Artikel Pilihan

Mau Menanam Pohon? Ketahui 7 Keunggulan Pohon Ketapang Ini

Ada beberapa keunggulan pohon ketapang yang memang harus Anda ketahui. Siapa saja yang telah menanam pohon ketapang mungkin memang sudah mengetahuinya, namun tetap ada kemungkinan sudah menanam pohon ketapang namun belum memiliki apa keunggulannya.

Berlaku juga untuk mereka yang ingin menanam pohon namun masih bingung menanam pohon apa. Mengerti apa saja keunggulan pohon ketapang mungkin bisa memudahkan dalam memantapkan apakah menanam ketapang atau tidak.

ciri ciri pohon ketapang

Untuk Anda yang belum mengetahui apa keunggulan pohon ketapang, masih bingung ingin menanam pohon apa, atau sekedar penasaran apa saja keunggulan pohon ketapang, akan terjawab semua pada artikel ini. 

Keunggulan Pohon Ketapang

Langsung saja, berikut akan dibahas beberapa keunggulan pohon ketapang.

1. Perawatan Mudah

Keunggulan pertama adalah pada perawatan pohon itu sendiri. Perawatan dari pohon ketapang bisa dikatakan sangat mudah, meskipun ada yang mengatakan cukup menjengkelkan. Mudahnya merawat pohon ketapang adalah pohon ini tidak membutuhkan perawatan yang aneh-aneh. Anda yang merawat pohon ini hanya perlu aktif menyiramnya dan memberi pupuk.

Baca Juga :

Penyiraman hanya dibutuhkan satu kali dalam satu hari atau dua kali dalam satu hari saja. Sama halnya dengan pemberian pupuk, pupuk hanya perlu diberi ulang dalam 3 bulan saja.

2. Perawatan Murah

Keunggulan ini sebenarnya masih berhubungan dengan keunggulan pertama. Anda tidak akan membutuhkan biaya yang besar hanya untuk merawat pohon ketapang. Keunggulan pohon ketapang kali ini adalah bisa dirawat dengan biaya yang kecil alias murah. 

Bagaimana tidak, setiap harinya Anda hanya perlu air dan membeli pupuk yang sederhana saja. Tidak diperlukan pupuk yang mahal-mahal untuk bisa membuat pohon ketapang tumbuh dengan baik. Pupuk yang biasa saja dan dijual dengan harga yang murah, tetap bisa mendukung pertumbuhan dari pohon ini.

3. Bisa Dijadikan Tanaman Hias

Keunggulan selanjutnya adalah pohon ini bisa dijadikan tanaman hias. Tanaman hias yang bisa dibuat juga beragam. Anda bisa membuat tanaman hias pada umumnya menggunakan ketapang, namun juga bisa membuat bonsai dengan pohon ini. Caranya pun tidak rumit, bahkan alat dan bahan yang dibutuhkan juga mudah didapatkan.

4. Bisa Memberikan Fungsi Ganda

Sejauh ini banyak orang yang hanya mengetahui fungsi pohon ketapang adalah untuk meneduhkan saja. Padahal Ketapang tidak hanya memberikan fungsi sebagai penentu saja, melainkan juga sebagai penyejuk dan perindang. Apalagi jika pohon ini ditanam di sekitar jalan raya. Pohon Ini bisa memberikan fungsi sebagai peminimalisir polusi udara.


5. Menghasilkan Buah yang Bermanfaat

Jika membahas semua manfaat yang bisa diberikan oleh buah ketapang, rasanya akan lama habisnya. Hal yang pasti adalah buah dari Ketapang bisa memberikan banyak sekali manfaat. Baik itu manfaat untuk kesehatan, lingkungan, dan lainnya.

6. Menghasilkan Biji yang Fungsional

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: fastly.net
Selain buahnya, biji yang ada di dalam buah juga memberikan manfaat yang besar. Bijinya bisa diolah dan dijadikan bioenergi. Kamu juga bisa diproses untuk bahan pangan. Malahan biji ketapang ini sifatnya seperti almond. Bisa didapatkan berbagai fungsi sebagaimana fungsi yang diberikan dari almond pada umumnya.

7. Bisa Ditanam Dengan Mudah

Selanjutnya ada keunggulan pohon ketapang berupa penanaman yang mudah. Penanaman dari pohon ketapang cukup mudah karena anda hanya perlu memindahkan Bibit ke pot atau tanah langsung, menyiramnya, dan merawatnya sampai Anda bisa mendapatkan manfaat yang Anda cari.

Berlaku juga untuk penanaman dengan semai biji. Anda hanya perlu menyemaikan biji seperti saat menanam kacang hijau menjadi kecambah. Setelah muncul kecambah di bijinya, Anda bisa langsung memindahkannya ke pot. Jarang ditemui ketapang tidak bisa hidup Karena penanaman yang salah. Sebab walaupun penanamannya sedikit lebih rumit dibanding tanaman lainnya, ketapang lebih mudah untuk hidup.

Anda telah mengetahui berbagai keunggulan pohon ketapang, selanjutnya Anda bisa memantapkan diri apakah menanam pohon ini atau tidak. Selamat mencoba!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Mau Menanam Pohon? Ketahui 7 Keunggulan Pohon Ketapang Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel