Artikel Pilihan

Negara Apa Saja yang Membudidayakan Bibit Pohon Ketapang

Bibit pohon ketapang memang bisa memberikan manfaat yang besar untuk dibudidayakan. Karena hal ini sangat wajar bibit pohon ketapang termasuk bibit yang paling laku keras di pasar tumbuhan. Dan rupanya tidak hanya orang Indonesia saja yang senang membudidayakan pohon ketapang. Tumbuhan yang endemik dari Asia Tenggara ini telah dibudidayakan banyak orang di dunia. 

ciri ciri pohon ketapang

Meski begitu jangan langsung mengira semua orang di dunia ini membudidayakan ketapang. Sebab pohon ketapang sendiri adalah pohon tropis yang membutuhkan sinar matahari penuh sepanjang hari. Karenanya bisa disimpulkan pohon ketapang tidak bisa hidup di negara dengan iklim sedang atau dingin.

Juga jangan langsung mengira bibit pohon ketapang bisa hidup di setiap daerah di dalam Asia Tenggara. Karena rupanya dua daerah daerah yang tidak bisa ditanami pohon ketapang secara alami. 

Negara-Negara yang Membudidayakan Bibit Pohon Ketapang

Wawasan Anda jelas lebih lengkap jika Anda mengetahui negara mana saja yang sampai saat ini aktif membudidayakan bibit pohon ketapang. Malahan saat berlibur ke luar negeri nanti Anda tidak perlu terkejut karena menemukan pohon yang biasa ada di Indonesia ternyata ada di luar negeri. Berikut beberapa negara yang membudidayakan pohon ketapang.

1. Semua Negara di Asia Tenggara

Tentu saja Anda sudah mengerti bahwa pohon ketapang adalah pohon yang asli dari benua Asia Tenggara. Pastinya juga Anda sudah mengetahui Negara apa saja yang berada di dalam Asia Tenggara bukan? Benar sekali didalamnya ada negara Indonesia Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, Laos, Vietnam, Thailand, Filipina, Kamboja, dan Myanmar.
Sumber: dekoruma.com
Semua negara yang telah disebutkan ini ada warganya yang membudidayakan bibit pohon ketapang. Meski begitu ada dua daerah yang rupanya tidak bisa ditumbuhi pohon ketapang secara alami.

Baca Juga :

Daerah tersebut adalah pulau Kalimantan dan Sumatera. Di sana pohon ketapang tidak bisa hidup dengan sendirinya. Jikalau Anda menemukan pohon ketapang di dua pulau ini maka pastilah pohon tersebut telah dibudidayakan oleh seseorang.

2. India

Negara selanjutnya yang dikenal warganya membudidayakan bibit pohon ketapang adalah Negara India. Negara India memang cukup dekat dengan Asia Tenggara dan di sana sinar matahari juga terus bersinar sepanjang tahun.

Telah dinilai sinar matahari yang bersinar di sana lebih tinggi temperatur nya dibanding di negara kita. Karenanya wajar saja jika pohon ketapang yang ada di sana cepat tumbuh besar dan tinggi-tinggi.

3. Pakistan

Pakistan terletak tidak jauh dari India, sehingga cukup wajar jika warga nya juga membudidayakan bibit pohon ketapang. Ketapang di Pakistan hampir sama karakteristiknya dengan ketapang yang ada di Indonesia. Semua wilayah di sana bisa ditumbuhi ketapang secara alami alias tanpa bantuan manusia sekalipun.

4. Madagaskar

Negara selanjutnya adalah Madagaskar. Madagaskar sendiri Memang sebuah pulau yang sangat tropis dan eksotis. Karenanya didalam Madagaskar ditemukan banyak sekali tumbuhan dan binatang yang eksotis. Salah satunya adalah pohon ketapang, pohon ketapang di sana bisa tumbuh dengan baik.

5. Negara-Negara di Amerika Tengah dan Selatan

Amerika memiliki dua iklim sekaligus. Amerika bagian utara cenderung memiliki iklim dingin sedangkan bagian tengah dan selatan cenderung memiliki iklim yang panas. Malahan berbagai negara di Amerika Selatan banyak yang memiliki hutan hujan tropis. Berbagai pantai-pantai yang ada di Amerika Tengah dan selatan juga ditumbuhi pohon ketapang secara alami.

6. Negara-Negara di Afrika Barat dan Timur

Kalau wilayah ini sudah tidak perlu diragukan lagi, banyak yang membudidayakan bibit pohon ketapang di sana. Malahan diketahui buah dari pohon ketapang dijadikan makanan pokok. Tidak salah karena memang karakteristik dari Ketapang sendiri seperti almond.


7. Australia

Negara Australia cukup besar dan tidak semua daerah di negara ini bisa ditumbuhi bibit pohon ketapang. Adapun daerah yang bisa ditumbuhi pohon ini adalah Australia bagian utara. Cukup banyak pantai ditemui memiliki pohon ketapang.

Memang benar adanya di beberapa negara atau benua yang telah disebutkan di atas ditemukan pohon pohon ketapang. Baik itu karena memang dibudidayakan oleh seseorang maupun karena tumbuh dengan sendirinya.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Negara Apa Saja yang Membudidayakan Bibit Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel