Artikel Pilihan

Benarkah Minyak Pohon Ketapang Hampir Setara Fungsinya dengan Minyak Zaitun?

Biji ketapang bisa diubah menjadi minyak pohon ketapang dengan proses tertentu dan dikerjakan oleh ahlinya. Sebab, dalam proses ini memang dibutuhkan wawasan atau ilmu yang cukup dan menyertakan berbagai peralatan laboratorium yang tak sembarang orang bisa menggunakannya. Terlepas dari bagaimana prosesnya dan siapa yang memprosesnya, memang biji dari pohon yang banyak ditemui di Indonesia ini bisa diproses menjadi minyak pohon ketapang.

ciri ciri pohon minyak pohon ketapang

Rupanya muncul kabar di kalangan masyarakat bahwa minyak pohon ketapang bisa memberikan manfaat yang hampir setara dengan manfaat yang diberikan minyak zaitun. Anda tak bisa mempercayainya langsung tanpa ada bukti atau literasi. Maka dari itu, terlepas benar tidaknya simak bahasan berikut supaya Anda bisa menyimpulkannya.

Senyawa yang Ada di Minyak Pohon Ketapang dan Juga Ada di Minyak Zaitun

Ada beberapa kandungan atau lebih tepatnya senyawa yang rupanya ada di minyak pohon ketapang, namun juga ada di minyak zaitun. Kesamaan senyawa yang terkandung ini tentu saja bisa menjadi alasan mengapa dua minyak dari pohon yang berbeda bisa memberikan manfaat yang hampir sama. Berikut beberapa senyawa tersebut.

Metil Palmitat

Senyawa pertama yang ada dalam minyak pohon ketapang namun juga ada di minyak zaitun adalah metil palmitat. Metil palmitat biasa disebut sebagai asam palmitat untuk sebutan yang lebih luas. Jenis asam ini memberikan manfaat yang baik untuk tubuh. Apa manfaatnya itu segera anda ketahui. Terlepas dari itu, telah diketahui bahwa biji ketapang yang diolah menjadi minyak akan menghasilkan rendemen sekitar 35%. Artinya adalah total minyak yang didapat dari biji ketapang adalah 35% dari total massa biji ketapang yang diolah.

Baca Juga :

Metil Stearat

Memang benar hanya ada sekitar 4% saja metil stearat yang ditemukan dalam minyak pohon ketapang. Namun tidak bisa dilupakan karena ternyata senyawa ini juga ada di minyak zaitun.

Metil Oleat

Metil oleat atau biasa disebut sebagai asam oleat adalah senyawa yang ada di minyak ketapang dan minyak zaitun. Biji ketapang bisa memberikan minyak ketapang sebanyak kurang lebih 33% dari total berat biji yang diolah. Jika Anda kurang bisa memahaminya, bisa dimisalkan jika Anda mengolah satu kilogram biji ketapang untuk mendapatkan metil oleat dalam bentuk minyak, maka metil oleat yang Anda dapatkan sebanyak kurang lebih 330 gram.

Manfaat yang Diberikan Minyak pohon ketapang dan Minyak Zaitun

Mari kita coba mencari tahu apakah minyak zaitun bisa dikatakan serupa dengan minyak pohon ketapang jika yang dibicarakan adalah manfaatnya. Setelah ditelusuri, rupanya baik minyak ketapang maupun minyak zaitun sama-sama bisa memberikan beberapa manfaat berikut ini.

1. Mencegah Diabetes

Secara tidak langsung, minyak ketapang berkontribusi terhadap penyembuhan penyakit diabetes. Cukup banyak orang menderita penyakit ini dan ternyata memang diabetes adalah penyakit yang tidak bisa diremehkan. Minyak ketapang akan diolah lebih lanjut untuk bisa memberikan manfaat ini. namun ternyata, minyak zaitun juga diketahui bisa menjadi obat untuk penyakit diabetes. Prinsip kerja dari dua minyak ini adalah untuk menurunkan kadar gula.

2. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Minyak ketapang dinilai memberikan khasiat berupa menurunkan resiko penyakit jantung. Minyak zaitun sendiri dinilai sebagai minyak nabati yang bisa menjaga kesehatan jantung. Bukankah dua manfaat ini adalah manfaat yang sama?

3. Mencegah Radikal Bebas

Salah satu manfaat minyak ketapang adalah sebagai antioksidan. Antioksidan sendiri adalah zat yang bisa menangkal atau meminimalisir radikal bebas yang terlanjur masuk ke tubuh. Jika kebutuhan akan minyak nabati ini cukup, maka saat berada di luar ruangan tubuh akan lebih terlindung dari paparan radikal bebas.
ciri ciri pohon minyak pohon ketapang
Sumber: i.gadgets360cdn.com
Sedangkan minyak zaitun rupanya juga memiliki manfaat sebagai penangkal radikal bebas. Karenanya bisa disimpulkan bahwa untuk persoalan antioksidan atau pelindung dari radikal bebas, minyak ketapang dan minyak zaitun sama-sama bisa diandalkan.

Terbukti sudah bahwa minyak ketapang bisa memberikan manfaat yang setara dengan minyak zaitun. Karenanya jika Anda ingin mendapatkan salah satu atau semua manfaat di atas, Anda bisa memanfaatkan minyak zaitun atau minyak ketapang saja.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Benarkah Minyak Pohon Ketapang Hampir Setara Fungsinya dengan Minyak Zaitun?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel