Artikel Pilihan

Membuat Pohon Zaitun Bonsai Dengan Harga Jual Tinggi

ciri ciri pohon zaitun

Tanaman zaitun atau Olea Europaea merupakan tanaman yang berasal dari daerah mediterania. Tanaman ini telah terkenal dengan khasiatnya sejak 400 tahun sebelum masehi. Juga dikenal sebagai simbol kesucian dan perdamaian.

Pohon zaitun terkenal sebagai penghasil minyak zaitun yang sehat dan berkhasiat bagi tubuh sebagai sumber makanan maupun produk kecantikan. Ternyata pohon zaitun juga dapat digunakan sebagai tanaman hias dengan bonsai.

Pohon zaitun bisa tumbuh mencapai 10 atau 20 meter, dipengaruhi oleh jenisnya. Pohon zaitun liar yang juga disebut dengan oleaster biasanya tumbuh lebih pendek dibanding jenis yang lain. Bila anda berminat untuk membuat bonsai, bisa dengan oleaster ini atau juga pohon zaitun pada umumnya.

Pohon zaitun liar (Olea europaea sylvestris) cenderung memiliki kelebihan pada daunnya yang kecil serta ruasnya yang pendek. Salah satunya seperti yamadori oleaster. Dengan bentuk batang yang indah, kuat dan warna alami. Jenis ini juga lebih mudah untuk dirawat. Yang terpenting dijauhkan dari dinginnya es musim dingin.

Ada lebih dari 200 spesies pohon zaitun di seluruh dunia. Apa bila anda ingin membuat pohon zaitun bonsai, anda bisa memilih antara spesies Olea sylvestris, Olea oleaster dan Olea Europeae. Spesies Olea europeae menjadi salah satu spesies yang dijadikan bonsai terbanyak di Inggris. Kelebihan

Pohon Zaitun Bonsai

ciri ciri pohon zaitun bonsai
Sumber: andbonsai.com
Pohon zaitun merupakan salah satu tanaman yang memiliki usia hidup cukup panjang. Tanaman ini bisa tahan terhadap serangan penyakit. Walau akhir-akhir ini mulai muncul bakteri yang mematikan pada zaitun, hal itu masih bisa ditepis dengan beberapa penanggulangan dan berbagai tindakan pencegahan. Di sisi lain, pohon zaitun yang mampu hidup ribuan tahun ini juga masih tetap aktif memproduksi buah walau usianya sudah banyak. Hal ini tentu sangat menguntungkan jika buah yang didapat tadi diolah maupun dijual.

Pohon zaitun sendiri pada dasarnya telah memiliki harga jual yang cukup tinggi. Apalagi ditambah dengan keindahan seni bonsai. Pohon zaitun memiliki keunikan pada bagian batangnya yang berkeriput dan seakan melilit. Pohon zaitun bonsai bisa memiliki harga jual yang lebib tinggi dibanding pohon zaitun pada umumnya dan bisa dijadikan hiasan di bagian sudut rumah. Walau telah menjadi tanaman bonsai, pohon zaitun juga masih tegap produktif menghasilkan buah.

Perawatan Pohon Zaitun untuk Bonsai

ciri ciri pohon zaitun bonsai
Sumber: kaizenbonsai.com
Pohon zaitun perlu diletakkan di tempat yang mendapat sinar matahari yang sangat cukup. Sebenarnya pohon zaitun bisa bertahan pada suhu di bawah 0 derajat celcius, namun akan lebih baik apabila pohon zaitun ditempatkan di greenhouse atau di dalam rumah saat musim dingin.

Di daerah tropis sendiri, dataran rendah lebih cocok untuk pertumbuhan tanaman zaitun. Memastikan pohon zaitun terkena sinar matahari secara stabil juga dapat mengurangi potensi terserang penyakit dan hama.

Baca Juga :

Penyiraman pohon zaitun tidak perlu dilakukan dalam jumlah yang banyak. Pohon zaitun membutuhkan air ketika tanahnya sudah kering. Namun, bukan berarti tanah yang ditempati harus selalu basah. Hal ini tidak baik untuk pohon zaitun yang memang biasa hidup di habitat panas. Cukup beri air sekali sehari jika cuacanya panas.

Pemberian pupuk pada pohon zaitun bisa dilakukan 4 minggu sekali. Cairan pupuk baru dilakukan seminggu sekali saat masa pertumbuhan.


Teknik Bonsai

Pemotongan lebih baik dilakukan di akhir musim dingin. Zaitun akan merespons dengan pertumbuhan yang kuat di musim semi berikutnya. Pemotongan juga bisa dilakukan pada tunas dari kayu tua. Jika anda merasa tunas baru tumbuh terlalu lama, anda bisa memotong satu atau dua pasang daun lagi.

Apabila anda ingin menghasilkan percabangan yang baik, anda bisa menghilangkan beberapa bagian. Cabang yang lebih muda dan tunas baru dapat dipasang kawat kapan saja. Cabang-cabang tua kaku dan rapuh dan sulit ditekuk. Penggunaan kawat bisa membantu proses pembentukan seperti yang anda inginkan.

Demikian tadi pembahasan tentang pohon zaitun bonsai yang bisa dijual dengan harga fantadtis mencapai miliaran rupiah. Tak hanya buahnya, pohonnya pun bisa dijadikan sumber finansial jangka panjang. Tertarik memiliki salah satu pohon zaitun bonsai di rumah anda?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Membuat Pohon Zaitun Bonsai Dengan Harga Jual Tinggi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel