Artikel Pilihan

Pohon Zaitun Tertua di Dunia

Pohon dengan nama latin Olea Europeae ini sudah terkenal di kalangan masyarakat dari minyak yang dihasilkan. Pohon zaitun ini juga dikenal sebagai lambang kesucian dan perdamaian. Tanaman ini juga disebut-sebut sebagai pohon seribu khasiat.

Pohon zaitun telah disebut namanya sejak ribuan tahun lalu. Bahkan pohon zaitun ini juga menjadi salah satu tanaman yang tertulis dalam berbagai kitab suci. Sehingga sudah tidak diragukan lagi keberadaan dari pohon ini. Namun, tahukah anda bahwa ada pohon zaitun yang masih hidup sejak ribuan tahun lalu?

Walau sudah tertulis dalam kitab suci, mungkin kita akan berpikir bahwa pohon zaitun ini sama saja dengan tanaman lainnya. Fase tanaman pada umumnya dimulai dari biji yang tumbuh dan berkembang hingga menghasilkan buah sampai ke fase di mana tanaman sudah tidak produktif lagi dan mati.

Namun, pohon zaitun ini berbeda dibanding tanaman-tanaman yang kita kenal dengan siklus tadi. Bahkan, ada juga pohon zaitun yang disebut-sebut menjadi saksi berkembangnya 3 agama serta pohon zaitun yang diyakini masyarakat sebagai tempat beribadah salah satu nabi.

Semakin menarik saja ya pembahasan tentang pohon zaitun ini. Jika memang sudah ada sejak jaman para nabi, lantas berapa lama usia pohon zaitun bisa bertahan?

Tanaman ini biasa hidup di habitat yang cenderung panas seperti daerah timur tengah. Hingga kini masih belum bisa dipastikan berapa lama pohon zaitun dapat bertahan hidup. Hanya saja pohon zaitun ini memang dapat hidup dengan mudah di habitat aslinya. Tak hanya itu saja, ketika pohon zaitun ditebang sekalipun tetap akan muncul cabang baru.

Dengan karakter pohon zaitun yang sangat kuat ini, banyak peneliti yang penasaran dengan tanaman yang satu ini. Sehingga berbagai penelitian dilakukan terhadap beberapa pohon zaitun yang masih hidup hingga kini. Untuk mengetahui usia dari pohon zaitun, langsung saja kita bahas beberapa pohon zaitun di berbagai belahan dunia ini.


Pohon Zaitun Vouves

ciri ciri pohon zaitun vouves

Terdapat sebuah pohon zaitun di desa Ano Vouves, daerah Chania, Crete, Yunani. Pohon tersebut hingga kini masih menghasilkan buah zaitun yang lebat setiap tahunnya. Tanaman ini dianggap sebagai salah satu pohon zaitun tertua di dunia.

Belum adan penelitian yang mampu membuktikan usia asli dari pohon zaitun vouves. Terdapat 2 penelitian yang dilakukan untuk mengungkap usia yang sebenarnya dari pohon ini. Pertama, dilihat dari bagian cincin batang pohon diperkirakan bahwa pohon ini telah berusia 2.000 tahun. Sedangkan dari salah satu peneliti Universitas Crete mengungkap bahwa pohon ini diperkirakan telah berusia 4.000 tahun.

Tempat berdirinya pohon ini juga menjadi salah satu objek wisata bagi penduduk setempat maupun para pelancong. Setidaknya terdapat 20.000 pengunjung setiap tahunnya. Bagi anda yang belum berkesempatan berkunjung secara langsung, bisa melakukan kunjungan secara virtual melalui website resmi Olive Tree Museum of Vouves.

Baca Juga :

Pohon Zaitun Lebanon

ciri ciri pohon zaitun lebanon
Sumber: kadmouslebnen.wordpress.com
Di Lebanon terdapat sebuah gugusan pohon zaitun yang dinamai The Sisters atau The Sisters Olive Tree of Noah. Alasan penamaan tersebut karena di sini tumbuh 16 pohon zaitun. Pohon-pohon ini terletak di daerah Bcheale, utara Lebanon.

Berdasarkan cerita yang berkembang di masyarakat setempat, pohon ini telah tumbuh sejak 5.000 hingga 6.000 tahun yang lalu. Meskipun begitu, tetal belum ada penelitian yang menentukan usia pohon dengan pasti. Dari kisah yang beredar, pohon zaitun ini diduga menjadi sumber ranting pohon zaitun yang diberikan kepada Nabi Nuh. Saat itu, burung membawa kembali ranting pohon zaitun yang berarti daratan sudah tidak jauh lagi. Hingga saag ini, pohon ini masih aktif menghasilkan buah.


Pohon Zaitun Al-Badawi Boom, Isarael

ciri ciri pohon zaitun lebanon
Sumber: paliroots.com
Pohon ini terletak di daerah Al Walaja, Bethlehem, Israel. Pohon zaitun ini diperkirakan telah mencapai usia 3.000 tahun. Walau telah berkeriput batangnya, tetapi setiap musim masih tetap menghasilkan buah.

Berdasarkan kisah yang beredar di masyarakat bahwa tanaman ini pernah dijadikan tempat berdoa dan menangis oleh Yesus. Dari penelitian menggunakan penanggalan karbon, cabang baru dari tanaman ini berusia 900 tahun.

Itulah ulasan mengenai pohon zaitun tertua di dunia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Pohon Zaitun Tertua di Dunia"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel