Artikel Pilihan

Perbedaan Antara Pohon Maple Soft dan Hard yang Penting Untuk Diketahui

ciri ciri pohon maple

Istilah pohon maple soft atau lunak bukan merujuk ke spesies maple tertentu namun istilah umum mencakup beberapa jenis pohon maple yang berbeda. Istilah maple soft hanya dipakai untuk membedakan dengan pohon maple hard atau keras saja.

Sedangkan hard maple umumnya merujuk ke satu jenis pohon maple yakni Acer saccharum atau pohon maple batu dan pohon maple gula yang disadap untuk memperoleh sirup maple.

Untuk beberapa jenis maple yang paling umum digolongkan ke dalam jenis pohon maple lunak diantaranya adalah:
  • Maple perak [Acer saccharinum]
  • Maple berdaun lebar [Acer macrophyllum]
  • Maple merah [Acer rubrum]
  • Maple bergaris [Acer pensylvanicum].
Masing masing pohon maple ini mempunyai karakteristik yang berbeda beda seputar kekerasan, berat, kekuatan dan sebagainya. Meski begitu, pohon maple lunak tidaklah sekuat maple hard.

Cara Membedakan Pohon Maple Soft dan Hard

Jika anda sedang memilih pohon maple, berikut adalah beberapa cara utama yang bisa anda pakai untuk membedakan antara maple soft dan hard:

1. Timbang Kepadatan Kayu

Menilai dan menimbang kepadatan kayu menjadi salah satu cara terbaik untuk membedakan antara maple soft dan hard. Anda bisa memotong dua kayu maple dalam ukuran yang sama untuk memperkirakan kepadatannya. Dari sini, anda bisa melihat kayu tersebut adalah jenis maple soft atau hard.

2. Melihat Endgrain Pohon Maple

ciri ciri pohon maple
Sumber: custommade.com
Jika mungkin masih sulit membedakan antara maple soft dan hard dari kepadatan kayu, maka cara lain yang bisa anda lakukan adalah melihat endgrain pohon maple. Ada beberapa indikator yang bisa anda lihat, seperti:
  • Hard maple biasanya memiliki warna lebih terang serta warna yang lebih seragam. Sementara soft maple lebih sedikit gelap dan terdapat guratan garis merah, abu abu atau coklat.
  • Maple hard tumbuh lebih lambat dibandingkan dengan maple soft. Selain itu, cincin pertumbuhan di maple hard cenderung lebih dekat dibandingkan cincin maple soft.

Baca Juga :

3. Lakukan Uji Kimia

ciri ciri pohon maple
Sumber: googleusercontent.com
Mungkin, untuk spesies pohon maple soft akan lebih sulit dibedakan dibandingkan dengan maple hard khususnya pohon maple merah. Untuk itu, anda bisa mengakalinya dengan menggunakan larutan ferro sulfat atau FeSO4 yang bisa dipakai untuk membedakan beberapa jenis pohon maple khususnya antara maple merah dengan maple hard.

Ferro sulfat yang terkadang juga disebut dengan besi sulfat ini bisa anda dapatkan di toko bahan kimia. Namun biasanya, bahan kimia ini dijual dalam jumlah besar, sehingga untuk percobaan kecil, anda bisa membelinya di pengecer online.

Sedangkan beberapa orang juga merekomendasikan memakai solusi jenuh dari ferrous sulfate. Bahkan, hanya dengan sedikit ferrous sulfate yang dicampur ke dalam air sudah cukup untuk memberikan hasil reaksi yang nyata.

Apabila larutan ferrous sulfate ini sepenuhnya jenuh dan diaplikasikan ke permukaan kayu kemudian didiamkan sampai mengering, lapisan material yang dikristalisasi pucat diendapkan, maka akan mengaburkan warna permukaan kayu yang ada di bawahnya.

Untuk takaran ferrous sulfate untuk tes pohon maple adalah ½ cup air dan ½ sendok teh ferrous sulfate. Aduk hingga rata dan diamkan lebih dulu selama beberapa menit hingga larutan berubah warna. Sesudah larutan siap, gunakan sikat untuk mengoleskan larutan pada permukaan kayu dan tunggu sampai ada warna yang muncul. Sangat direkomendasikan untuk menambah lapisan larutan sesudah 1 menit pengaplikasian pertama.

Nantinya, warna akan berubah dalam waktu sekitar 10 menit, namun akan lebih baik untuk menunggu lebih lama sekitar 1 jam agar warnanya bisa benar benar keluar dan hasilnya bisa akurat.

Untuk pohon maple merah akan memberikan warna yang dalap seperti tinta biru atau hitam. Sedangkan untuk maple hard akan memberikan warna sedikit hijau sedikit pucat. Namun selain dua jenis pohon maple ini, ada juga beberapa spesies pohon maple lainnya yang terlihat hampir serupa dan berikut beberapa reaksinya:
  • Maple merah: Berubah menjadi biru gelap.
  • Hard maple: Berubah menjadi biru terang atau hijau.
  • Maple hitam: Berubah menjadi biru pucat atau hijau.
  • Maple daun besar: Berubah menjadi gelap seperti hard maple.
  • Maple birch: Berubah menjadi sangat pucat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Perbedaan Antara Pohon Maple Soft dan Hard yang Penting Untuk Diketahui"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel