Artikel Pilihan

Keuntungan Penggunaan Kayu dari Pohon Angsana Untuk Industri Furniture

Pterocarpus indicus merupakan nama asli dari Pohon Angsana atau yang dikenal juga sebagai Sonokembang di Indonesia. Pohon yang satu ini mudah ditemukan di berbagai tempat, salah satunya mungkin adalah pinggir jalan.

Pohon ini sering dijumpai di pinggir jalan karena merupakan salah satu jenis pohon yang bisa menjadi peneduh yang baik dan juga bisa menjadi penyerap polutan yang baik. Namun selain bermanfaat bagi lingkungan, ternyata pohon Angsana juga memiliki keunggulan dari segi kekuatan dan kualitas kayunya sehingga dapat dimanfaatkan untuk industri furniture.

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai keuntungan penggunaan kayu dari pohon Angsana untuk industri furniture. Apa saja keuntungannya?  Ini dia pembahasan selengkapnya :




Keuntungan Penggunaan Kayu Angsana

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapat saat menggunakan kayu angsana untuk kebutuhan furniture. Keuntungan keuntungan tersebut antara lain :

Baca juga : Manfaat Menanam Pohon Angsana di Perkotaan

1. Kayu yang bermotif alami

Ciri Ciri Pohon Angsana

Banyak sekali keuntungan dari Kayu Narra atau Kayu Angsana, karena inilah maka Kayu Angsana banyak digunakan untuk mebel atau industri furniture. Selain punya seribu manfaat untuk lingkungan dan juga untuk kesehatan manusia, ternyata kayu dari Angsana ini memiliki kualitas yang sangat bagus sehingga banyak dipilih untuk bahan mebel.

Salah satu keuntungan dari penggunaan kayu ini adalah kayu ini berbeda dengan jenis kayu lainnya. Jika mungkin kayu jenis lainnya ini tidak memiliki motif atau polosan, maka kayu dari Pohon Angsana ini sudah memiliki motif alami yang indah.

Karena memiliki motif inilah maka biasanya kayu Angsana sering digunakan sebagai bahan sarung keris atau yang dikenal sebagai warangka. Kayu Narra ini digunakan sebagai warangka karena memiliki motif atau pola yaitu totol-totol atau garis dan urat-urat kayunya yang sangat dekoratif.

Alasan lainnya yang membuat kayu dari Pohon Angsana ini banyak digunakan untuk industri furniture adalah kayu Narra ini juga berbau harum secara alami sehingga bisa menjadi keuntungan bagi industri furniture. Kayu ini juga mengandung kristalin merah yang menyusun bahan utama warna dari kayu yaitu yang berwarna kuning-coklat muda.

2. Kayu yang tahan lama

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: greeners.co
Keuntungan penggunaan kayu dari pohon Angsana untuk industri furniture yang kedua adalah kayunya tahan lama. Angsana atau yang kerap kali disebut Sonokembang ini memiliki kayu yang berkualitas tinggi karena ia tahan lama, bahkan untuk penggunaan yang berhubungan dengan tanah kayu ini juga tahan lama.

Baca juga : Mengenal Pohon Angsana, Si Penyerap Polutan Udara

Selain itu kayu ini, juga sangat awet terhadap segala jenis cuaca. Karena sifatnya yang kuat dan tahan lama, maka banyak orang yang ada di industri furniture yang memilih kayu jenis ini. Selain kayunya yang punya sifat tahan lama, kayu dari Angsana ini juga tahan terhadap gigitan rayap namun salah satu kekurangannya ia sukar untuk dimasuki pengawet.

3. Kayu yang mudah diaplikasikan

Sejak jaman dahulu banyak sekali orang yang sudah menggunakan kayu Narra atau Sonokembang ini sebagai bahan untuk mebel bahkan untuk konstruksi ringan hingga konstruksi berat.

Keuntungan lain dari kayu Angsana jika dibandingkan dengan kayu yang lainnya adalah kayu ini sangat mudah untuk diaplikasikan. Kayu ini tidak seperti kayu berat lainnya, karena ia sangat mudah dikerjakan dan tidak merusak gigi dari gergaji yang digunakan.

Selain itu kayu ini juga memiliki ketahanan yang cukup baik untuk dipahat maupun dibubuk, selain itu mudah untuk diampelas, direkatkan, dan juga dipelitur. Selain itu, kayu Angsana ini juga sangat mudah untuk dipaku dan disekrup. Namun jika ia sudah berbentuk papan maka kayu ini tergolong agak tipis sehingga mudah pecah.

Pemanfaatan Kayu Angsana





Karena banyak sekali manfaat dari Kayu Angsana maka banyak sekali orang yang menggunakan Kayu Angsana ini di dunia mebel atau industri. Untuk di dunia furniture sendiri, biasanya kayu Angsana ini digunakan sebagai bahan untuk membuat meja, kursi, almari, dan mebel atau furniture lainnya yang terbuat dari bahan kayu.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai keuntungan penggunaan kayu dari pohon Angsana untuk industri furnitur. Semoga artikel yang kami berikan kali ini bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semua.

Baca Juga :







Belum ada Komentar untuk "Keuntungan Penggunaan Kayu dari Pohon Angsana Untuk Industri Furniture "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel