Artikel Pilihan

Budidaya dan Perawatan Tanaman Anthurium

Ciri Ciri Pohon Tanaman Anthurium

Tanaman anthurium menjadi salah satu tanaman yang sempat booming karena keindahannya dan tentu saja di lainnya yang sangat tinggi. Semakin lama banyak petani yang memutuskan untuk melakukan budidaya tanaman anthurium.

Karena dapat dijual dan memiliki nilai estetika yang sangat baik, namun tahukah anda bahwa selain budidaya cara merawat tanaman anthurium. Jika bukan sesuatu hal yang mudah lantas bagaimana cara agar tanaman anda bisa tumbuh dengan baik.

Media Tanam

Hal pertama yang dapat dilakukan yaitu memastikan bahwa anda telah memahami media tanam yang dibutuhkan oleh tanaman anthurium. Tahapan ini yang sangat penting karena media tanam bisa digunakan untuk kunci.

Bagaimana caranya agar tanaman bisa tumbuh dengan subur dan tidak mati anthurium hanya bisa tumbuh dengan baik.




Baca juga : Teknik Budidaya Tanaman Bougenville Ini Dapat Membuat Bunga Cepat Tumbuh

Apabila media tanamnya tidak ada genangan air sehingga walaupun membutuhkan air tetapi bukan berarti anda harus memberikan air, hingga mengenang mengingat tanaman ini lebih mudah membusuk.Ketika ada air selain itu anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan seperti cacahan pakis, sabut kelapa, sekam dan juga kulit kayu kering. Jangan terlalu padat ketika menanam dan juga memberikan media tanam. Dengan demikian tanaman nya nanti akan tumbuh dengan subur dan akarnya akan tumbuh dengan baik.

Pencahayaan Maksimal

Hal selanjutnya yang harus diketahui dalam melakukan perawatan tanaman anthurium yaitu pencahayaan khusus. Bagi tanaman ini memang tidak bisa tumbuh di lingkungan yang terlalu lembab sehingga iklim yang dibutuhkan adalah tropis lembab dan juga tropis kering.

Apabila mencoba menanam di lingkungan seperti pekarangan sebenarnya tidak ada masalah selama tanaman anthurium mendapatkan cahaya matahari. Tetapi juga tidak langsung terkena hujan anda bisa menggantungkannya di teras rumah yang terdapat penutup ruangan. Sehingga tidak akan kehujanan dengan begitu tanaman bisa tumbuh dengan baik dan anthurium bisa berkembang dengan cantik.
Ciri Ciri Pohon Tanaman Anthurium
Sumber: faunadanflora.com


Penyiraman Tanaman

Seperti yang dibahas sebelumnya tanaman ini tidak bisa mendapatkan air yang sangat banyak sehingga saat melakukan penyiraman harus hati-hati. Terutama jika anda membuat budidaya dalam kondisi musim hujan tanaman ini.Tidak perlu dilakukan penyiraman yang berlebihan, karena sudah ada bantuan air hujan. Ini menjadi kunci yang sangat penting agar budidaya anthurium anda dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Cara Pembibitan dan Penanaman Pohon Jati

Hama dan Penyakit

Hal lain yang harus dilakukan tentu saja pengendalian hama dan penyakit semua tanaman memiliki musuh dan juga serangan yang seringkali disebabkan oleh hama ataupun tanaman pengendalian hama dan penyakit ini,, dapat dilakukan dengan berbagai cara.

Salah satunya memutuskan untuk memindahkan pot tanaman anthurium ke lokasi yang tidak dekat dengan semut karena serangan yang sering terjadi adalah semut. Selain itu pastikan bahwa tanaman anthurium seringkali dibersihkan agar tidak terserang laba-laba. Anda bisa mengelola bagian daun ataupun menyemprotkannya dengan menggunakan sprayer.

Sterilisasi





Terakhir, hal yang harus dipastikan yaitu melihat akar tanaman anthurium yang mudah busuk perlu dilakukan tindakan sterilisasi. Bagi yang belum paham, sterilisasi dapat dilakukan saat sedang menyiapkan media tanam. Teknik sterilisasi memiliki tujuan utama, dengan membuat anthurium supaya tidak terkena hama dan penyakit.

Lalu bagaimana caranya? Mudah saja, media supaya tidak terlalu basah menggunakan matahari dan jika perlu anda harus melakukan sangria media tanam dengan baik. Setelah itu baru dimanfaatkan untuk menanam tanaman anthurium agar tumbuh dengan baik.

Itulah beberapa informasi mengenai budidaya tanaman anthurium. Semoga bermanfaat, ya.
Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Budidaya dan Perawatan Tanaman Anthurium"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel