Artikel Pilihan

Mengenal Buah Zaitun Beserta Khasiatnya

ciri ciri pohon buah zaitun

Apabila kita sudah terbiasa mendengar minyak zaitun, kali ini kita akan membahas bahan yang merupakan asal muasal datangnya minyak zaitun. Tak hanya minyaknya yang bisa dimanfaatkan, ternyata buah aslinya juga memiliki khasiat yang baik bagi tubuh.

Mengenal Pohon Zaitun

ciri ciri pohon zaitun
Sumber: gurneys.com
Pohon zaitun memiliki nama latin Olea Europeae. Dianggap sebagai pohon yang bisa hidup abadi karena masih tetap bisa produktif meski telah berusia yang cukup tua. Tanaman ini dapat dimanfaatkan setiap bagiannya, mulai dari buah, daun, bahkan batang hingga akarnya.

Ciri khas dari tanaman zaitun ini yaitu buahnya yang berwarna hijau saat muda dan berubah semakin gelap menjadi warna ungu saat sudah tua. Memiliki daun tunggal dengan warna hijau keperakan. Batang berkambium dengan bentuk yang semakin keriput dan melilit di usia pohon yang semakin tua. Bunganya berbentuk lonceng berwarna putih dengan bulu-bulu halus di sekitarnya. Akarnya dapat tumbuh memanjang mencapai 7 meter.

Baca Juga :

Tanaman ini berasal dari daratan timur tengah, afrika selatan dan eropa. Pohon zaitun dapat tumbuh dengan baik di daerah yang beriklim panas dan tahan terhadap hujan es ringan. Kebutuhan airnya tidak terlalu banyak, sehingga cocok hidup di daerah yang seperti ini. Sedangkan untuk daerah beriklum tropis membutuhkan trik khusus agar bisa hidup dengan baik.

Buah Zaitun

ciri ciri pohon buah zaitun
Sumber: gardenerspath.com
Pada musim panen, sebuah pohon zaitun dapat menghasilkan hingga 1 ton buah zaitun. Nantinya hasil ini akan diolah menjadi minyak zaitun maupun dimakan secara segar atau juga diolah dalam produk makanan yang lain. Buah zaitun memiliki kandungan gizi yang cukup banyak, seprti pada tabel berikut.

Kandungan nutrisi buah zaitun cukup banyak. Dilengkapi dengan Vitamin A, C, B sangat bagus untuk menjaga metabolisme tubuh. Selain itu buah zaitun juga dapat mencegah berbagai jenis penyakit kanker kanker. Dalam buah zaitun terdapat zat anti oksidan dan krotenoid. Zat-zat ini dapat menangkal radikal bebas yang ada dalam tubuh. Jenis penyakit kanker yang dapat dicegah yaitu kenker usus besar, kanker lambung dan juga bagi para wanita buah zaitun ini dapat mencegah kanker payudara.

Zat antioksidan yang sebelumnya bisa mencegah kanker, ternyata juga dapat mencegah penuaan dini yang terjadi pada kulit anda. Kandungan vitamin dan mineral dalam buah zaitun mampu mengeluarkan gas dan zat beracun sehingga dapat melancarkan pencernaan. Kandungan lemak jenuh yang lebih sedikit disbanding dengan lemak tak jenuh dapat melancarkan peredaran darah, menurunkan kadar kolesterol serta mencegah penyakit jantung.

Buah zaitun yang tidak mengandung gula dapat mengurangi resiko diabetes serta mampu menyeimbangkan kadar hormone di dalam tubuh, termasuk hormone insulin. Kandungan vitamin A yang tinggi dapat memperbaiki penglihatan dan meningkatkan kualitas penglihatan. Selain itu juga mencegah penyakit mata pada orang-orang yang telah berusia lanjut.

Vitamin C yang terkandung dalam buah zaitun dapat juga mencegah asma. Jumlah zat besi yang cukup tinggi dapat meningkatkan produksi sel darah merah pada tubuh sehingga semakin banyak oksigen yang terikat dalam darah dan dapat digunakan untuk mencegah anemia. Sehingga tubuh anda bisa lebih sehat.

Nah, itu tadi sedikit informasi tentang buah zaitun yang jarang diketahui orang banyak. Meskipun buah zaitun biasa diolah menjadi minyak zaitun terlebih dahulu sebelum dinikmati, ternyata buah zaitun bisa dikonsumsi secara langsung untuk mendapatkan nutrisi dalam buah yang sangat bagus untuk tubuh. Rasa buah zaitun yang terkadang agak getir saat masih muda, bisa disiasati dengan diolah menjadi acar buah zaitun. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mengenal Buah Zaitun Beserta Khasiatnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel