Artikel Pilihan

Beberapa Fakta Menarik Mengenai Pohon Angsana

Anda pasti sudah familiar dengan pohon Sonokembang? Namun apakah Anda mengenal pohon Angsana. Tahukah Anda bahwa sebenarnya Pohon Angsana itu adalah nama lain dari Pohon Sonokembang. Pada kesempatan kali ini kami akan menyajikan informasi menarik bagi Anda mengenai pohon yang mudah ditemukan di Indonesia, terutama di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Kalimantan ini.

Kali ini kami akan membawakan informasi mengenai beberapa fakta menarik mengenai Pohon Angsana. Apa saja sih fakta menarik dari Pohon Angsana yang jarang diketahui oleh masyarakat? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Bermanfaat Bagi Kesehatan

Ciri Ciri Pohon Angsana

Fakta unik pertama yang mungkin banyak orang tidak ketahui mengenai Pohon Angsana atau Sonokembang ini adalah pohon yang satu ini ternyata memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Masyarakat jaman dahulu sering memanfaatkan pohon Angsana, mulai dari daunnya, kulit kayu, hingga getahnya sebagai pengobatan.




Banyak sekali manfaat dari Angsana yaitu mulai dari untuk mengatasi sariawan, kemudian mengobati diabetes melitus, membantu mengurangi kolesterol dalam tubuh, hingga membantu untuk mengatasi peradangan dan demam. Jadi jika di dekat lingkungan Anda ada pohon Angsana maka Anda bisa memanfaatkannya untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan yang Anda alami.

Baca juga : Berapa Harga Bibit Pohon Angsana Berkualitas?

Memiliki Beberapa Kerabat

Pohon Angsana ini memiliki nama latin Pterocarpus indicus, yang ternyata marga dari Angsana yaitu Pterocarpus sendiri memiliki banyak jenis. Sehingga Pterocarpus indicus ini memiliki beberapa kerabat dekat yang memiliki ciri yang hampir sama.

Beberapa kerabat dekat dari Pohon Angsana ada 4 jenis yaitu Pterocarpus dalbergioides yang bisa ditemukan di Kepulauan Andaman, kemudian Pterocarpus macrocarpus yang bisa ditemukan di Burma, Indocina, dan Thailand. Lalu Pterocarpus marsupium dan Pterocarpus santalinus yang ditemukan di India.

Memiliki Kualitas Kayu yang Sangat Bagus

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: bibitbunga.com
Beberapa fakta menarik mengenai Pohon Angsana yang selanjutnya adalah pohon ini memiliki kualitas kayu yang sangat bagus. Yaitu kayu dari Pohon Sonokembang atau Angsana ini sendiri tahan terhadap gigitan rayap, tahan terhadap berbagai jenis cuaca, dan tahan lama atau awet. Karena kualitas dari kayunya yang sangat berkualitas tinggi maka tidak heran apabila Pohon Angsana ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Sudah Mulai Punah di Alam

Karena eksploitasi yang berlebihan di beberapa negara, dikabarkan bahwa Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang yang berada di alam ini sudah mulai punah. Misalnya saja di Thailand yang sudah mulai susah ditemukan di hutan alaminya. Bahkan untuk di kawasan Semenanjung Malaya pun dikabarkan pohon Angsana ini telah habis di habitat alaminya.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Angsana (Pterocarpus indicus) Di Alam Liar

Karena tekanan yang tinggi atas populasinya di alam liar, maka mulai tahun 1998 lalu Badan konservasi dunia IUCN telah menambahkan Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini ke dalam kategori Rentan. Karena stok Angsana di alam semakin rentan maka banyak orang yang membudidayakan Angsana.

Menjadi Simbol di Beberapa Negara

Selain menjadi salah satu pohon yang punya banyak sekali manfaat dan kegunaan untuk lingkungan maupun untuk masyarakat. Ternyata pohon Angsana atau Sonokembang ini juga dijadikan sebagai salah satu simbol di beberapa negara.

Mungkin banyak yang belum mengetahuinya, namun Pohon Angsana ini menjadi pohon identitas di nasional di Negara Filipina. Selain itu Pohon Angsana juga menjadi pohon identitas di Negara Thailand yaitu tepatnya di Provinsi Chonburi dan Phuket. Keren bukan? Ternyata selain punya sejuta manfaat, pohon ini juga dianggap sebagai pohon yang penting karena dijadikan sebagai simbol di beberapa negara.

Digunakan untuk Mebel

Seperti yang sudah kami singgung di atas tadi bahwa kayu dari Pohon Angsana ini memiliki kualitas juara yang sangat tinggi. Karena kelebihan yang diberikan Angsana itulah yang menjadikan banyak industri mebel menggunakan bahan Angsana ini sebagai bahan untuk mebel mereka.




Biasanya kayu Angsana ini digunakan untuk pembuatan meja, kursi, hingga lemari. Selain itu kayu dari Angsana juga digunakan untuk membuat sarung kayu keris atau yang sering disebut sebagai warangka.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda semua mengenai beberapa fakta menarik mengenai Pohon Angsana. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat bagi Anda semua.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Beberapa Fakta Menarik Mengenai Pohon Angsana "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel