Artikel Pilihan

Tips Budidaya Pohon Damar dengan Baik


Ciri ciri pohon damar

Pohon damar merupakan satu dari sekian banyak pohon yang menarik perhatian masyarakat indonesia. Selain berguna pohon ini juga bisa digunakan untuk budidaya. Sehingga pohon damar menjadi cocok sekali untuk pilihan para petani yang ingin mengembangkan budidaya atau agribisnis yang mereka miliki.

Bagi anda yang tertarik, pelajari terlebih dahulu tahapan dari pembudidayaannya setelah itu baru anda bisa langsung mempraktekkannya. Agar pohon damar yang dihasilkan bukan hanya tumbuh subur namun berkualitas. Apa informasi lengkapnya ?

1. Pahami Cara Menanamnya

Hal pertama yang bisa dilakukan, tentu saja memahami berbagai informasi mengenai pohon damar bagi seorang pemula informasi sangatlah penting. Karena bagaimanapun juga teori harus sama pentingnya dengan praktek petani tidak bisa melangsungkan semua budidaya dan tahapan lain-lainnya.




Apabila anda tidak memahami informasi dasar dari penanaman tersebut. Cobalah untuk mempelajari cara membudidayakan tanaman, dan apa saja yang harus dibutuhkan dalam penggunaan bahan dan material untuk budidaya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Damar (Agathis dammara) Di Alam Liar

2. Gunakan Bibit Berkualitas

Hal yang bisa dilakukan untuk memastikan bahwa anda bisa membudidayakan pohon damar yaitu dengan memastikan telah memilih bibit untuk pohon tersebut. Walaupun pohon damar termasuk pohon yang sangat fleksibel untuk ditanam namun tetap saja anda membutuhkan bibit yang berkualitas tinggi.

Selain itu pohon ini juga nantinya akan memberikan manfaat yang sangat tinggi ketika dipanen alasan inilah yang menyebabkan anda tidak boleh sembarangan dalam memilih bibit. Ada 3 petunjuk untuk bisa memilih bibit yang tepat yaitu umur yang tepat pohon yang berasal dari indukan yang terbukti bagus, dan tentu saja terakhir peralatan yang sangat maksimal.

Anda bisa membeli bibit dari petani pohon damar yang besar. Kemudian mengembangkannya sendiri di lahan yang sudah anda siapkan.
Ciri ciri pohon damar
Sumber: jatinangor.itb.ac.id


3. Lokasi yang Tepat

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan yaitu memastikan bahwa anda telah memilih lokasi yang tepat hal ini sangat penting. Karena lokasi menjadi tempat yang paling dibutuhkan oleh pohon damar untuk bisa tumbuh dengan baik curah hujan yang tinggi, merupakan hal pertama yang wajib ada.

Agar pohon damar bisa berkualitas dan melimpah tanah yang subur dan gembur. Menjadi salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan. Sebaiknya anda membudayakan di area atau lahan yang sangat luas karena pohon damar nantinya akan berkembang dengan sangat besar.

4. Pemeliharaan

Selanjutnya tahapan yang bisa dilakukan yaitu pembibitan penanaman dan juga pemeliharaan. Pohon damar merupakan salah satu tanaman yang ukurannya tidak terkecil. Sehingga perawatannya mungkin sedikit menyulitkan. Tetapi bagaimanapun juga anda tetap harus mengetahui bagaimana cara pemeliharaan dan perawatannya .

Baca juga : Daftar Tanaman Asli Indonesia Yang Populer Di Luar Negeri

Yang bisa anda lakukan yaitu memilih bibit yang sempurna. Kemudian selanjutnya menyediakan nutrisi mulai dari pemupukan dan juga pengairan yang sangat baik. Pemeliharaan pohon damar ini harus dilakukan dengan telaten, agar nantinya ketika panen pohon tersebut memberikan kualitas yang bagus dan harganya bisa menjadi sangat mahal.

5. Proses Panen





Panen menjadi hal yang paling penting dalam pembudidayaan tanaman damar. Ada banyak yang harus disiapkan mulai dari tempat untuk menampung pohon damar hingga proses pemeliharaan sehingga tanaman tidak mudah rusak. Pohon damar menggunakan sistem pemotongan perlahan yang nantinya tetap aman dan tidak akan merusak pertumbuhan pohon.

Selain itu panen dapat dilakukan jika pohon sudah melalui waktu untuk panen secara maksimal. jangan mencoba melakukan penebangan saat belum waktunya karena akan merusak habitat dan akhirnya mengganggu keseluruhan tanaman.

Begitulah informasi mengenai budidaya pohon damar. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :





Belum ada Komentar untuk "Tips Budidaya Pohon Damar dengan Baik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel