Artikel Pilihan

Cara Menanam Bunga Lavender

ciri ciri pohon Bunga Lavender

Bunga Lavender terkenal sebagai bunga hias yang menyerupai alang-alang dan umumnya berwarna ungu. Banyak orang mempercayai kemampuan Bunga Lavender untuk mengusir nyamuk dengan aroman yang mengandung linalool dan linalyl. Bagi manusia sendiri, aroma Bunga Lavender menyegarkan, bahkan memberi ketenangan saat menghirupnya. Apabila menyukai tanaman hias satu ini tidak ada salahnya mengaplikasikan cara menanam Bunga Lavender dibawah ini.


Manfaat Tanaman Hias Bunga Lavender

Bunga Lavender populer digunakan sebagai bahan pengusir nyamuk yang alami. Selain itu, aromanya juga dijadikan campuran pewangi maupun parfum. Ternyata Bunga Lavender juga bermanfaat bagi kesehatan, antara lain:
  • Relaksasi otot
  • Mengatasi insomnia
  • Mengatasi sakit perut akibat iritasi
  • Mengatasi ketombe
  • Mengurangi rambut rontok
  • Menyeimbangkan pH kulit
  • Menjadi antivirus dan antibakteri

Cara Menanam Bunga Lavender

ciri ciri pohon Bunga Lavender
Sumber: gramho.com

Cara menanam jenis bunga satu ini terbilang cukup mudah. Manfaatkan pot menjadi wadah tanaman yang ideal dan praktis.

1. Pemilihan Bibit Bunga

Secara umum Bunga Lavender lebih populer dengan warna ungu. Faktanya ada warna lain seperti putih, biru, kuning dan lainnya. Warna Bunga Lavender ditentukan dari bibit yang digunakan dan kemampuan adaptasi tanaman dengan lingkungan. Bibit dapat diperoleh dari toko bunga dan pilihlah yang bebas dari serangga.

2. Persiapkan Media Tanam

Sama seperti tanaman lain, media tanam Bunga Lavender juga harus baik agar pertumbuhan optimal. Buat campuran pupuk kompos maupun sekam padi dengan tanah dan pasir berdasarkan perbandingan 1:1:1.

Wadahnya gunakan polybag dengan bagian bawah berlubang atau pot. Gunakan pula styrofoam yang memiliki ketebalan 5 cm agar menjaga pot selalu kering. Diameter styrofoam harus dibuat sesuai dengan diameter wadah polybag atau pot.

Baca Juga :

3. Penyemaian Bibit Bunga

Selanjutnya melakukan proses penyemaian bibit bunga agar tumbuh menjadi kecambah. Proses pembibitan harus berhasil, karena banyak orang gagal menumbuhkan Bunga Lavender tahap awal karena penyemaian. Berikut ini langkah-langkah menumbuhkan kecambah dari bibit Bunga Lavender yang benar dan efektif.
  • Awali dengan meletakkan styrofoam pada bagian dasar polybag ataupun pot. Tujuannya agar menyerap kelembapan yang berlebihan dari media tanam.
  • Masukkan media tanam yang sudah ada.
  • Buatlah beberapa lubang pada bagian tengah dan letakkan satu bibit bunga.
  • Setelahnya, menutup kembali lubang berisi bibit menggunakan media tanam dan padatkan tanah dengan cara meratakan.
  • Dalam satu polybag atau pot cukup letakkan satu bibit saja agar bunga dapat tumbuh maksimal.
  • Menyiramkan bibit Bunga Lavender secukupnya menggunakan spray air dan letakkan pada tempat yang langsung terkena cahaya matahari.

4. Pemindahan Bibit Bunga

Dalam waktu sebulan, Bunga Lavender akan menumbuhkan kecambah mencapai ketinggian 15 cm. Kondisi ini menunjukkan telah waktunya memindahkan bibit ke media tanam lain yang lebih besar.

Lakukan penyiraman dan diamkan kecambah selama satu jam sebelum dipindahkan. Selanjutnya, buka polybag atau pot perlahan supaya tidak merusak tanah. Buat jarak antar tanaman di media tanam baru ini sekitar 30 cm sampai 45 cm agar tidak mengganggun pertumbuhan antar tanaman.

5. Perawatan Bunga

Ingat Bunga Lavender tidak akan tumbuh diatas tanah yang memiliki kelembaban tinggi. Jadi, tidak perlu keseringan menyiram bunga karena akibatnya membuat batang bunga membusuk. Tempat ideal meletakkan tanaman Bunga Lavender adalah area yang terpapar sinar matahari langsung.

Pada proses pemupukan sebaiknya gunakan pupuk organik. Jangan lupa menyiangi tanaman dari gulma-gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman. Pangkas cabang bunga setahun sekali supaya tetap rapi.

Cara menanam Bunga Lavender ini tergolong mudah seperti tahapan penanaman bunga hias lainnya. Semoga ulasan di atas bermanfaat.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Bunga Lavender"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel