Artikel Pilihan

Begini Cara Menanam Pohon Kaktus Hias Dan Jenis-Jenisnya

ciri ciri pohon kaktus

Pohon kaktus adalah tanaman sukulen sehingga bisa hidup di area yang kering seperti gurun pasir. Tanaman sukulen memang memiliki kemampuan untuk menyimpan cadangan air di dalam batangnya. Jadi ketika musim hujan akar pohon kaktus menyerap air dalam volume besar dari dalam tanah.

Kemudian air ini disimpan dalam rongga-rongga batang pohon kaktus. Air tadi bentuknya diubah menjadi lendir untuk mengurangi frekuensi penguapan air. Duri pada batang pohon kaktus juga mengurangi proses penguapan air dari batang pohon kaktus. Sehingga pohon kaktus bisa tetap hidup meskipun tanpa asupan air.

Jenis-Jenis Pohon Kaktus Hias yang Unik

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: review.bukalapak.com
Siapa yang tidak tahu tentang pohon kaktus hias? Saat ini sudah banyak sekali orang yang memakai pohon kaktus sebagai tanaman hias di rumah mereka. Pohon kaktus hias ada banyak jenisnya dan mudah perawatannya sehingga banyak sekali orang yang suka. Adapun jenis-jenis dari pohon kaktus hias yang unik adalah:

1. Pohon kaktus rainbow hedgehog

Sama seperti namanya, pohon kaktus rainbow hedgehog memiliki bunga kaktus yang bewarna warni dan warnanya sangat cerah. Pohon kaktus ini berbentuk oval dan ukurannya kecil. Sehingga pohon kaktus rainbow hedgehog bisa di letakkan dimana saja, seperti ruang tamu ataupun area tepi pagar dengan cara ditata memanjang.

2. Pohon kaktus cereus peruvianus

Keunikan pohon kaktus cereus peruvianus terletak pada ukuran tanaman ini. Dimana pohon kaktus satu ini bisa tumbuh sangat panjang hingga ukurannya mencapai atap rumah. Biasanya pohon kaktus cereus peruvianus dijadikan sebagai tanaman hias yang menghiasi pagar dengan cara ditata memanjang dari satu sisi pagar ke sisi pagar yang lain.


3. Pohon kaktus ball

Apabila Anda mencari pohon kaktus hias yang ukurannya kecil dan bisa di letakkan dalam ruangan maka pohon kaktus ball ini bisa menjadi pilihan Anda. Ukuran pohon kaktus ball cukup kecil jadi bisa ditanam pada pot mini lalu di letakkan di dalam ruangan. Namun Anda harus hati-hati sebab kaktus ini penuh dengan duri yang tajam.

4. Pohon kaktus gymnocalycium

Kebanyakan orang memakai pohon kaktus gymnocalycium sebagai penghias ruangan. Ukuran pohon kaktus ini memang tidak terlalu besar namun memiliki bunga yang indah. Jadi tidak heran apabila banyak orang yang tertarik pada pohon kaktus gymnocalycium sebagai pohon kaktus hias.

Baca Juga :

Cara Menanam Dan Merawat Pohon Kaktus Hias

ciri ciri pohon kaktus
Sumber: beritabaik.id
Karena ukuran pohon kaktus hias tidak hanya besar namun ada yang kecil juga maka proses penanaman dan perawatan pohonnya pun sedikit berbeda dari pohon kaktus lain.

Anda memang bisa membeli pohon kaktus hias yang sudah jadi namun Anda tetap harus tahu cara merawatnya. Adapun cara menanam dan merawat pohon kaktus hias adalah:

1. Proses pembibitan pohon kaktus

Anda bisa mendapatkan biji pohon kaktus dari tanaman induknya. Namun sebelum melakukan proses pembibitan pastikan Anda menggunakan batang tanaman induk yang batangnya masih sehat dan durinya tumbuh dengan sempurna. Atau Anda juga bisa membeli bibit pohon kaktus di toko peralatan taman.

2. Menyiapkan media tanam

Gunakan pot yang berukuran 5 sampai 10 cm untuk kaktus yang bentuknya bulat. Pohon kaktus hias yang diletakkan dalam ruangan lebih baik kekurangan air daripada kelebihan air karena bisa mati. Jadi gunakan campuran tanah dengan daya serap tinggi seperti sekam, kompos dan tanah berpasir dengan perbandingan 1:1:1.

3. Cara merawat pohon kaktus

Selalu ingatlah jika pohon kaktus adalah tanaman anti air yang tetap membutuhkan air. Jadi cukup menyiram pohon kaktus seminggu sekali jika Anda menanamnya di luar ruangan. Dan dua minggu sekali jika Anda menempatkan pohon kaktusnya di dalam ruangan. Sesuaikan intensitas penyiraman dengan kekeringan tanah pohon kaktus.

Proses penanaman hingga perawatan pohon kaktus memang bisa dibilang susah-susah gampang. Sebab untuk bisa menikmati bunga pada pohon kaktusnya maka Anda perlu kesabaran yang tinggi. Pohon kaktus hias memang memerlukan waktu yang cukup lama untuk memekarkan bunganya.

Bahkan ada beberapa jenis pohon kaktus yang bunganya mekar setelah satu tahun. Akan tetapi setelah bunga itu mekar maka Anda tidak akan kecewa sebab sangatlah indah warna dan bentuknya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Begini Cara Menanam Pohon Kaktus Hias Dan Jenis-Jenisnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel