Artikel Pilihan

Perkiraan Biaya Inokulasi Pohon Gaharu

Biaya inokulasi pohon gaharu mungkin cukup berbeda antara inokulan yang satu dengan yang lain. Ada banyak inokulan yang tersedia dan Anda bisa memilih inokulan yang terbaik dan sesuai dengan pohon gaharu yang sedang dibudidaya. Proses inokulasi sendiri sebenarnya merupakan suatu cara yang dipandang baik dalam hal mengembangkan panen gaharu.

Oleh karena itu metode inokulasi telah banyak diterapkan oleh berbagai pihak yang menanam pohon gaharu. Baik para petani gaharu maupun para pembudidaya gaharu. Inokulasi bahkan juga dilakukan oleh hampir semua pihak yang menjadi pengusaha gaharu mulai dari pengusaha lokal sampai dengan pengusaha gaharu dari luar negeri.

ciri ciri pohon gaharu

1. Inokulan Buatan Fugha

Fugha pada dasarnya merupakan suatu produk unggulan yang dibuat dengan tujuan untuk melakukan proses inokulasi pada tanaman atau pohon gaharu. Produk ini telah teruji karena sudah melalui penelitian dari laboratorium. Biaya inokulasi pohon gaharu dengan menggunakan produk Fugha ini sebenarnya cukup terjangkau.

Anda bisa mendapatkan produk inokulan yang memiliki berat sekitar 1,500 gram dengan harga di bawah 500 ribu rupiah. Produk ini memang dapat digunakan untuk menghasilkan angkaras atau gubal pada pohon gaharu jika dilakukan secara rutin. Penggunaan inokulan ini bisa dilakukan sebanyak 6 kali per 3 bulan sehingga pembentukan gubal pada pohon gaharu bisa lebih cepat dan juga bisa lebih maksimal.

2. Bio-inokulan Gaharu Gold

Bio-inokulan Gaharu atau BiG-R merupakan pembentuk resin gaharu dengan kualitas yang tinggi. BiG-R ini telah diteliti selama beberapa tahun dan dinyatakan bahwa produk ini merupakan obat gaharu yang terbaik di masa sekarang ini. BiG-R Gold 51 merupakan sebuah inovasi inokulan gaharu yang bersifat praktis dan mudah dibawa ke mana saja. Kualitasnya tinggi dan dapat diinokulasikan pada pohon gaharu berusia minimal 1 tahun.

Produk ini dapat menghasilkan gubal yang lebih padat dan solid serta wangi alami. Setiap 100 gram produk ini dibanderol dengan harga di atas satu juta rupiah. Anda juga bisa menambahkan gula pasir atau gula merah ke dalam larutan 100 gram inokulan ini. Biaya inokulasi pohon gaharu ini dibanderol dengan harga yang relatif lebih mahal namun memiliki kualitas yang baik untuk pohon gaharu.
ciri ciri pohon gaharu
Sumber: gaharu84.blogspot.com

3. Bio Serum Gaharu

Pohon gaharu di tanah air ini bisa dijumpai dalam jumlah dengan sangat banyak di beberapa pulau seperti misalnya di Sumatra. Untuk itu beberapa warga Sumatra kini membuat inokulan yang diformulakan untuk membentuk gubal gaharu.

Menggunakan inokulan jenis ini akan meningkatkan kualitas hasil panen gaharu Anda. Inokulan yang dibuat di Lampung ini diproduksi dengan berat sebanyak 1 liter. Produk ini dijual dengan harga di atas 500 ribu rupiah sehingga produk inokulan ini cukup dijangkau. Penggunaan cairan inokulan dengan metode seperti infus akan membuat pohon gaharu bisa bertumbuh dengan baik.

Baca Juga :

4. Isolat Serum Inokulasi

Inokulasi pada pohon gaharu juga bisa dibuat dari isolat. Isolat pada dasarnya turut berguna terhadap pertumbuhan gaharu. Oleh karena itu isolat ini bisa dicampurkan ke dalam inokulasi sehingga pertumbuhan pohon gaharu bisa berjalan dengan baik. Kualitas pohon gaharu bisa berkembang menjadi lebih baik lagi karena adanya inokulan yang mengandung isolat.

Anda bisa mendapatkan cairan isolat inokulan dengan berat kurang lebih 1 liter seharga 200 ribuan saja. Biaya inokulasi pohon gaharu dengan penggunaan isolat ini tentu lebih terjangkau. Tidak hanya harganya yang relatif terjangkau saja tetapi penggunaan isolat sebagai bahan inokulan akan bersifat lebih menguntungkan bagi pertumbuhan pohon gaharu.
Sumber: gaharucandanku.blogspot.com


5. Isolat Organik

Biaya inokulasi pohon gaharu tentu bisa lebih hemat jika Anda sebagai penanam atau pembudidaya tanaman gaharu jika menggunakan isolat. Kini hadir pula isolat organik yang juga bisa digunakan sebagai inokulan untuk pertumbuhan pohon gaharu dengan kualitas terbaik.



Sebagai nutrisi makanan bagi pohon gaharu maka sudah tentu isolat organik ini merupakan pilihan terbaik bagi Anda yang merupakan pembudidaya tanaman gaharu. Dengan harga yang hanya sekitar 100 ribu saja maka Anda bisa mendapatkannya sehingga budidaya gaharu Anda bisa berkualitas.

Rupanya ada berbagai macam biaya inokulasi pohon gaharu yang perlu dipersiapkan. Tergantung metode dan teknik yang digunakan. Sebaiknya pastikan saja teknik yang dipilih paling sesuai, sehingga proses inokulasi tidak memakan banyak biaya namun mendatangkan hasil yang maksimal.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Perkiraan Biaya Inokulasi Pohon Gaharu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel