Artikel Pilihan

Memahami Ukuran Tinggi Tanaman Bonsai

Ciri Ciri Tanaman Bonsai

Bonsai adalah tanaman hasil dari rekayasa untuk membuatnya berukuran kecil atau kerdil. Tanaman ini akan terlihat indah karena tumbuhannya terjangkau pada penglihatan mata. Pohon atau tanaman yang dijadikan Bonsai biasanya memiliki ukuran asli yang sangat besar dan tinggi.

Tanaman Bonsai Serut, Sakura, dan Cemara adalah contoh dari tanaman hias yang memiliki bentuk kerdil dan sangat cantik. Sebenarnya adakah ukuran khusus dan pembagian klasifikasi Bonsai jika dilihat dari tinggi tanaman tersebut? Simaklah penjelasan berikut untuk mendapatkan jawaban dari persoalan tersebut.

Cara Mengukur Tinggi Tanaman Bonsai

Ciri Ciri Tanaman Bonsai
Sumber: ilmutukangbangunan.com
Dalam menentukan klasifikasi tinggi pada Tanaman Bonsai Anda bisa mengukurnya menggunakan berbagai alat ukur. Jika Tanaman Bonsai tersebut memiliki tinggi kira-kira dibawah 30 cm maka Anda bisa menggunakan Penggaris untuk mengukurnya. Akan tetapi, ketika bonsai tersebut lumayan tinggi Anda bisa menggunakan meteran panjang. Lalu bagaimana cara mengukur Tanaman Bonsai?




Cara mengukur tanaman ini dimulai dari permukaan tanah hingga bagian ujung daun teratas Bonsai. Anda harus fokus dalam melakukan pengukuran untuk mendapatkan ukuran yang akurat. Dengan begitu, Anda bisa mengklasifikasikan Tanaman tersebut masuk ke dalam sebuah kategori Bonsai.

Baca juga : Kenapa Harga Bonsai Beringin Bisa Mencapai Miliaran Rupiah?

Ukuran Standart Tanaman Bonsai

Sebenarnya, tidak ada ukuran standart yang menjadi patokan untuk berkembangnya Tanaman Bonsai. Sebagai pembuat Bonsai, Anda wajib untuk memperkirakan semua hal yang ada dalam tanaman tersebut. Entah itu dari segi ukuran tinggi, ukuran lebar, perhitungan biaya, dan lain sebagainya.

Anda juga harus memahami jenis dari tanaman asli itu sendiri. Dengan pematangan persiapan tersebut Anda bisa mengira-ngira patokan standart dari Tanaman Bonsai Anda sendiri. Tidak ada batasan untuk ukuran tinggi dari Bonsai. Asalkan bentuk hasil akhir dari tanaman tersebut kerdil dan tidak sebesar pohon aslinya maka Tanaman tersebut layak untuk dikategorikan sebagai Bonsai.

Pembagian Ukuran Tinggi Tanaman Bonsai

Setelah mengetahui cara mengukur dan ukuran standart Tanaman Bonsai, kini saatnya Anda harus memahami pembagian klasifikasi ukuran tinggi Bonsai. Pengklasifikasian ini dibagi menjadi beberapa ukuran. Mulai dari ukuran yang sangat kecil hingga raksasa :

1. Tanaman Bonsai Mame

Ukuran dari Tanaman Bonsai Mame ini tergolong sangat kecil. Bagian ini ditujukan untuk Tanaman Bonsai yang memiliki ukuran dibawah 15 cm. Jenis dari klasifikasi ini biasanya adalah tanaman hias yang akan diletakkan di dalam ruangan atau indoor.

Teknik pembuatan Bonsai Mame ini sangat sulit jika dibandingkan dengan Bonsai yang lainnya. Dalam pembuatannya harus membutuhkan perhatian dan perawatan yang sangat ekstra. Tidak heran jika Bonsai ukuran Mame pasti dijual dengan harga yang sangat mahal.

2. Tanaman Bonsai Kecil

Banyak orang yang tidak bisa membedakan antara Bonsai Mame dan Bonsai Kecil. Tanaman ini biasanya disebut dengan Bonsai Small yang diambil dari kata berbahasa Inggris. Ukuran dari Bonsai ini yaitu sekitar 16-30 cm.

Baca juga : Cara Membuat Bonsai Pohon Pinus dengan Mudah

3. Tanaman Bonsai Sedang

Urutan yang ketiga adalah Tanaman Bonsai Sedang atau Medium. Inilah jenis ukuran Bonsai yang sering dibuat oleh banyak orang. Ukuran ini dipilih karena pembuatannya tidak terlalu sulit seperti Small dan Mame. Selain itu, Tanaman Bonsai berukuran sedang juga enak dipandang oleh banyak orang. Tanaman Bonsai Serut adalah contoh dari Bonsai yang sering dibuat dengan ukuran sedang. Ukuran dari Bonsai ini sekitar 31-45 cm.

4. Tanaman Bonsai Besar

Ukuran untuk Bonsai ini adalah 46 hingga 75 cm. Dapat dikatakan juga bahwa Bonsai ini memiliki ukuran satu meter-an. Bonsai ini biasanya ditempatkan di pot sebagai hiasan teras rumah atau yang lainnya. Untuk mendapatkan hasil ukuran ini, Anda harus menyisakan waktu yang cukup panjang.

5. Tanaman Bonsai Sangat Besar





Selanjutnya adalah Tanaman Bonsai ukuran Ekstra (Sangat Besar). Bonsai ini biasanya memiliki kesan dan penampilan sangar karena usianya juga cukup tua. Ukuran dari Bonsai ini sekitar 76 hingga 1 meter. Dalam penanaman Anda harus fokus dan tetap memperhatikan perawatan dan pengobatannya.

Demikianlah penjelasan mengenai klasifikasi Bonsai jika dilihat dari ukuran tingginya. Sebenarnya, ukuran Bonsai paling maksimal adalah 1 meter. Mengapa demikian? Karena jika terlalu besar tanaman itu tidak bisa dikatakan kerdil lagi sehingga menghilangkan kesan teknik Bonsai didalamnya. Untuk itu, perhatikan tujuan Anda baik-baik dalam menanam Bonsai entah itu mengenai tinggi bahkan kegunaan Tanaman Bonsai.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Memahami Ukuran Tinggi Tanaman Bonsai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel