Artikel Pilihan

Persiapkan Alat dan Bahan Ini Saat Menanam Pohon Ketapang

Untuk menanam pohon ketapang akan dibutuhkan alat dan bahan yang tidak sulit untuk dicari. Menanam pohon ketapang sama halnya dengan menanam pohon lain pada umumnya. Hanya dibutuhkan segelintir alat dan bahan.

Ciri Ciri Pohon Ketapang

Meskipun tidak dibutuhkan alat dan bahan yang sulit dicari, tetap saja jangan sembarangan dalam menanamnya. Sebab, jika sembarangan bisa saja ketapang yang Anda tanam tidak bisa bertahan lama atau mati di keesokan harinya.

Alat Untuk Menanam Pohon Ketapang

Bagaimana cara menanam ketapang akan dibahas kemudian. Fokus utama bahasan kali ini adalah untuk membahas apa saja alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam pohon ketapang. Berikut ini terlebih dahulu akan dibahas alat apa saja yang dibutuhkan.

1. Sekop Kecil

Sekop kecil pasti dibutuhkan untuk menanam ketapang. Apalagi jika ketapang yang akan Anda tanam ini adalah ketapang untuk tanaman hias, pastilah dibutuhkan sekop untuk memindahkan bibit ke pot baru. Sekop juga berfungsi untuk meratakan tanah yang ada di dalam pot.

Baca Juga :

Anda juga bisa membersihkan sisa tanah yang terbuang-buang dengan sekop kecil. Karenanya, Anda tidak akan menanam pohon dengan keadaan kotor lagi.

2. Sekop Besar

Sekop besar dibutuhkan untuk menanam pohon ketapang langsung ke tanah dan berencana dijadikan pohon besar. Anda harus menggali tanah supaya muat dimasukkan bibit yang telah Anda beli sebelumnya. Kalaupun Anda tidak membeli bibit, tentunya sekop besar tetap dibutuhkan untuk menggali tanah yang ada.
ciri ciri pohon bibit ketapang
Sumber: bibitbunga.com
Sekop besar yang Anda pilih bisa disesuaikan dengan keadaan tanah. Jika tanah memiliki tekstur keras dan sulit untuk digali, maka pilih sekop yang benar-benar besar efisiensinya. Biasanya berupa sekop setinggi kaki manusia dan terbuat dari logam.

Sedangkan jika tanah yang akan ditanami ketapang rupanya memiliki tekstur yang mudah digali atau lunak, maka sekop random yang bisa memberikan fungsi menggali tanah bisa diandalkan.

3. Gunting

Gunting taman akan sangat berguna jika Anda menjadikan ketapang sebagai tanaman hias umum atau bonsai. Nantinya Anda akan melakukan modifikasi pada ketapang tersebut. Maka dari itu, pastilah Anda akan menggunting beberapa bagian dahan, ranting, atau daunnya.

4. Semprotan Air

Untuk kebutuhan menanam pohon ketapang untuk tanaman hias juga akan dibutuhkan semprotan air. Kemungkinan besar bibit ketapang yang telah Anda beli dalam keadaan kotor, entah itu daunnya atau batangnya. Jangan sampai tanaman yang akan Anda masukkan dalam rumah memiliki keadaan kotor.

Karenanya, semprotan air yang biasa digunakan untuk menyemprotkan disinfektan akan membantu Anda. Sebelum masuk ke dalam ruangan, semproti dulu bagian-bagian pohonnya sampai kotorannya jatuh ke tanah. Semprotan juga akan berguna ketika Anda merawat ketapang nanti. Dibanding harus mengeluarkannya untuk bisa disiram air, Anda bisa menyiraminya dari dalam rumah saja dengan cara menyemprotinya.

5. Selang

Alat ini berguna untuk Anda yang menanam pohon ketapang langsung ke tanah dan jauh dari air. Sesaat setelah memindahkan bibit ke tanah, Anda harus menyiraminya. Bukan hanya saat itu saja, hingga beberapa minggu ke depan ketapang akan membutuhkan lebih banyak air. Maka dari itu, selang juga dibutuhkan untuk menanam pohon ketapang.

Bahan Untuk Menanam Pohon Ketapang

Untuk bahan yang dibutuhkan adalah sebagai berikut.

Air

Tanpa ditanya apa alasannya, air pasti dibutuhkan untuk menanam pohon, pohon apapun itu. Untuk menanam ketapang, air yang akan dibutuhkan lebih banyak. Apalagi jika Anda menanamya langsung ke tanah, akan ada banyak air yang dibutuhkan supaya tanaman bisa benar-benar hidup.

Tanah Gambut

Setelah air, Anda akan membutuhkan tanah gambut. Tanah gambut ini bisa didapatkan alami dari halaman rumah Anda. Namun jika tidak, maka Anda bisa membelinya saat membeli bibit ketapang.

Pupuk

Selanjutnya ada pupuk, wajib hukumnya memiliki pupuk untuk menanam suatu pohon. Pupuk, tanah gambut, dengan tanah asli yang sudah ada disitu akan dicampur dengan perbandingan yang tidak sembarangan. Cara mendapatkannya tentu saja dengan membelinya. Sebab, tidak ada pupuk yang bisa didapat secara cuma-cuma.

Itulah beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menanam ketapang, semuanya mudah didapatkan dan digunakan. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Persiapkan Alat dan Bahan Ini Saat Menanam Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel