadeng yang berkualitas, maka belilah bibit di tempat yang resmi dan belilah bibit yang memiliki sertisikasi jelas.


2. Lahan

Untuk menanam pohon palem sadeng pada area lahan terbuka, sebaiknya carilah lahan yang memiliki tingkat kesuburan tinggi dan pilih lahan yang tidak mengandung genangan air. Lahan yang kering sangat disukai oleh pohon palem sadeng. Apabila kondisi lahan terlalu banyak genangan, maka kondisi akar akan cepat membusuk.

Untuk menanam pohon palem sadeng pada pot, sebaiknya pilihlah pot dengan ukuran besar dan gunakanlah pot dengan bahan yang kuat, agar pertumbuhan pohon palen sadeng tidak terhambat. Sebaiknya jangan menanam pohon palem sadeng di polybag, karena akan mudah sobek dan pertumbuhan tanaman tidak akan berjalan dengan baik.


3. Penanaman

Penanaman dengan menggunakan media pot, sebaiknya menggunakan campuran tanah dengan pasir. Bagian bawah pot diisi dengan tanah dan bagian atasnya dengan selapis pasir lembut. Hal ini dilakukan agar tidak menimbulkan genangan air yang bisa membuat akar cepat membusuk. Apabila penanaman di tanah yang luas, berilah jarak yang luas antar tanaman.

4. Perawatan

Pohon palem yang sudah berhasil di tanam, jangan lupa untuk dirawat dan diperhatikan proses tumbuhnya. Pohon palem sadeng juga tidak perlu disiram setiap hari, hanya perlu disiram saat kondisi daun terlihat kering dan pohon palem sadeng menjadi tanaman yang berharga tinggi, karena proses pertumbuhannya sangat lambat.

Sekian ulasan lengkap mengenai tips budidaya pohon palem sadeng yang efektif dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Budidaya Pohon Palem Sadeng yang Efektif"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel