Artikel Pilihan

Persiapan Sebelum Budidaya Pohon Ketapang, Apa Saja?

Tertarik untuk budidaya pohon ketapang adalah ide yang menarik. Mungkin sebelumnya  Anda telah mengetahui sendiri betapa besarnya manfaat yang bisa diberikan oleh ketapang, baik itu buahnya sendiri atau pohonnya.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Atau mungkin, keinginan budidaya pohon ketapang dari Anda adalah alami karena ingin sedang membudidayakan tanaman. Tidak masalah jika memang demikian, sebab membudidayakan ketapang bukanlah hal yang mengecewakan dan buang-buang waktu.

Untuk melakukan budidaya pohon ketapang tentu Anda harus tahu apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana prosedurnya. Hal ini mutlak wajib Anda ketahui. Maka dari itu, kali ini akan dibahas mengenai apa saja yang harus diketahui untuk budidaya pohon ketapang.

Persiapan Untuk Budidaya Pohon Ketapang

Berikut ini adalah beberapa alat dan bahan yang harus ada untuk budidaya ketapang. Sebaiknya Anda siapkan semuanya karena telah diringkas seminimal mungkin benda-benda yang dimaksud tersebut.

1. Bibit Pohon Ketapang Atau Biji Ketapang

Tanyakan kepada diri Anda terlebih dahulu apakah Anda cukup sabar menunggu biji ketapang tumbuh sampai menjadi tanaman, atau Anda kurang sabar menunggunya. Masing-masing pilihan ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
ciri ciri pohon ketapang
Sumber: dekoruma.com
Kelebihan memilih biji ketapang adalah Anda tak perlu mengeluarkan uang untuk beli bibitnya, namun kelebihan ini diikuti dengan kelemahan yang mana mengharuskan Anda memberikan waktu lebih lama untuk bisa memberikan manfaat.

Opsi selanjutnya adalah dengan membeli bibitnya. Anda memang perlu mengeluarkan uang, namun Anda sudah menerima ketapang dalam bentuk tumbuhan yang siap menjadi pohon. Harga untuk bibit ketapang bisa berbeda-beda, tergantung di mana Anda membelinya dan seberapa tinggi atau besar bibit yang Anda beli.

2. Skop

Skop akan memudahkan Anda baik untuk memindahkan bibit dari polybag asli ke polybag yang baru, juga akan memudahkan Anda dalam menyemaikan biji. Pokoknya, untuk budidaya pohon ketapang benda ini wajib ada.

3. Pupuk

Pupuk wajib Anda miliki meskipun pohon ketapang tergolong yang mudah perawatannya. Sebab dengan pupuk, semua tumbuhan apapun itu bisa lebih mudah mendapatkan nutrisi yang dibutuhkannya dan cepat tumbuh.

Baca Juga :

4. Polybag

Walaupun Anda berencana untuk menjadikan ketapang nanti sebagai pohon perindang di taman, namun untuk mencapai kesana tetap dibutuhkan polybag. Benda ini juga dibutuhkan baik Anda yang memilih opsi semai biji atau beli bibit.

5. Air

Semua tumbuhan membutuhkan air, termasuk saat awal mula membudidayakannya.

Cara Budidaya Pohon Ketapang Dari Biji

Tidak ada salahnya budidaya pohon ketapang dari biji. Caranya pun tak terlalu sulit. Apalagi jika Anda pernah melakukan penyemaian kacang hijau yang menjadi kecambah, prinsipnya sama seperti itu.

Pertama-tama tentu Anda kumpulkan dulu beberapa atau banyak sekaligus biji kecambah. Kemudian semai biji ini sampai mengeluarkan daun kecil (sebagaimana yang terjadi pada perkecambahan). Jika sudah, maka biji ini sudah siap dipindah ke polybag. Polybag yang digunakan yang berukuran paling kecil. Tunggu beberapa bulan sampai biji tersebut terus tumbuh hingga menjadi tumbuhan.


Cara Budidaya Pohon Ketapang Dari Bibit

Sesaat setelah membeli bibit ketapang, berhati-hatilah saat membawanya pulang. Kemudian saat sampai rumah Anda bisa segera memindahkannya ke polybag yang lebih besar dari polybag asli toko.

Sebab, paling sering dijumpai bibit ketapang yang dijual di toko atau penjualnya sudah terlalu kecil polybagnya. Sebenarnya keadaan ini akan membuat tumbuhan tersiksa, maka dari itu usahakan polybag yang menjadi tempat barunya nanti lebih besar.

Setelah dipindah, jangan lupa untuk memberikan pupuk. Pupuk ini letaknya di tengah, yang mana jika diurutkan dari bawah urutannya adalah tanah, pupuk, tanah. Seminggu setelah dipindah, sirami bbit ini sebanyak dua kali dalam sehari. Baru satu atau beberapa minggu kemudian Anda bisa menyiraminya satu kali dalam dua hari saja.

Jika bibit sudah cukup besar, Anda sudah bisa memindahkannya ke tanah lapang supaya bisa lebih mudah baginya untuk tumbuh.

Kesimpulan

Sangat mudah untuk membudidayakan ketapang, malahan hampir semua orang bisa melakukannya. Selain bisa dibudidayakan dengan mudah, untungnya ketapang ini bisa memberikan banyak manfaat. Baik pada pohonnya, akarnya, batang, daun, maupun pada buah dan bijinya. 

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Persiapan Sebelum Budidaya Pohon Ketapang, Apa Saja?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel