Artikel Pilihan

Jenis-jenis Bunga Pengharum Ruangan Paling Alami

Ruangan yang menyajikan keharuman tentu lebih betah ditinggali. Apalagi wewangian yang digunakan dari bahan alami yakni bunga-bunga. Ternyata jenis-jenis bunga pengharum ruangan berikut ini cukup mudah ditemukan.

Ketika digunakan pun wanginya akan awet dan baik bagi pernafasan karena tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Apakah kalian setuju memiliki air freshener berikut ini? Alhasil bertambah semangat melakukan aktivitas karena mengawali hari dengan menghirup aroma menyegarkan nan alami.


10 Bunga Pengharum Ruangan Paling Alami

Saat ini banyak produk menawarkan pengharum ruangan dengan berbagai macam aroma bunga. Namun, mengharumkan ruangan menggunakan bunga alami juga tidak kalah loh dari merek-merek terkemuka.

1. Geranium

ciri ciri pohon geranium

Bunga Geranium masih satu keluarga dengan tumbuhan Geraniaceae. Aroma yang dihasilkannya bersifat seperti rileksasi dan membuat suasana pikiran lebih tenang. Umumnya, Geranium digunakan pada salon kecantikan dan spa tubuh karena dianggap dapat memanjakan otot-otot tubuh.

Geranium hanya dapat tumbuh dan berkembang jika ditanam pada media tanah. Namun, apabila diletakkan dalam ruangan yang bersuhu dingin membuat pertumbuhan Geranium lebih berkualitas.

2. Casablanca Lily

ciri ciri pohon casablanca lily
Sumber: edenbrothers.com
Bunga Lily memang terkenal karena keharumannya, sama seperti jenis Casablanca Lily satu ini. Dipandang dari corak dan warnanya juga tampak elegan. Biasanya diletakkan dalam ruangan kantor-kantor besar maupun rumah mewah.

Wangi khas yang dihasilkan terasa harum dan lembut. Terlebih lagi ketika pergantian waktu sore hingga malam, aroma yang dikeluarkan lebih dirasakan indera penciuman. Bunga Casablanca Lily juga kerap dipotong untuk diletakkan dalam ruangan.


3. Lavender

Wewangian bunga Lavender selalu mencuri hati masyarakat. Bunga yang berwarna ungu ini tidak hanya membuat ruangan wangi, tetapi ampuh mengusir nyamuk. Meskipun Lavender dalam keadaan kering tetap saja aromanya selalu menyegarkan.


4. Mawar

ciri ciri pohon mawar
Sumber: sehatq.com
Mawar dapat dikatakan sebagai bunga paling populer di seluruh dunia. Disamping menjadi lambang pernyataan cinta, Mawar juga mengeluarkan wewangian yang cocok untuk indoor. Caranya cukup memotong beberapa tangkai Mawar dan memasukkan dalam vas berisi air saja.

Baca Juga :

5. Melati

Melati alias jasmine menjadi salah satu bunga paling populer dari Indonesia. Sejenis tanaman perdu yang bentuknya bagaikan bintang kecil dengan warna putih bersih. Keharuman yang disajikan Melati juga khas dan tajam. Jadi, banyak orang meletakkannya dalam ruangan sebagai air freshener.


6. Sweet Alyssum

Sweet Allysum dengan nama latin Lobularia Maritima masih satu keluarga dengan Brassicaceae. Disinyalir mengeluarkan wewangian lembut yang cocok menjadi pengharum ruangan alami.

Faktanya Sweet Alyssum juga dimanfaatkan untuk bahan dasar pembuatan parfum dan kosmetik. Ciri khas dari bunga satu ini yakni memiliki struktur batang begitu rendah dan berwarna putih.

7. Chocolate Cosmos

Bagi kamu pencinta coklat, bunga Chocolate Cosmos sangat pas dijadikan pengharum ruangan. Bunga asli dari Meksiko ini berwarna merah gelap yang membuat tampilannya bertambah elegan.

Wewangian khas yang dikeluarkan berupa aroma vanili mirip permen cokelat. Biasanya Chocolate Cosmos baru bermekaran ketika musim panas datang. Sayangnya, bunga satu ini tidak boleh diletakkan dalam ruangan karena beracun. Jadi, jangan heran jika banyak yang menanamnya dibawah jendela.

8. Wisteria

Wisteria bernama latin Blauregen merupakan bunga Fuji asli Jepang. Keharuman yang dikeluarkan sangat tajam. Sama seperti bunga chocolate cosmos, Wisteria juga ditanam bawah jendela. Adapun bagian dari bunga ini yang beracun adalah bijinya.

9. Sharry Baby

Jenis tanaman Anggrek satu ini yang paling mudah dirawat dan bunganya cepat bermekaran. Selain itu, wewangian yang dihasilkan oleh Sharry Baby lebih terasa aromanya. Hanya dengan tertiup angin, aromanya akan menyebar ke seluruh ruangan.


10. Gardenia

Gardenia merupakan bunga paling tepat menjadi pengharum ruangan. Aromanya khas berbeda dari bunga lain. Dilihat dari bentuknya pun lebih indah, bersusun dan tajuk melingkar. Ada dua warna Gardenia yakni kuning dan putih.

Setelah menyimak ulasan di atas, tidak ada salahnya menggunakan bunga sebagai pengharum ruangan alami. Sangat aman bagi kesehatan dan membuat pemandangan di ruangan anda menjadi semakin cantik.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Jenis-jenis Bunga Pengharum Ruangan Paling Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel