Artikel Pilihan

Tahapan Hilangkan Daun Mati atau Rusak Pada Pohon Palem

ciri ciri pohon palem

Pohon palem memang tidak memerlukan perawatan ekstra, karena pola hidupnya sangat sederhana. Namun apabila pohon palem dibiarkan hidup dengan liar, tanpa adanya perawatan sangatlah menyulitkan dalam proses pertumbuhan. Untuk menghilangkan berbagai daun mati atau rusak, ada beberapa tahapan yang perlu untuk dilakukan.

Tahapan Hilangkan Daun Mati atau Rusak Pada Pohon Palem

ciri ciri pohon palem
Sumber: mediad.publicbroadcasting.net


1. Sterilkan Alat Pemangkas

Alat pemangkas yang digunakan untuk beberapa jenis pohon, tentu bisa saja menularkan berbagai jenis penyakit tanaman. Sebelum anda melakukan proses pemangkasan pohon palem, sebainya sterilkan dulu semua peralatannya. Sterilisasi peralatan tidak hanya aman untuk tanaman yang akan di potong, tapi aman juga untuk pelaku pemotongan.

Hilangkan berbagai kotorang yang menempel pada alat pemangkas. Cara mensterilkan peralatan dengan memasukan peralatan ke dalam larutan pemutih yang telah dicampur air. Perendaman gergaji tidak hanya bagian yang bergerigi saja, atapi rendam juga bagian gagangnya. Perendalam peralatan bagusnya dilakukan selama 5 menit dan bilaslah peralatan dengan memakai air yang bersih, kemudian biarkan sampai peralatan kembali kering.

2. Pasang Alat Pemanjat

Untuk melakukan pemanjatan pohon palem, tentu tidak bisa dilakukan dengan asal. Siapkan alat pemanjat yang sudah di cek standar keamanannya dan dipastikan alat pemanjat dapat stabil. Untuk anda yang memiliki bobot berlebih, sebaiknya menggunakan alat pemanjat yang terbuat dari besi dan jangan menggunakan alat panjat kayu, karena memiliki resiko untuk roboh.

Periksalah perlengkapan yang dibutuhkan seperti lat pemanjat, cherry picker dan bangku pemanjat. Pastikan semua peralatan yang dibutuhkan akan aman saat digunakan. Ketika memasang alat panjat, jangan sampai pohon menjadi menekuk atau rusak, akibat penggunaan alat pemanjat yang salah. Pohon palem yang rusak bagian batang utamanya, tentu akan sulit untuk dipulihkan kembali.

3. Hilangkan Daun Mati dan Rusak

Ketika anda memangkas pelepah pohon palem yang sehat, maka pohon akan kehilangan kandungan nutrisinya dan hal ini bisa membuat proses pertumbuhan pohon terhambat. Tak hanya itu pohon juga akan mudah terserang penyakit dan bisa menimbulkan kematian. Pelapah tua biasanya berada di paling bawah dan saat proses pemangkasan minimal sisakan 2 pelepah tua.

Mulailah pemangkasan dari bagian pohon yang paling bawah dan hilangkan pelepah pohon yang sudah mati atau sudah patah. Gunakanlah alat pemangkas untuk menyingkirkan pelepah mati. Potonglah pelepah dengan jarak minimal 5 cm dan dari bagian batang pohon. Anda jangan pernah melakukan pemangkasan di bagian mahkota atau bagian atas, karena mahkota menjadi tidak akan berkembang dengan baik dan bisa berdampak pada kematian pohon.

Baca Juga :

4. Lepaskan Tangkai

ciri ciri pohon palem
Sumber: evermotion.org
Untuk melakukan pelepasan tangkai yang berada diantara jari-jari, sebaiknya lakukanlah pelepasan dengan cara perlahan. Apabila ada tangkai yang sulit untuk lepas, maka biarkan saja. Dengan melakukan prosedur pelepasan tangkai yang baik, maka perkembangan pohon palem akan terus berlanjut dan pohon palem akan berkembang dengan efektif.


5. Pemangkasan Bunga

Apabila pohon palem sudah menghasilkan buah yang matang atau bunga yang merebak, segeralah lakukan pemotongan bagian bunga. Bunga dan buah palem akan mengambil energi dengan nutrisi yang sangat dibutuhkan pohon palem untuk menunjang pertumbuhannya. Proses pemangkasan bunga harus dilakukan dengan baik, agar tidak melukai bagian pohon lainnya.


6. Buang Hasil Pemangkasan

Setelah berbagai bagian berhasil di potong, sebaiknya buanglah hasil pemotongan ke tempat sampah yang khusus untuk sampah organik. Saat melakukan pembersihan serpihan pohon, sebainya gunakanlah sarung tangan supaya lebih aman dan ambil juga berbagai bagian pohon palem yang jatuh dengan sendirinya, agar lingkungan tempat pohon tumbuh terjaga dengan baik.

7. Pemangkasan Berikutnya

Untuk melakukan pemangkasan berikutnya, tentu memiliki rentan waktu yang cukup lama. Tunggu pohon palem satu tahun lagi untuk melakukan proses pemangkasan. Pelapah pohon palem yang berwarna hijau akan menghasilkan makanan untuk pohon palem tersebut. Dengan melakukan pemangkasan dengan baik, maka kesehatan pohon palem akan terkontrol dengan tepat.

Demikian ulasan lengkap mengenai tahapan hilangkan daun mati atau rusak pada pohon palem dan semoga semua informasi yang disajikan bermanfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tahapan Hilangkan Daun Mati atau Rusak Pada Pohon Palem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel