Artikel Pilihan

Harga Pohon Zaitun dan Produk Hasilnya

Ciri Ciri Pohon Zaitun

Tanaman zaitun adalah tanaman yang mampu tetap berproduksi meski usianya telah tua. Tanaman ini dapat dimanfaatkan setiap bagiannya, mulai dari buah, daun, bahkan batang hingga akarnya. Khasiat yang didapat pun tidak main-main bagi setiap makhluk hidup yang mengonsumsinya.

Pohon zaitun memiliki karakter yang kuat dan dapat bertahan terhadap penyakit, cuaca bahkan walau dibakar ia tetap bisa tumbuh dengan baik. Ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa meskipun pohon zaitun telah ditebang, tetap akan memunculkan cabang baru. Selama akarnya tidak tercabut hingga habis, pohon zaitun tetap bisa tumbuh lagi.

Habitat asli tanaman ini yaitu di lingkungan yang panas dan bisa tahan terhadap hujan es ringan. Tanaman ini biasa dijumpai di daerah timur tengah dan Eropa. Namun, sekarang di daerah tropis juga telah mengembangkan budidaya tanaman yang satu ini.

Pohon zaitun terbiasa hidup di daerah dengan lahan yang cukup luas. Akarnya bisa memanjang hingga 7 meter demi mencukupi kebutuhan nutrisi tanaman dengan berbagai zat hara yang terdapat dalam tanah dan juga mencari air. Karenanya, pohon zaitun biasanya tumbuh berjarak satu sama lain. Walau ada juga tanaman zaitun yang tumbuh berkelompok seperti The Sister Olive Tree of Noah yang ada di Lebanon. Di sini terdapat 16 pohon zaitun yang hidup dalam sebuah kelompok.

Membahas tentang harga pohon zaitun, tentu saja sangat variatif. Bagi anda yang sedang mencari peluang bisnis jangka panjang, bisa menggunakan pohon zaitun sebagai salah satu referensi.


Harga Bibit Zaitun

Mari kita mulai dari harga bibit zaitun. Sebelum menanam pasti akan membeli bibit terlebih dahulu. Terdapat dua jenis bibit yaitu benih dan bibit pohon yang sudah tumbuh.

Di Indonesia, pohon zaitun lebih cocok ditanam di dataran rendah dengan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Harga benih zaitun dibanderol dalam kisaran 25 ribu rupiah hingga 35 ribu rupiah. Sedangkan untuk bibit zaitun yang telah tumbuh dibanderol dalam kisaran harga 50 ribu rupiah hingga 100 ribu rupiah.

Benih zaitun bisa langsung ditanam dalam tanah dengan komposisi tanah, sekam, kompos dalam perbandingan 1:1:1. Disiram satu kali sehari dan pastikan terkena sinar matahari dengan baik. Bibit zaitun biasanya didapatkan dengan cara stek pohon. Peluang hidup bisa lebih tinggi, sehingga harga yang ditawarkan juga cenderung lebih mahal.

Harga Pohon Zaitun

Dalam usianya yang semakin tua, layaknya manusia pohon zaitun juga berubah menjadi semakin berkeriput. Walau sudah berkeriput, tanaman ini masih bisa tetap produktif di masa panennya. Sehingga harga jual dari pohon zaitun ini semakin tua bisa semakin mahal.

Baca Juga :

Pohon zaitun juga bisa dijadikan tanaman hias dengan cara bonsai. Di saat inilah harga jual pohon zaitun bisa meningkat dengan adanya sentuhan keindahan bonsai. Di Riyadh, Saudi Arabia terdapat sebuah pohon zaitun bonsai yang dibanderol dengan harga mencapai 1 miliar rupiah. Harga yang bisa menyaingi harga rumah.


Harga Minyak Zaitun

ciri ciri pohon minyak zaitun
Sumber: arujogi.club
Zaitun biasa dimanfaatkan buahnya untuk dijadikan minyak. Buah yang masih muda bisa dimakan secara langsung sebagai makanan penyegar tubuh. Sedangkan buah yang sudah tua diperas dan diambil minyaknya.

Bahkan kini juga bisa kita jumpai buah zaitun yang diawetkan dalam kaleng. Minyak zaitun sudah dikenal dalam bidang kecantikan hingga kesehatan. Khasiatnya yang dipercaya bisa menghaluskan kulit, membuat banyak produk kecantikan diproduksi dengan bahan dasar minyak zaitun ini. Mulai dari sabun, pembersih wajah, masker hingga serum tercipta dengan ekstrak minyak zaitun.

Banyak varian harga yang dibanderol untuk minyak zaitun. Minyak zaitun murni dijual pada kisaran harga Rp 200.000 per liter. Harga ini juga dipengaruhi dengan merk serta tahap distribusinya.

Harga pohon zaitun mulai dari bibit hingga hasil olahannya telah kami bahas tuntas di sini. Pohon zaitun bisa menjadi salah satu investasi masa depan yang menjanjikan dalam bentuk tumbuhan. Selain berinvestasi, anda juga bisa melestarikan lingkungan dengan menanam pohon zaitun ini. Jadi, apakah anda tertarik budidaya zaitun di rumah anda atau produksi olahan zaitun?

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Harga Pohon Zaitun dan Produk Hasilnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel