Artikel Pilihan

Peluang Bisnis Pohon Gaharu

Peluang bisnis pohon gaharu tampak bagus di masa sekarang ini. Pemanfaatan gaharu dalam hal bisnis tidak hanya dilakukan oleh masyarakat dalam negeri saja tetapi bisnis ini juga dijalankan oleh masyarakat dari luar negeri. Pohon gaharu yang memiliki nama latin Aquilaria malaccensis ini memang menjadi salah satu jenis pohon yang diburu banyak orang.

Bahkan banyak dari biji dan bibit pohon ini yang diburu orang agar dapat dibudidayakan. Oleh karena itu pamor pohon gaharu ini semakin tinggi hingga sampai ke berbagai negara di belahan dunia. Berikut beberapa alasan menarik dari timbulnya peluang bisnis pohon gaharu.

ciri ciri pohon gaharu

1. Kayu berkualitas tinggi

Kayu gaharu dikenal memiliki kualitas yang bagu. Kualitasnya termasuk tinggi sehingga kayu gaharu ini menjadi salah satu jenis kayu terbaik yang banyak diburu orang. Kualitasnya yang baik ini bahkan terdengar hingga ke warga negara asing yang kemudian bersedia membuang waktunya untuk mencari kayu gaharu ini di Indonesia.

Peluang bisnis pohon gaharu tampaknya menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan terutama bagi Indonesia sebagai penghasil pohon gaharu. Terlebih lagi pohon gaharu sekarang ini banyak diminati sehingga permintaan konsumen terhadap kayu gaharu semakin besar. Pengiriman kayu gaharu hingga ke luar negeri tentu akan memberi keuntungan tersendiri bagi negara teruatama dalam hal finansial.


2. Produksi minyak gaharu

Kayu gaharu yang umumnya digunakan untuk dijadikan sebagai bahan pembuat perabot rumah tangga atau mebel saja. Tetapi kayu gaharu juga seringkali dijadikan sebagai minyak. Di samping itu kayu gaharu yang telah diolah menjadi serpihan atau serbuk digunakan pula menjadi minyak. Proses pembuatan minyak dilakukan dengan melakukan proses penyulingan. Proses penyulingan ini akan menghasilkan limbah yang kemudian limbah ini dapat diolah hingga menjadi hio atau dupa.

Produksi minyak dari kayu gaharu juga cukup tinggi. Maka peluang bisnis pohon gaharu terutama bisnis kayu gaharu sebenarnya bisa memberikan keuntungan yang cukup besar. Bisnis kayu gaharu tidak hanya memberikeuntungan pada pembudidayanya saja tetapi juga pada negara terutama melalui devisa yang diperoleh dari kegiatan pengiriman kayu ke luar negeri.

3. Bahan dasar pembuat wewangian

Tidak hanya minyak dan mebel atau perabot rumah tangga saja yang bisa dihasilkan dari adanya pengolahan kayu gaharu. Sebagai tanaman yang memiliki batang kuat rupanya kayu gaharu menjadi komoditi perdagangan yang cukup banyak dikirim dari Indonesia menuju ke luar negeri.

Kayu gaharu yang dijadikan sebagai serpihan dan serbuk selanjutnya juga bisa diolah hingga menjadi bahan dasar wewangian. Wewangian yang dimaksud disini misalnya seperti parfum. Memang kayu gaharu pada dasarnya memiliki aroma yang khas. Aroma dari kayu gaharu ini bisa dibilang wangi dan wanginya tidak sama dengan wangi dari kayu yang lainnya. Wangi kayu ini cukup unik dan bisa membuat Anda menjadi tenang.

Baca Juga :

4. Daun gaharu

Peluang bisnis pohon gaharu juga memanfaatkan bagian daun. Daun gaharu juga tidak kalah penting. Sebagai bahan komoditi perdagangan maka daun gaharu juga banyak dicari dan diburu oleh kebanyakan orang.

Daun gaharu memang memiliki banyak manfaat. Beberapa orang menggunakan daun ini untuk dijadikan sebagai teh. Bahkan sebagian pembudidaya gaharu seringkali mengirim daun gaharu ke tempat pembuatan teh.

Daun gaharu juga bisa direbus biasa saja dan diambil ekstraknya. Ekstrak daun gaharu ini kemudian bisa dikonsumsi. Ekstrak atau air rebusan daun gaharu tersebut baik dikonsumsi oleh mereka yang mengalami masalah kesehatan.
ciri ciri pohon kayu gaharu
Sumber: dewisundari.com
Peluang bisnis pohon gaharu dipandang memiliki sangat banyak manfaat bagi kehidupan manusia. Maka tak heran bila keberadaan tanaman ini semakin dilindungi oleh pihak pemerintah. Perlindungan terhadap tanaman gaharu ini dilakukan misalnya dengan cara adanya ketentuan bahwa bibit gaharu sudah seharusnya bersertifikasi. Dengan adanya label sertifikasi ini maka gaharu haruslah ditanam dengan baik.

Penanaman dan perawatan harus dilakukan dengan benar sehingga nantinya tanaman gaharu ini bisa bertumbuh dengan baik. Pada akhirnya kualitas pohon gaharu yang bersertifikasi bisa menjadi sangat baik sehingga sangat layak untuk diperdagangkan. Pembibitan gaharu ini dilakukan dengan tujuan untuk menyelamatkan tanaman gaharu dari kepunahan dan kelangkaan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Peluang Bisnis Pohon Gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel