Artikel Pilihan

Tips Budidaya Pohon Palem Bajul yang Penting Diketahui

Pohon palem bajul adalah jenis palem yang sulit ditemukan alias langka, karena jumlah pembudidayanya belum terlalu banyak. Pohon palem bajul merupakan pohon yang biasanya di simpan di perangan rumah ataupun di berbagai taman kota. Pohon palem bajul akan sangat terlihat indah saat tingginya sudah mencapai 1 sampai dengan 2 meter.

Pohon palem bajul juga bisa ditemukan di alam liar, meskipun keberadaannya sulit untuk terdeteksi. Kebanyakan pohon palem bajul hidup di hutan luar negeri. Dengan karakteristik yang kuat hidup di alam liar, maka pohon palem bajul bisa tumbuh dengan minim pencahayaan dan pohon palem bajul bisa hidup dengan kondisi yang dingin.


Ciri-Ciri Pohon Palem Bajul

ciri ciri pohon palem bajul
Sumber: shopee.co.id
Pohon palem bajul memiliki batang yang mengarah tegak ke atas dan pohon palem bajul juga jarang yang memiliki cabang. Bagian batang pohon palem bajul tidak memiliki cambium sejati dan bagian batangnya memiliki ruas. Pohon palem bajul juga memiliki kondisi daun yang majemuk dan daunnya sangat bermanfaat untuk menghasilkan udara yang bersih.

Bagian akar pohon palem bajul berasal dari pangkal batang dan akan bentuknya adalah serabut. Pohon palem bajul juga memiliki tangkai yang biasanya membungkus bagian batang dan memiliki bunga yang strukturnya sangat tersusun rapi. Buah pohon palem bajul memiliki lapisan luar yang tebal dan menutupi bagian buahnya.

Ketika masih muda, biji pohon palem baju akan memiliki kondisi yang cair dan akan mengeras apabila usianya semakin tua. Dengan mengetahui berbagai ciri fisik pohon palem bajul, tentu anda bisa membedakan palam bajul dengan jenis palem lainnya. Dengan ciri fisik yang indah, tak heran banyak orang yang mulai menyukai pohon palem bajul.

Baca Juga :

Tips Budidaya Pohon Palem Bajul yang Penting Diketahui

ciri ciri pohon palem bajul
Sumber: bukalapak.com
Pohon palem bajul memang lebih menyukai sebuah media tanam yang memiliki unsur pasir didalamnya, karena pasir bisa menghindarkan genangan air di daerah tanaman. Pohon palem bajul juga tidak menyukai media tanam yang terlalu banyak air atau becek. Apabila anda menanam pohon palem bajul di pot, jangan biarkan ada genangan air yang menahun.

Pohon palem bajul memang bisa dikredilkan dengan menanamnya dalam pot dan sebaiknya gunakan pot yang dihasilkan dari bekas drum atau menggunakan pot dari bahan tanah liat. Pada bagian bawah pot, jangan lupa masukan pecahan bata merah. Kemudian di bagian atasnya jangan lupa ditambahkan sabut kelapa, sekam padi dengan pasir halus. Dengan memenuhi semua keperluan yang dibutuhkan, tentu pengembangan pohon palem bajul dalam pot akan berjalan dengan baik.

Bibit palem bajul yang sudah ditanam dalam sebuah pot, jangan lupa diberi pupuk NPK selama 2 bulan sekali dan penggunaan pupuk disesuaikan dengan ukuran tanaman. Selalu perhatikan pola perkembangan tanaman, jangan sampai tanaman mengalami kekeringan atau rusak akibat hama. Rawatlah tanaman dengan prosedur yang benar, agar pola tumbuhnya berjalan dengan baik.

Bagi anda yang belum pernah memiliki pohon palem sebelumnya, tentu akan merasa binggung mengenai cara perawatannya. Kini sudah banyak sekali petani yang mengulas tentang tata cara budidaya pohon palem dan anda bisa mengikuti prosedurnya. Semakin baik pola perawatannya, maka tanaman akan semakin tumbuh dengan mekar. Para petani yang berpengalaman dalam mengembangkan palem, akan memiliki tips jitu untuk mengembangkannya.



Banyak sekali petani pemula yang gagal untuk membudidayakan palem, karena tidak mengikuti prosedur yang benar dan melakukan perawatan dengan cara yang asal atau tanpa ilmu. Dengan banyaknya pecinta pohon palem bajul di Indonesia, tentu hal ini menjadi peluang bisnis yang sangat besar dan bisnis palem juga bisa bertahan dalam waktu yang lama.

Janganlah asal dalam menentukan penjual pohon palem, karena banyak penjual palsu atau penjual nakal yang memanipulasi tanaman. Pohon palem bajul memang memiliki harga yang tinggi, sehingga tidak mungkin dijual dengan harga sangat rendah dan penjual yang memasarkan palem bajul dengan harga rendah, memiliki potensi untuk melakukan penipuan.

Sekian ulasan lengkap mengenai karakteristik pohon palem bajul yang penting diketahui dan semoga semua ulasannya memberikan manfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Budidaya Pohon Palem Bajul yang Penting Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel