Artikel Pilihan

Mengandung Tanin, Khasiat Pohon Ketapang Ini Sangat Besar

Salah satu zat yang terkandung di pohon ketapang yang mana cukup besar memberikan banyak khasiat pohon ketapang adalah zat tanin. Dibanding dengan zat-zat lain yang juga terkandung di bagian pohon ketapang zat ini dinilai yang paling besar memberikan khasiat. Khasiatnya pun tidak hanya di satu bidang saja melainkan beberapa bidang sekaligus.

ciri ciri pohon ketapang

Maksudnya adalah zat tanin ini bisa memberikan khasiat pohon ketapang untuk dunia medis, estetika, dan bidang lainnya. Melalui bahasan ini kita akan mengenal lebih lanjut tentang zat tanin. Bagaimana bisa zat ini memberikan khasiat pohon ketapang yang paling besar dan apa itu zat tanin.


Tentang Zat Tanin

Zat tanin adalah salah satu zat yang banyak terkandung di tumbuhan. Memang juga terkandung di makhluk hidup lainnya namun paling sering ditemui di tumbuhan. Diketahui pohon ketapang memiliki banyak sekali kandungan zat tanin, maka dari itu terbukti jelas khasiat pohon ketapang karena zat ini. Zat tanin itu sendiri memberikan banyak manfaat, apabila pengolahannya tepat.

Zat tanin yang juga biasa disebut sebagai tanin nabati adalah anggota dari senyawa polifenol. Karakteristiknya bersifat kelat dan berasa pahit. Arti dari zat ini adalah menggumpal bersama protein serta senyawa-senyawa organik lain seperti alkaloid dan asam amino. Karena hal ini Wajar saja jika di bagian pohon ketapang yang lain kaya akan asam amino.

Baca Juga :

Zat ini tidak hanya berada di pohon ketapang saja adapun bahan alam atau bahan pangan lain yang mengandung zat ini antara lain adalah daun kaliandra, bir, anggur, kopi, bakau dan teh. Beberapa bahan alam yang telah disebutkan ini memiliki aroma khusus bukan?

Mengapa mereka bisa menghasilkan aroma khusus tak lain adalah karena zat tanin  itu sendiri. Sama halnya dengan yang ada di ketapang. Pada daun, buah, maupun biji ketapang tercium aroma khas yang mana disebabkan oleh zat tanin ini. 

Khasiat Pohon Ketapang Karena Adanya Zat Tanin

Di atas telah dijelaskan bahwa catatan Ini bisa memberikan manfaat untuk beberapa bidang ilmu sekaligus. Apa saja itu dan bagaimana spesifiknya akan disebutkan berikut ini.


1. Sebagai Zat Pewarna

Manfaat yang paling nyata terlihat adalah bisa dijadikan sebagai zat warna. Zat tanin dalam daun dan buah pohon ketapang cukup banyak sehingga cukup bisa diolah menjadi zat warna. Warna yang dihasilkan berbeda-beda tergantung tujuannya.
ciri ciri pohon ketapang
Sumber: i0.wp.com
Jika dijadikan tinta tulis maka zat tanin ini bisa diproses menjadi zat pewarna warna hitam. Namun jika zat tanin ini diproses supaya bisa dijadikan pewarna dalam penyamakan kulit warna yang dihasilkan antara lain coklat, kuning kecoklatan, dan warna zaitun.

Proses pengolahannya adalah dengan mengekstraksi bagian daun pohon ketapang. Kemudian dihasilkanlah zat tanin itu secara murni dan kemudian diolah lagi sampai menjadi zat pewarna yang sesungguhnya.


2. Perekat Kayu

Di bidang konstruksi atau bahan bangunan zat tanin bisa difungsikan sebagai perekat kayu. Namun bukan semua kayu bisa direkatkan dengan zat tanin ini. Adalah kayu lamina yang yang bisa direkatkan oleh zat tanin, yang mana dijadikan perekat autokondensat.

3. Pakan Ternak

Khasiat pohon ketapang selanjutnya adalah bisa digunakan sebagai pakan ternak. Bukannya daun secara keseluruhan yang bisa memberikan manfaat ini, namun zat tanin yang terkandung dalam daunnya. Zat aditif pada daun pohon ketapang bisa memberikan proteksi pada zat-zat tertentu dalam pakan ternak. Karenanya binatang ternak yang memiliki rumen akan aman mengkonsumsi pakan ternak.


4. Anti Bakteri

Dalam dunia medis zat tanin untuk khasiat pohon ketapang ini adalah sebagai antibakteri. Berbagai masalah kesehatan yang bisa disembuhkan karena zat antibakteri. Beberapa di antaranya adalah sariawan dan radang. Sariawan dan radang memang sangat mengganggu untuk aktivitas sehari-hari. Masalah kesehatan lain yang bisa tuntas karena zat tanin antara lain gangguan pencernaan mencret, diabetes, demam empedu, dan masih banyak lagi.

Cukup lengkap dan sangat bisa dimanfaatkan khasiat pohon ketapang karena zat tanin ini. Lebih lanjut Anda bisa membuktikan sendiri khasiatnya atau mencari penelitian lebih lanjut tentang khasiatnya ini.

Itulah beberapa informasi mengenai khasiat dan manfaat zat tanin yang terkandung dalan pohon ketapang. Semoga bermanfaat, ya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Mengandung Tanin, Khasiat Pohon Ketapang Ini Sangat Besar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel