Artikel Pilihan

Berapa Ukuran Pot Pohon Ketapang Dalam Ruangan?

Berapa ukuran pot pohon ketapang pastinya ingin Anda ketahui saat sudah berencana menjadikan pohon ketapang sebagai tanaman hias. Memang wajar, sebab ada banyak alasan mengapa pohon ketapang sangat layak dipilih untuk dijadikan tanaman hias yang ditaruh di dalam ruangan. Apalagi, ada beberapa jenis ketapang yang memang akan sangat cantik dijadikan tanaman hias.

ciri ciri pohon ketapang

Alasan lain mengapa ketapang biasa dipilih untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan adalah karena bisa dikontrolnya tinggi pohon ini. Namun, bisa dikontrolnya tinggi ini tak bisa bekerja dengan baik jika pot pohon ketapang yang dipilih kurang tepat.


Ukuran Ideal Pot Pohon Ketapang

Supaya Anda juga bisa menjadikan pohon ketapang sebagai tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan serta bisa mengontrolnya, berikut ini adalah info ukuran pot pohon ketapang untuk beberapa tujuan.

1. Hanya Sebagai Tanaman Hias Umum

Definisi tanaman hias sebenarnya memiliki artian yang luas. Sebab, memang ada banyak jenis tanaman hias dan ada banyak cara modifikasi suatu tanaman supaya bisa disebut sebagai tanaman hias.

Ukuran pot pohon ketapang kali ini adalah berlaku untuk kebutuhan tanaman hias secara umum saja. Dengan cara ini, Anda bisa menunjuk pohon ketapang jenis apa saja, menaruhnya dalam pot, dan merawatnya sebagaimana tanaman hias.

Jika ruangan yang akan diberi tanaman hias ini cukup luas, maka bisa dipilih pot yang besar. Ukuran pot besar yang tingginya 20 sampai 30 sentimeter akan cocok untuk Anda yang menjadikan ketapang sebagai fokus utama pada taman indoor nanti.

Baca Juga :

Namun jika Anda berencana untuk menaruh tanaman hias di atas sesuatu, tidak di bawah, maka sebaiknya dipilih pot dengan ukuran lebih kecil. Bisa dipilih pot berukuran setinggi 10 sampai 20 sentimeter.

2. Sebagai Bonsai

Ketapang bisa Anda jadikan bonsai kalau memang Anda mengidolakannya dan memiliki waktu luang untuk memodifikasinya. Jika demikian, maka mengerti berapa pot pohon ketapang yang pas juga penting. Untuk kebutuhan bonsai, dibutuhkan pot setinggi 2/3 atau 1/3 dari tinggi pohon ketapang asli.

Tidak perlu bingung untuk memahaminya. Untuk membuat bonsai, pastinya Anda sudah memiliki pohon ketapang yang siap dijadikan bonsai. Ukurlah pohon ketapang ini, apabila tingginya 30 sentimeter, berarti Anda bisa memilih pot ukuran kurang lebih 10 sampai 20 sentimeter. Mudah bukan?

3. Sebagai Tanaman Hias Gantung

Mungkin Anda tertarik untuk menjadikan ketapang sebagai tanaman hias yang digantung meskipun cukup jarang, namun tetap boleh-boleh saja melakukannya. Untuk kebutuhan tanaman gantung sebaiknya tidak memilih pot pohon ketapang yang terlalu tinggi.

Ukuran paling ideal adalah sekitar 10 sampai 18 sentimeter saja. sebab, akan cukup aneh apabila tanaman gantung digantung dengan pot berukuran besar.


Memilih Pot Pohon Ketapang yang Tepat

Selain membahas ukuran dari pot pohon ketapang, juga akan dibahas pot seperti apa yang paling tepat untuk tanaman hias ketapang. Anda sebenarnya bisa bebas memilih pot plastik berwarna hitam sampai pot marmer sekalipun. Hanya saja, perlu untuk menyesuaikannya dengan kebutuhan.
ciri ciri pohon ketapang
Sumber : googleusercontent.com
Untuk kebutuhan akan tanaman hias biasa, diletakan di atas benda atau di lantai, bisa bebas dipilih pot dengan bahan apa saja. Namun untuk kebutuhan membuat bonsai, sebaiknya Anda beli pot yang lebih dekat kaitannya dengan pohon bonsai pada umumnya. Pohon bonsai pada umumnya ditanam di dalam pot yang berbahan marmer, beton, atau batu.

Soal warna, bisa sepenuhnya disesuaikan dengan keinginan Anda. Anda bisa memilih pot dengan warna yang sama dengan cat dinding. Atau warna hitam yang sangat umum dijadikan warna pot tanaman.

Sangat mudah bukan untuk memilih pot yang pas untuk pohon ketapang yang akan dijadikan tanaman hias dalam ruangan? Karenanya, Anda yang sudah berencana melakukan ini bisa segera mewujudkannya. Saat mengunjungi toko atau pasar tanaman nanti, Anda akan melihat banyak sekali jenis pot dan pasti tak akan kebingungan memilihnya.

Terlepas dari memilih pot, pastikan juga Anda berbekala wawasan menanam atau membudidayakan pohon ketapang supaya tak salah arah.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Berapa Ukuran Pot Pohon Ketapang Dalam Ruangan?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel