Artikel Pilihan

Kegunaan Kayu Pohon Angsana Untuk Industri Mebel

Ciri Ciri Pohon Angsana

Pohon yang memiliki nama latin Pterocarpus indicus ini merupakan salah satu jenis pohon yang sejak jaman dulu digunakan untuk berbagai macam kebutuhan manusia. Sejak jaman dulu, orang-orang banyak menggunakan kayu pohon Angsana atau Sonokembang ini mulai dari untuk membangun konstruksi yang ringan hingga konstruksi yang berat.

Pohon Angsana dipilih karena juga memiliki kualitas yang sangat bagus, selain itu jaman dahulu sangat mudah ditemukan di alam hutan terutama di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Sampai saat ini pun, Angsana walau mungkin sudah agak susah ditemukan di hutan. Namun sudah banyak sekali orang yang membudidayakan Angsana. Oleh karena itulah, banyak juga yang memanfaatkan Angsana sebagai bahan industri mebel.

Baca juga : Jarang Diketahui, Ternyata Ini Manfaat Pohon Angsana Bagi Kesehatan

Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan informasi penting kepada Anda mengenai kegunaan kayu pohon Angsana untuk industri mebel. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini ya!




Kelebihan Kayu Pohon Angsana yang Jarang Diketahui

Mungkin banyak dari Anda yang bertanya-tanya, kenapa Pohon Angsana ini banyak digunakan untuk industri mebel? Jika ia banyak dimanfaatkan maka tentu saja itu artinya pohon Angsana ini memiliki banyak kelebihan dan keunggulan jika dibandingkan dengan jenis kayu yang lainnya.

Kayu dari Pohon Angsana atau Pohon Sonokembang ini banyak sekali digunakan karena memang punya kelebihan yaitu yang pertama, kayu ini sangat awet dan tahan lama. Bahkan untuk penggunaan indoor ataupun outdoor, terkena berbagai macam cuaca dan bahkan untuk penggunaan yang berhubungan dengan tanah kayu ini sangatlah awet.

Selain itu keunggulan kedua dari kayu ini adalah kayu ini sangat mudah untuk diberi perlakuan seperti misalnya dipaku, diplitur, dan digergaji. Bahkan ketika digergaji ia tidak akan merusak gigi gergaji.

Baca juga : Mengenal Pohon Angsana, Si Penyerap Polutan Udara

Selain itu kayu Angsana yang memiliki warna kuning kecoklatan ini juga memiliki motif yang indah dan kayunya juga memiliki bau yang harum secara alami sehingga sangat cocok digunakan untuk industri mebel. Karena itulah banyak orang yang memanfaatkan Angsana sebagai bahan baku mebel hingga sebagai bahan konstruksi ringan hingga konstruksi berat.

1. Digunakan sebagai bahan perabotan rumah tangga

Ciri Ciri Pohon Angsana
Sumber: i.ytimg.com
Sudah bukan rahasia lagi bahwa kayu Angsana ini dijadikan sebagai bahan perabotan rumah tangga seperti misalnya digunakan untuk membuat meja, kursi, almari, rak-rakan, meja belajar, dan masih banyak lagi. Kayunya yang tahan lama dan awet membuatnya menjadi bahan utama mebel atau furniture di Indonesia selain kayu jati.

2. Digunakan sebagai bahan alat musik

Kegunaan kayu pohon Angsana untuk industri mebel yang kedua adalah bisa digunakan sebagai bahan alat musik juga. Seperti yang kita ketahui bahwa banyak sekali alat musik yang berbahan kayu seperti contohnya adalah gitar, ukulele, dan masih banyak lagi.

Karena kayu Angsana ini bukanlah kayu jenis yang berat dan selain itu mudah diaplikasikan maka seringkali digunakan sebagai bahan baku utama untuk membuat alat musik seperti gitar dan juga ukulele. Kayu Angsana ini dipilih karena kayunya tidak terlalu berat dan selain itu mudah diplitur untuk estetika dari alat musik itu sendiri.

3. Digunakan sebagai bahan dekorasi

Karena kayu Angsana ini sangat mudah untuk diaplikasikan, mudah untuk digergaji dan tidak merusak gigi dari gergaji selain itu juga mudah untuk dipaku maka banyak sekali orang yang memanfaatkan kayu Angsana ini digunakan sebagai bahan dekorasi juga.

Selain itu kayu ini mudah diplitur dan dicat sehingga sangat mudah untuk dijadikan estetik. Kayu ini biasanya dijadikan sebagai bahan dekorasi rumah, mulai dari untuk pajangan atau untuk hiasan di rumah

4. Digunakan sebagai bahan sarung keris





Seperti yang sudah kami singgung sedikit di atas, bahwa kayu dari Pohon Angsana ini memiliki pola atau motif yang alami dan indah. Karena itulah biasanya kayu ini di Jawa Tengah atau di Jawa Timur dijadikan sebagai bahan untuk membuat sarung keris atau yang disebut sebagai warangka. Karena memiliki pola dan motif alami yang indah sehingga membuat sarung keris menjadi lebih indah.

Itu tadi informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai kegunaan kayu pohon Angsana untuk industri mebel. Semoga artikel kali ini bermanfaat untuk Anda semua.

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Kegunaan Kayu Pohon Angsana Untuk Industri Mebel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel