Artikel Pilihan

Jenis- jenis Tanaman Bunga Hortensia (Hydrangea)

Tanaman bunga Hortensia (Hydrangea) disinyalir sebagai tanaman yang pertumbuhannya baik pada wilayah beriklim tropis. Di Indonesia sendiri, tanaman bunga ini dijuluki dengan berbagai nama antara lain bunga pecah seribu, bunga bokor, dan bunga tiga bulan. Faktanya jenis-jenis tanaman bunga Hortesia (Hydrangea) cukup beragam.

Banyak budiday tanaman tersebut mengatakan bahwa bunga Hortensia akan terlihat anggun karena puluhan kuntum bunga yang mungil. Selain itu, kuntum bunga melingkar dan berbentuk bulatan yang terlihat seperti bola. Bunga Hortensia umumnya berwarna ungu lembut dan setelah beberapa hari berubah jadi warna biru bergradasi hijau.

Warna-warna bunga Hortensia tidak seragam karena semua tergantung kadar pH dari media tanam. Apabila media tanam bunga memiliki kadar asam tinggi menyebabkan warna bunga berubah menjadi biru kemerah-merahan. Sementara, jika kadar pH netral, bunga Hortensia akan menampilkan warna merah kebiru-biruan.

Tanaman bunga Hortensia yang ditaman pada media tanam basa akan menyajikan warna kebiru-biruan. Dalam proses budidaya dan perawatannya tidak membutuhkan perawatan khusus.

Sebab, dapat tumbuh baik pada tempak terbuka dengan udara sejuk maupun penyinaran matahari cukup. Adapun media tanam paling pas yakni tanah gembur dengan sistem drainase yang baik. Jika ingin memperbanyak tanaman dapat melakukan metode cangkok, stek batang, dan stek pucuk.

Ciri -Ciri Tanaman Bunga Hortensia

Bunga Hortensia dapat dikenali dengan ciri-ciri berikut ini:
  • Memiliki tinggi batang pohon antara 1 sampai 3 meter.
  • Bunga Hortensia majemuk memiliki diameter rata-rata 20cm.
  • Daun tunggal dengan bentuk bulat telur serta memiliki gerigi. Pangkal dan ujung daunnya berbentuk runcing. Umumnya warna permukaan daun hijau tua dengan bagian bawah hijau kekuningan.

Manfaat Bunga Hortensia

Tanaman bunga Hortensia kerap kali dijadikan sebagai tanaman hias rupanya kaya akan khasiat kesehatan. Tanaman satu ini sering diandalkan sebagai obat herbal alami. Ditinjau dari segi rasa menghasilkan campuran rasa pedas dan pahit. Sifat tanaman ini dingin dan toksik.

Manfaat dari tanaman bunga ini dipercaya mengobati penyakit malaria, radang tenggorokan, dan demam. Bagian paling penting dijadikan bahan obat yakni akar dan herbanya. Tanaman ini juga dapat digunakan sebagai obat dengan cara dikeringkan ataupun basah.

Serignkali masyarakat menggunakan tanaman bunga Hortensia dengan cara merebus sekitar 9 hingga 15 menit dan meminumnya. Air dari akar dan herba dari tanaman Hortensia juga dimanfaatkan untuk mencuci ekzema buah zakar dan kulit dengan kurap.

Apabila dimanfaatkan untuk Malaria, tanaman ini dicampur dengan daun murbei dan 3 gelas air. Selanjutnya direbus sampai air menyusut satu gelas saja. Sedangkan, penggunaan untuk sakit tenggorokan dengan akarnya yang dipotong-potong. Tambahkan pula cuka apel kemudian giling ramuan sampai halus. Setelah itu baru diperas dan dapat dipakai ketika berkumur.


Jenis Tanaman Bunga Hortensia (Hydrangea)

Jenis-jenis berikut ini dikategorikan sebagai bunga Hortensia paling populer di Indonesia. Masing-masing memiliki keindahan berbeda pada daun, bunga, hingga batangnya.

Baca Juga :

1. Hortensia Big Daddy (Hydrangea macrophylla)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia

2. Hortensia Normalis (Hydrangea macrophylla)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: plantaddicts.com

3. Hortensia Nigra (Hydrangea macrophylla)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: heritagehydrangeas.com

4. Horetnsia Blue Bonnet (Hydrangea macrophylla)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: greenplantswap.co.uk


5. Horetensia Berlin Rabe (Hydrangea macrophylla)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: startfordlandscapesupply.com

6. Hortensia Bluebird (Hydrangea serrata)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: jardinsdumonde.be


7. Hortensia Wim Rutten (Hydrangea involucrata)

ciri ciri pohon tanaman bunga hortensia
Sumber: plantlust.com

8. Hortensia Paris Rapa (Hydrangea macrophylla)

Bunga Hortensia yang memiliki jenis beragam ini dapat dibudidayakan sendiri. Cara penanaman dan perawatannya pun tidak terlalu sulit. Selain indah, tanaman bunga ini juga kaya manfaat bagi kesehatan.

Itulah ulasan mengenai beberapa jenis tanaman bunga Hortensia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis- jenis Tanaman Bunga Hortensia (Hydrangea)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel