Artikel Pilihan

Ini Dia Tantangan yang Harus Dihadapi Dalam Menanam Pohon Ketapang

Sebelum menanam pohon ketapang ternyata kita perlu mempelajari tantangan yang akan kita hadapi kedepannya. Dimana tantangan ini harus bisa kita pelajari agar proses budidaya yang anda lakukan bisa berjalan dengan maksimal.

Di setiap penanaman dan budidaya pohon ketapang pastinya anda akan mengalami hal-hal yang akan kami jelaskan. Tantangan ini bisa kita selesaikan jika tahu permasalahannya. Untuk itu, disini kami akan menjelaskan secara mendetail tentang tantangan yang akan anda hadapi ketika memutuskan budidaya pohon ketapang.

Tantangan dalam Budidaya Pohon Ketapang

Pohon Ketapang Sering Meluruhkan Daunnya

Permasalahan ini harus bisa anda terima. Sebab pohon ketapang memiliki daun yang cukup banyak. Tidak hanya itu, intensitas daun dari pohon ini juga padat antara satu dengan lainnya. Dibarengi dengan intensitasnya yang padat. Daun-daun tersebut ternyata mudah meluruh. Apalagi di musim kemarau.

Ciri Ciri Pohon Ketapang





Alhasil, daun yang meluruh tersebut akan mengotori jalanan. Apalagi untuk pohon ketapang yang ditanam di pinggir jalan. Pastinya hal ini akan menyulitkan anda dalam membersihkannya. Daun pohon ketapang ini juga ukurannya cukup besar, dalam hal pembersihan akan membutuhkan waktu yang lama.

Baca juga : Dengan Fisiologis yang Rindang, Ini Fungsi Pohon Ketapang

Tingginya bisa Mencapai 40 M

Ini adalah persiapan yang harus anda cermati sebelum menanam pohon ketapang. Bagaimana tidak? pasalnya pohon ini mampu tumbuh sampai sangat tinggi. Bahkan rata-rata pohon yang sudah agak tua tingginya bisa mencapai 40 meter. Hal ini tentu sangat tinggi jika dibandingkan dengan pohon lainnya.

Tantangan yang harus anda hadapi ketika angin besar sedang melanda tempat anda. Maka anda harus berhati-hati. Pasalnya ketika kekuatan kayu tidak cukup baik maka pohon ini rentan untuk tumbang dan menghancurkan bangunan di bawahnya.

Buahnya Sering Jatuh Sembarangan

Selanjutnya anda harus mempersiapkan poin yang satu ini. Ya, buah ketapang memang salah satu buah yang ukurannya cukup kecil. Namun jangan salah, dalam satu pohon ketapang jumlah buahnya bisa sangat banyak.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: alamikan.com
Buah-buahan ini juga sangat rawan untuk jatuh. Apalagi jatuhnya tidak terkontrol. Hal ini tentu saja sangat membahayakan orang atau benda yang ada dibawahnya. Seperti kita tahu bahwa pohon ketapang ini memiliki buah yang cukup keras. Jika terkena kepala maka efeknya cukup berbahaya. Maka dari itu berhati-hatilah.

Akarnya Bisa Merusak

Berbanding lurus dengan umurnya, semakin tua pohon ketapang maka semakin besar bagian tubuhnya. Hal ini termasuk akarnya. Pohon ketapang merupakan pohon yang memiliki akar cukup besar. Akar ini mampu merusak struktur bangunan dan juga jalan.

Apalagi ketika anda menanamnya di dekat bangunan. Semakin tinggi pohon ini tumbuh maka daya rusaknya terhadap bangunan juga cukup tinggi. Salah satu keeusakannya adalah menghancurkan pondasi dan juga tembok rumah.

Baca juga : Di Mana Habitat Pohon Ketapang untuk Pertumbuhan Optimal ?

Untuk mengatasinya, Anda perlu menanam pohon ketapang ini di lahan terbuka yang luas. Jangan sampai anda tanam pohon ini di dekat perumahan atau bangunan penting.

Memakan Tempat

Masih berkaitan dengan poin sebelumnya, pohon ketapang ternyata tidak hanya mampu tumbuh secara vertikal dengan sangat tinggi. Pohon ini ternyata mampu tumbuh secara horizontal ke samping. Hal ini karena datangnya yang cukup melebar.

Alhasil pohon ketapang ini akan sangat memakan tempat jika ditanam tidak sesuai perkembangannya. Maksudnya adalah sebelum menanam pohon ini kita harus tahu dulu bahwa suatu saat pohon ini akan tumbuh dengan cukup lebar.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: id.carousell.com
Dengan begitu kita bisa menyiapkan lahan yang pas untuk pohon ini. Solusi lainnya adalah dilakukan pemamgkasan secara berkala. Jika pohon ketapang sudah mulai melebar tidak terkontrol maka segeralah memotongnya sebelum tumbuh makin besar. Dengan begitu pohon ini tidak akan mengganggu dan makan tempat.




Tantangan-tantangan diatas harus kita hadapi dalam proses budidaya pohon ketapang. Hal ini agar di lapangan kita tidak kaget dalam menentukan jalan keluar dari setiap permasalahan yang ada. Disamping itu semua, sebenarnya pohon ketapang adalah pohon seribu guna.

Banyak kegunaan dan khasiat yang bisa kita dapatkan dari menanam pohon ini, tidak hanya bagi lingkungan, namun juga bagi makhluk hidup dan manusia. Ayo menanam pohon ketapang!

Baca Juga :



Belum ada Komentar untuk "Ini Dia Tantangan yang Harus Dihadapi Dalam Menanam Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel