Artikel Pilihan

Jasa Pohon Ketapang Terhadap Lingkungan

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Bagi sebagian besar orang, pasti tidak asing lagi dengan pohon yang satu ini. Ya, pohon ketapang memang sangat mudah ditemukan di berbagai tempat. Banyak orang yang menanam pohon ketapang karena sumbangsih dari pohon ini cukup besar untuk lingkungan.

Pohon ketapang memang banyak ditemukan di sepanjang jalan terutama di jalan yang kapasitas populasi dan mobilitasnya tinggi. Sebenarnya, dengan ditanamnya pohon ketapang banyak hal yang bisa ditimbulkannya. Salah satunya untuk lingkungan hidup. Belakangan ini banyak yang menggalakkan untuk menanam pohon ketapang karena manfaatnya ini. Di antaranya adalah :

1. Filter Udara

Ditanam di tempat yang penuh dengan polutan, ternyata pohon ketapang bisa dijadikan sebagai filter. Dimana pohon ini akan menyerap gas karbon dioksida yang dikeluarkan oleh manusia dan juga karbon monoksida yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.




Polusi belakangan ini jadi topik yang ramai diperbincangkan. Pasalnya, di kota besar sendiri polusinya sudah berada di tingkat yang cukup parah. Dengan menanam pohon ketapang maka bisa jadi solusi terbaik dalam mengatasi pencemaran udara. Mungkin ini adalah alasan anda sering melihat pohon ketapang di pinggir-pinggir jalan besar.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

2. Penyejuk Udara

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: jurnalasia.com
Bagi anda yang tinggal di tempat yang gersang, mungkin pohon ketapang bisa jadi solusinya. Pasalnya, pohon ini masuk dalam kategori pohon peneduh. Pohon peneduh adalah pohon yang fungsinya menghalangi sinar matahari yang langsung memancar. Dengan adanya pohon peneduh, maka sinar matahari menjadi terhalangi oleh rimbunnya dedaunan.

Selain matahari bisa terhalangi panasnya, pohon ketapang juga akan memberikan efek berupa kesejukan bagi siapa saja yang berteduh di bawahnya. Hal ini karena daunnya yang banyak. Seperti kita tahu bahwa daun pohon ketapang mengeluarkan gas oksigen yang kita hirup sehari-hari. Dengan memberikan oksigen yang fresh, maka ketika kita hirup sensasinya sangat segar. Maka dari itu, berada di bawah pohon ketapang sangatlah nyaman.

3. Mencegah Longsor

Pohon ketapang juga memiliki kontribusi terhadap pencegahan longsor. Hal ini karena akar dari pohon ketapang cukup kuat. Selain itu, akarnya berbentuk tunggang yang menusuk secara dalam. Pada bagian akar tunggangnya tersebut terdapat akar cabang yang bisa mengikat tanah di kanan kirinya. Alhasil tanah jadi lebih kuat lagi karena akar berhasil menyatukan satu dengan lainnya.

Baca juga :Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah

Pohon ketapang kemudian dijadikan pohon yang ditanam di tanah miring. Pemanfaatan pohon ketapang menjadi sangat penting disini. Apalagi di Indonesia sendiri banyak daerah yang masih rawan longsor.
Sebenarnya setiap pohon juga memiliki kemampuan mengikat tanah. Namun spesial untuk pohon ketapang, akarnya memiliki karakteristik yang beda. Akar pohon ketapang jauh didominasi dengan gerakan vertikal dibandingkan horizontal. Dengan begitu pohon ketapang ini jadi lebih kokoh.

4. Mencegah Banjir

Masih ada kaitannya dengan penjelasan diatas, akar dari pohon ketapang memanglah spesial. Pasalnya, akar dari pohon ketapang ini memiliki daya serap yang cukup baik dalam menyerap air. Kemampuannya yang baik dalam menyerap air membuat pohon ketapang bisa mengatasi permasalahan banjir.

Ketika genangan air terjadi, maka pohon ini secara masif akan menyerapnya. Sementara jika suasana tandus dan gersang tiba, pohon ini sudah memiliki cadangan airnya. Dengan menanam pohon ini di lahan yang mudah digenangi air, maka akan mencegah banjir. Terutama untuk pohon ketapang yang sudah cukup dewasa. Sementara untuk pohon ketapang yang masih kecil, dimana akarnya masih tergolong pendek maka tidak terlalu berpengaruh pada mengatasi banjir.




Pohon yang memiliki nama latin Terminalia Catappa ini memang sangat berjasa bagi lingkungan. Dengan menanam pohon jenis ini maka ada banyak dampak positif yang kita dapatkan. Maka dari itu tidak heran jika pohon ini secara masif dibudidayakan.

Pohon ketapang tidak hanya berjasa bagi lingkungan, manfaat dari bagian pohon ini juga sangat banyak. Maka dari itu banyak orang yang menyebut pohon ketapang sebagai tumbuhan seribu guna. Meskipun begitu, tanaman ini tidak sepopuler jenis tanaman lainnya. Hal ini karena jenis tanaman ini tidak mudah untuk dikenali. Dalam kata lain, karakteristik dari pohon ketapang ini banyak yang mirip dengan pohon lain yang serupa.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Jasa Pohon Ketapang Terhadap Lingkungan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel