Artikel Pilihan

5 Kegunaan Daun Pohon Gaharu Yang Tidak Terduga

Kegunaan daun pohon gaharu dikenal sangat banyak. Pohon gaharu yang memiliki nama latin Aquilaria malaccensis telah sejak lama dikenal dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan manusia dan hal lainnya. Termasuk pula bagian daun dari tanaman gaharu yang dipercaya memiliki banyak khasiat.

Permintaan pasar akan daun gaharu menjadi semakin meningkat sehingga harga daun gaharu bisa menjadi lebih tinggi. Begitu banyak kegunaan dari daun gaharu sehingga manfaat daun gaharu ini dikenal hingga sampai ke mancanegara. Kini tidak hanya masyarakat dari dalam negeri saja yang memburu daun gaharu untuk dikonsumsi dan diperdagangkan tetapi juga masyarakat dari luar negeri.

ciri ciri pohon gaharu


1. Obat kencing manis

Salah satu kegunaan daun pohon gaharu yaitu untuk mengobati penyakit kencing manis. Banyak pasien kencing manis yang kemudian berburu daun gaharu untuk dikonsumsi. Dengan mengonsumsinya secara rutin maka penyakit kencing manis yang dialami oleh seseorang diharapkan bisa hilang dan tidak akan kambuh lagi.

Beberapa orang pengidap kencing manis yang mengonsumsi air rebusan daun gaharu merasa bahwa kencing manisnya telah berhenti sejak ia mengonsumsi air rebusan daun gaharu. Sebenarnya daun ini tidak hanya befungsi untuk menyembuhkan penyakit kencing manis saja. Tetapi masih banyak penyakit lainnya yang juga bisa sembuh jika mengonsumsi daun gaharu ini.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: palembang.tribunnews.com

2. Dijadikan minuman teh

Permintaan daun pohon gaharu yang meningkat tampaknya juga dipengaruhi oleh keinginan sejumlah orang untuk membuat daun ini menjadi teh. Teh sendiri dikenal sebagai minuman pendamping yang terasa nikmat. Teh juga bisa dibuat dari daun gaharu. Selain nikmat tampaknya teh yang dibuat dari daun gaharu juga bisa bermanfaat untuk menjaga kesehatan orang yang mengonsumsinya.

Kegunaan daun pohon gaharu sebagai bahan pembuat teh ini pernah dinyatakan oleh pembudidaya tanaman gaharu. Ia menyatakan bahwa daun gaharu seringkali dikirim ke tempat pengolahan teh. Tentu saja teh yang terbuat dari bahan daun gaharu ini akan membuat Anda yang meminumnya selalu sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit kronis. Namun teh dari daun gaharu ini tidaklah setenar teh yang dibuat dengan menggunakan daun dari perkebunan teh sekalipun sebenarnya ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dari teh daun gaharu ini.

3. Membantu proses detoksifikasi

Air rebusan daun gaharu yang dikonsumsi secara rutin akan membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Sebab daun gaharu dikenal bisa membantu proses detoksifikasi dalam tubuh manusia. Anda mungkin bisa meminumnya secara langsung setelah direbus. Atau Anda juga bisa meminumnya setelah daun ini diolah menjadi teh.

Untuk membantu dan memperlancar proses detoksifikasi di dalam tubuh maka umumnya jenis daun yang digunakan adalah daun gaharu muda. Kegunaan daun pohon gaharu ini rupanya juga sudah mulai dikenal oleh banyak orang sehingga hal ini semakin berdampak pada meningkatnya permintaan pasar pada daun gaharu.

Baca Juga :


4. Menambah ketenangan

Minum air rebusan daun gaharu juga dapat membuat Anda menjadi lebih tenang. Umumnya saat seseorang merasa tertekan dan stres maka kondisi saraf di dalamnya tubuhnya bisa menjadi tegang. Namun saat Anda mengonsumsi daun gaharu tentunya saraf di dalam tubuh yang tadinya tegang akan menjadi lebih rileks kembali. Itu sebabnya banyak orang yang menggunakan daun gaharu untuk mencegah stres.

Daun gaharu ini juga banyak digunakan oleh sebagian orang untuk menambah ketenangan dalam situasi apa saja. Bahkan daun ini bisa dijadikan sebagai bahan aromaterapi untuk meningkatkan rasa relaksasi pada diri seseorang. Daun gaharu akan bekerja secara efektif menghilangkan rasa cemas yang muncul dalam diri Anda.


5. Meningkatkan stamina dan menambah energi

Masih ada pula kegunaan daun pohon gaharu yang lain yaitu meningkatkan stamina dan menambah energi pada seseorang. Mengonsumsi daun gaharu akan membuat Anda bisa beraktivitas fisik dengan lebih ringan dan lebih baik. Ekstrak daun gaharu yang merupakan minuman herbal bisa dikonsumsi untuk menjaga stamina tubuh. Selain itu mengonsumsi ekstrak daun gaharu juga bisa menambah energi dalam diri Anda.

Memang dapat dilihat ada cukup banyak kegunaan daun pohon gaharu. Tak heran jika harga daun pohon tersebut bernilai cukup mahal. Sekilonya saja bisa mencapai puluhan ribu rupiah. Sehingga dalam setiap kali panen ladang pohon gaharu, tentu tidak ternilai berapa keuntungan yang bisa didapatkan.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "5 Kegunaan Daun Pohon Gaharu Yang Tidak Terduga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel