Artikel Pilihan

Mengenal Jenis-Jenis Pohon Ketapang

Nama pohon ketapang bisa dikatakan cukup familiar dan sangat mudah ditemukan di Indonesia. Biasanya pohon ini mudah ditemukan di taman kota, hutan kota, ruang terbuka hijau bahkan pekarangan rumah. Bukan hanya meneduhkan, namun ada banyak manfaat lainnya dari pohon ketapang.

Karena itulah tak heran jika banyak orang membudidayakan ataupun menanamnya dimana-mana. Dan pada artikel kali ini akan dijelaskan lebih lanjut mengenai jenis-jenis pohon ketapang dan ciri-cirinya.

Mengenal Pohon Ketapang

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai jenis-jenis pohon ketapang, penting untuk dipahami terlebih dahulu untuk mengenal pohon ketapang. Pohon yang memiliki nama latin Terminalia cattapa ini sebenarnya adalah tanaman tepi pantai.




Ciri-ciri pohon ketapang bisa dilihat dari bentuk pohon yang melebar dan bertajuk-tajuk. Tanaman ini juga sangat mudah hidup dan beradaptasi di lingkungan manapun, terutama negara tropis seperti Indonesia. Meskipun cukup menjengkelkan karena dapat menggugurkan daun-daunnya dan sangat sulit dibersihkan. Namun ada banyak manfaat yang didapatkan dari pohon ketapang, mulai dari daun, biji, bahkan hingga akarnya.

Baca juga :Ingin Sukses Budidaya? Lakukan 5 Tips Merawat Pohon Ketapang Ini

Ciri khas lainnya dari tanaman pohon ketapang ini bisa dilihat dari ketinggiannya yang dapat mencapai 40 meter dan diameter batangnya hingga 1,5 meter. Cukup besar bukan? Inilah yang membuat daerah sekitar pohon ketapang menjadi rimbun. tajuk pohon ketapang memiliki cabang yang banyak dan tumbuh bertingkat dan horizontal. Pada pohon muda, tingkatan-tingkatan pohon inilah yang membuatnya seperti bangunan pagoda.

Sedangkan untuk bagian daunnya berbentuk oval mirip telur dengan ujung membundar serta meruncing di bagian tangkai. Warna daunnya hijau dan akan berubah kemerahan saat akan gugur. Pohon ketapang juga memiliki bunga berukuran kecil di ujung-ujung ranting. Bunga pohon ketapang tidak mempunyai mahkota akan tetapi berkelopak 5 helai.

Jenis Pohon Ketapang

Ada beberapa jenis-jenis pohon ketapang, di antaranya :

1. Pohon Ketapang Laut (Beach Almond Tree)

Ciri Ciri Pohon Ketapang Laut
Sumber: jerrycolebywilliams.files.wordpress.com
Pohon ketapang laut merupakan salah satu jenis dari pohon ketapang yang umumnya digunakan sebagai pohon peneduh serta sangat cocok ditanam di kawasan pinggir laut atau pantai. Bibit pohon ketapang ini memiliki berbagai ukuran beragam, mulai dari 50-60 cm dengan usianya sekitar 8-10 bulan. Pada ukuran dan usia inilah bibit dikategorikan bibit tanaman ketapang laut terbaik. Tanaman ini dikenal menjadi tanaman peneduh dengan karakteristiknya yang khas, sangat cocok untuk ditempatkan di pinggiran laut karena bentuknya yang rimbun.

Baca juga : Di Indonesia, Habitat Pohon Ketapang Ada Pada Daerah Ini

Biasanya pohon ketapang ini memiliki tajuk yang cenderung bertingkat atau berlapis. Selain itu pertumbuhan ketapang laut juga terbilang cepat sehingga cocok untuk dijadikan peneduh di pinggiran laut. Selain itu, ciri khas lainnya dari tanaman ini adalah waktu pertumbuhan yang cukup cepat, untuk pertumbuhan dari 1 meter hingga 5 meter bisa dicapai dalam waktu 2-3 tahun.

2. Pohon Ketapang Mini

Jenis pohon ketapang selanjutnya yaitu pohon ketapang mini, yang mana seperti ketapang laut jenis pohon ketapang ini juga merupakan tanaman peneduh yang berbentuk seperti pohon. Kacu yang terdapat di ketapang mini ini berbentuk mendatar dan berlapis seperti halnya ketapang jenis lainnya. Jenis ketapang ini bisa dijadikan pilihan bagi pecinta tanaman hias karena bisa digunakan untuk mempercantik taman.

Pohon ketapang mini ini juga dikenal sebagai ketapang kencana karena bentuk fisik daunnya yang lebih kecil dibandingkan daun pohon ketapang pada umumnya. Biasanya pohon ketapang mini ini sangat mudah ditemukan di pinggiran jalan yang digunakan sebagai tanaman peneduh untuk membuat suasana jadi lebih sejuk dan asri.




Tanaman pohon ketapang mini ini juga sangat cocok ditempatkan di rumah karena ukurannya yang tidak terlalu besar. Sehingga tak akan membuat rumah terlihat sesak dan penuh, begitu pula dengan bagian akarnya juga tidak akan membahayakan bangunan maupun saluran air di sekitarnya.

Bagaimana? tertarik untuk menanam pohon ketapang Anda bisa langsung menanamnya dari biji buah ketapang. Sudah banyak pembudidaya yang menjual bibit pohon ketapang siap tanam sehingga anda tak perlu kerepotan saat menanam pohon ketapang. Yang terpenting adalah kebutuhan air sinar matahari harus tercukupi untuk mendukung pertumbuhan tanaman pohon ketapang. Semoga informasi diatas cukup membantu.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Mengenal Jenis-Jenis Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel