Artikel Pilihan

Kulit Pohon Gaharu Dengan Aneka Informasinya

Kulit pohon gaharu menjadi salah satu bagian dari tanaman gaharu yang seringkali dicari dan diburu oleh masyarakat. Bagian kulit dari tanaman gaharu ini memang memiliki sejumlah manfaat bagi kehidupan manusia. Kulit dari gaharu ini bisa membantu manusia dalam memenuhi segala kebutuhan baik dalam hal kesehatan dan hal yang lainnya.

Hal ini tampaknya membuat permintaan akan kulit gaharu menjadi semakin tinggi. Bahkan permintaan terhadap kulit dari tanaman gaharu tidak hanya datang dari masyarakat dalam negeri saja tetapi juga dari masyarakat luar negeri. Lebih lanjut simak berikut ini beberapa informasi menarik berkaitan dengan kulit pohon gaharu.

ciri ciri pohon gaharu

Ciri Khas

Kulit pohon gaharu sebenarnya memiliki ciri khas tersendiri. Kekhasan yang dimiliki oleh tanaman gaharu ini belum tentu dimiliki oleh tanaman lainnya. Itu sebabnya tanaman gaharu ini sebenarnya bisa dikenali dengan mudah hanya dengan mengetahui berbagai macam hal yang menjadi ciri dari pohon tersebut.

Tanaman gaharu yang merupakan spesies pohon dari marga Aquilaria ini umumnya memiliki bau harum. Demikian pula dengan kulit dari pohon ini yang akan menimbulkan aroma harum dan bisa tercium oleh Anda yang berada di dekatnya. Pohon gaharu memang mengandung resin khas yang beraroma harum sehingga bisa digunakan sebagai bahan dasar atau bahan pendukung untuk membuat wangi-wangian.


Struktur Kulit Pohon Gaharu

Tanaman gaharu diketahui memiliki beberapa ciri khas sehingga tanaman ini bisa dibedakan dengan tanaman lainnya. Umumnya kulit pohon gaharu selain mengandung resin juga cenderung berwarna kehitaman. Namun tekstur kulit dari tanaman gaharu ini bisa dibilang sangat kuat. Kualitas pohon gaharu pada dasarnya memang tergolong cukup tinggi. Terlebih lagi untuk pohon gaharu dengan kualitas super yang tentunya memiliki kualitas lebih baik lagi daripada gaharu jenis lainnya.

Kulitnya bisa dimanfaatkan dengan cara diolah hingga menjadi apa saja yang dibutuhkan oleh masyarakat. Hingga kini kulit dari pohon gaharu yang tumbuh dengan baik di Indonesia telah menjadi komoditi perdagangan dari tanah air. Tidak tanggung-tanggung perdagangan kulit gaharu bisa menembus hingga ke pasar dunia.
ciri ciri pohon kulit gaharu
Sumber: elnuha.net
Ada berbagai macam manfaat dan kegunaan dari kulit pohon gaharu bagi manusia. Salah satu manfaat tersebut adalah aroma khasnya yang membuatnya dijadikan sebagai bahan untuk membuat produk wangi-wangian. Tentu saja tanaman ini sangat bermanfaat bagi industri wangi-wangian seperti industri parfum yang tentunya dibutuhkan oleh masyarakat awam.

Kulit dari batang pohon gaharu juga bisa dimanfaatkan untuk hal lainnya. Misalnya untuk dijadikan sebagai bahan pembuat minyak. Biasanya proses pembuatan minyak ini dilakukan dengan menggunakan teknik distilasi uap. Tentunya ada banyak langkah atau tahap yang harus dilewati dalam proses penyulingan minyak gaharu. Sedangkan serbuk kulit kayu dari tanaman gaharu juga bisa difungsikan sebagai bahan pembuat hio atau dupa. Masih ada pula manfaat lainnya dari kulit gaharu yang mungkin saat ini masih belum ditemukan.

Baca Juga :

Harga Mahal

Adanya berbagai manfaat yang bisa diberikan oleh kulit pohon gaharu rupanya membuat hasil dari tanaman gaharu semankin dihargai mahal. Kulit kayu yang merupakan hasil dari batang pohon gaharu memang bisa dijadikan sebagai bahan dasar pembuat parfum dan minyak serta dupa atau hio. Akibatnya harga kulit kayu ini menjadi lebih mahal karena permintaan pasar terhadap kulit kayu gaharu semakin meningkat. Bahkan kulit dari tanaman gaharu yang berkualitas super bisa dibanderol dengan harga yang sangat tinggi.


Tanaman Mulai Punah

Mungkin banyak orang tahu bahwa tanaman gaharu sendiri mulai punah karena sering diburu oleh banyak orang. Apalagi karena kaya akan manfaat pada kulitnya tersebut. Pada dasarnya tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah beriklim tropis seperti di tanah air. Oleh karena itu budidaya tanaman gaharu bisa dilakukan dnegan sangat baik di wilayah sejenia. Sehingga budidaya pohon gaharu dapat terus berjalan dan kulitnya dapat terus dimanfaatkan. Terutama bila kulit berasal dari pohon gaharu dengan kualitas super.

Keunggulan aneka macam kulit pohon gaharu memang menarik minat banyak petani untuk mencobanya. Dengan aneka macam pengolahan yang mendatangkan keuntungan, tentu saja bisnis bertani pohon gaharu bisa menjadi pilihan yang menarik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Kulit Pohon Gaharu Dengan Aneka Informasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel