Artikel Pilihan

Ciri-ciri Tumbuhan Kantong Semar

ciri ciri pohon kantong semar

Tumbuhan kantong semar adalah jenis tanaman karnivora. Sebab, kantong semar memangsa makhluk hidup lain ketika telah dewasa. Sedangkan, ketika berusia muda, tumbuhan satu ini memiliki warna daun yang masih muda.

Secara perlahan, ketika ada makhluk lain seperti lalat berada disekitarnya kantong semar akan membuka. Apabila calon mangsa ini mendekat baru langsung menutup kantong semar tersebut. Sehingga, serangga atau hewan lain yang tertangkap dapat dicerna dengan baik.

Menyoal khasiat tumbuhan satu ini rupanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kantong semar disinyalir mampu meningkatkan kebugaran tubuh dan sering digunakan sebagai penangkal diabetes. Biasanya kantong semar banyak ditemukan pada daerah rawa-rawa dengan sedikit kandungan nitrogen.

Kekurangan nitrogen dari habitatnya sendiri membuat kantong semar harus memangsa serangga lain untuk bertahan hidup. Kegemaran kantong semar memangsa serangga menandakan bahwa tergolong sebagai tumbuhan insektivora. Beberapa negara yang disinyalir tempat bertumbuhnya kantong semar yakni Malaysia, Indonesia, Thailand, Filipina, China Selatan, dan Indo China.

Khusus di Indonesia, kantong semar tumbuh di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Ada sekitar 31 jenis kantong semar dengan 15 jenis diantaranya terdapat di Sabah. Pertama kalinya kantong semar ditemukan oleh J.P Breyene tahun 1689.


Klasifikasi Ilmiah Kantong Semar

ciri ciri pohon kantong semar
Sumber: kebunpedia.com
Adapun klasifikasi kantong semar sebagai berikut :
  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Caryophyllales
  • Famili : Nepenthaceae Dumrot
  • Genus : Nephentes L

Habitat Kantong Semar

ciri ciri pohon kantong semar
Sumber: faunadanflora.com
Habitat dari kantong semar hidup terdapat di area terbuka atau kurang terkena sinar matahari. Selain itu, tanah yang sedikit mengandung unsur hara dan kelembaban yang cukup tinggi. Ekosistem yang ideal bagi kehidupan kantong semar adalah hutan hujan tropik yang terletak di area dataran rendah.

Baca Juga :

Kantong semar juga ditemukan pada hutan gambut, hutan pegunungan, hutan kerangas, padang savana, dan pegunungan kapur. Apabila diklasifikasikan dari ketinggian habitatnya, tumbuhan ini terbagi menjadi 2 kelompok yakni kantong semar dataran tinggi, kantong semar dataran rendah, dan kantong semar dataran menengah.


Ciri-ciri Kantong Semar

Berikut ini ciri-ciri umum yang mudah dilihat dari tumbuhan kantong semar :

1. Memiliki Kantong Penangkap Serangga

Kantong semar dianggap tanaman paling unik karena bentuknya. Terdapat kantong yang berbentuk piala pada bagian ujung daun yang dapat berubah bentuk. Adapun fungsi kantong tersebut untuk menangkap hewan berukuran kecil seperti lalat ataupun nyamuk dan jenis-jenis serangga. Ketika ada serangga yang mendekat, tumbuhan ini langsung menutup kantongnya. Selanjutnya, dalam kantong tersebut akan mengeluarkan enzim guna membunuh serangga.

2. Menghasilkan Nektar

Sama seperti tumbuhan pada umumnya, kantong semar juga dapat menghasilkan nektar yang harum dan memiliki rasa manis. Daun yang bentuknya bagaikan piala inilah yang mengeluarkan nektar berupa cairan lengket.

Nektar berfungsi menjadi umpan agar dapat memikat serangga lain berdatangan. Setelah serangga berukuran kecil terpikat biasanya akan menghinggap di dinding piala licin tersebut. Hal ini menyebabkan serangga jatuh dalam daun dan kantong semar akan tertutup.

3.Mengeluarkan Cairan Pencerna Serangga

Kantong semar juga dapat menghasilkan cairan untuk mencerna berbagai jenis serangga. Jadi, serangga yang terjebak di dalam kantong semar tidak langsung dimakan, tetapi ada cairan yang mengandung enzim pepsin dan tripsin. Cairan tersebut yang akan melarutkan serangga hingga dapat diserap oleh kantong semar.

Dalam mencari makanan, kantong semar akan mengandalkan kantongnya tersebut. Tumbuhan ini merupakan hewan liar yang dapat tumbuh tanpa perlu diberikan pupuk dan air setiap hari.

Ketiga ciri ini dapat dikatakan sebagai pendukung proses adaptasi terhadap lingkungan untuk bertahan hidup. Seperti itulah uraian ciri-ciri tumbuhan kantong semar yang hendaknya diketahui. Semoga ulasan di atas bermanfaat dan dapat memperkaya khazanah ilmu pengetahuan anda.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ciri-ciri Tumbuhan Kantong Semar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel