Artikel Pilihan

Keunggulan Menanam Zaitun Wajib Anda Ketahui!

Bila anda sudah sering mendengar minyak zaitun, anda juga harus mengetahui asal muasal datangnya minyak berkhasiat tersebut. Minyak zaitun dihasilkan dari perasan buah zaitun. Buah ini tentu saja hasil dari pohon zaitun.

Pohon zaitun yang memiliki nama latin Olea Europaea berasal dari daerah Mediterania. Tanaman ini zangat mudah dijumpai di daerh Timur Tengah dan Eropa. Iklim yang panas sangat cocok untuk tanaman ini bisa hidup. Terdapat sekitar 700 varietas tanaman zaitun yang tersebar di seluruh dunia.

Ciri khas dari pohon zaitun yaitu pada batang yang terlihat berkeriput dan melilit. Akar pohon zaitun dapat tumbuh merambat sejauh 7 meter di dalam tanah. Dengan begitu, pohon zaitun membutuhkan jarak khusus jika ditanam untuk budidaya.

Namun, di daerah timur tengah sendiri, tanaman zaitun yang tumbuh liar sudah tidak memperhatikan jaraknya. Tanaman ini membutuhkan penyinaran matahari yang cukup banyak. Umumnya pohon zaitun dpat menghasilkan buah ketika usia tanam mencapai 4-5 tahun.

1. Keunggulan Budidaya Zaitun

Budidaya zaitun sangat cocok bagi anda yang berada di dataran rendah. Budidaya zaitn bisa menjadi investasi masa depan yang sangat menjanjikan. Harga jual olahan zaitun sendiri cukup tinggi dan pohon zaitun tetap bisa produktif walau sudah berusia cukup tua. Pohon zaitun yang dijadikan tanaman hias seperti bonsai juga bisa mendatangkan pundi-pundi rupiah yang semakin tinggi karena keindahannya.

2. Hasil Olahan Zaitun

Di jaman dahulu, Zaitun sudah dikenal masyarakat sebagai salah satu sumber pangan dan minyak yang digunakan untuk menyalakan pelita. Seiring berjalannya waktu, ditemukan berbagai macam khasiat yang didapatkan dari olahan zaitun. Berikut ini kami berikan beberapa hasil olahan dari zaitun yang bisa anda coba.

A. Buah segar

ciri ciri pohon buah zaitun
Sumber: toko.sentratani.com
Buah zaitun segar bisa disantap secara langsung. Buah zaitun muda memiliki warna hijau yang mana lama kelamaan berubah menjadi semakin gelap keunguan. Cita rasa buah zaitun muda biasanya agak getir. Sedangkan buah zaitun yang sudah tua lebih nikmat. Tak hanya dimakan secara langsug, buah ini juga biasanya bisa dicampurkan ke dalam salad, pasta hingga sebagai garnish pada makanan.

B. Acar buah zaitun

ciri ciri pohon acar buah zaitun
Sumber: indonesian.alibaba.com
Terkadang buah zaitun memiliki rasa yang agak pahit. Sehingga dilakukan sebuah proses untuk mengurangi kadar oleuropein yang dapat menyebabkan rasa pahit. Caranya yaitu dengan merendam buah zaitun di dalam garam berbumbu selama kira-kira 4 hingga 5 minggu. Proses fermentasi inilah yang menyebabkan rasa pahit berkurang.

Baca Juga :

Selanjutnya, olahan ini bisa dinikmati bersama keju dan wine. Ada juga yang menikmati makanan ini bersama dengan roti. Acar buah zaitun (pickle) juga bisa digunakan sebagai garnish yang dapat mempercantik tampilan makanan.

C. Minyak Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: arujogi.club
Produk olahan inilah yang paling banyak diincar oleh masyarakat. Minyak zaitun ini dibuat dengan cara menghancurkan buah zaitun yang sudah tua. Hasil buah yang dihancurkan ini selanjutnya diperas untuk diambil minyaknya.

Minyak zaitun yang baru diperas berwarna hijau cenderung gelap. Proses penyulingan dilakukan agar minyak yang dihasilkan lebih terang. Semakin banyak proses penyulingan, semakin jernih minyak yang dihasilkan.

Minyak zaitun sangat identik dengan produk kecantikan serta produk makanan yang sehat. Minyak zaitun dapat menghaluskan kulit. Sehingga banyak diciptakan sabun, pembersih wajah, hingga body lotion dengan ekstrak minyak zaitun ini. Sebagai bahan konsumsi, minyak zaitun dapat menggantikan fungsi minyak kelapa dengan kandungan lemak jenuh yang lebih rendah. Minyak zaitun lebih baik dikonsumsi tanpa proses pemanasan terlebih dahulu.


3. Harga Jual Zaitun

Pohon zaitun ini memiliki harga jual yang cukup tinggi. Minyak zaitun murni yang dihasilkan bisa dibanderol dengan harga mencapai Rp. 200.000 per liter. Harga buah zaitun mentah yang disetujui di California yaitu mencapai $1.000 hingga $1.250 per ton. Harga-harga ini tentu saja bisa berubah sewaktu-waktu sesuai kondisi yang ada. Harga yang cukup fantastis, bukan?

Itu tadi sedikit pembahasan tentang keunggulan pohon zaitun. Pohon zaitun yang berkhasiat bagi tubuh juga dapat menjadi sumber penghasilan sebagai investasi di masa depan. Apakah anda tertarik budidaya zaitun?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Keunggulan Menanam Zaitun Wajib Anda Ketahui!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel