Artikel Pilihan

Ini Dia 4 Manfaat Pohon Palem Kuning Bagi Lingkungan

Pohon palem kuning adalah tanaman tropis yang sangat cocok ditanam di berbagai area rumah, karena palem kuning mampu bertahan hidup tanpa terkena cahaya matahari secara langsung dan pohon palem kuning akan memberikan nuansa yang segar di dalam rumah. Bentuk pohon palem kuning juga sangat unik, sehingga sangat cocok disimpan di area rumah.


Deskripsi Pohon Palem Kuning

ciri ciri pohon palem kuning
Sumber: 3.bp.blogspot.com
Pohon palem kuning adalah tanaman yang masuk dalam keluarga palmae atau palem-paleman, sehingga pohon palem kuning masih satu keluarga dengan pohon kelapa. Pohon palem memiliki tampilan yang sangat keren, sehingga bisa membuat taman lebih indah dan pohon palem kuning bisa hidup subur di area taman dalam waktu yang lama.

Pohon palem kuning menjadi jenis pohon palem yang tidak bisa tumbuh tinggi, hal ini membuat pohon palem kuning cocok berada di pekarangan rumah. Ciri khas pohon palem kuning memiliki pelepah yang berwarna kuning dan daunnya berumpun. Pohon palem kuning berasal dari Madagaskar yang memiliki iklim tropis, sehingga pohon palem kuning sangat cocok di Indonesia.

Bentuk daun pohon palem kuning tersusun bersirip majemuk dan warna anak daunnya berwarna hijau terang. Pelepah dari pohon palem memiliki warna yang kuning, sehingga permukaan kulit daunnyapun hampir berwarna kuning. Pohon palem kuning juga memiliki batang yang beruas dan cara berkembang biak pohon palem kuning dengan vegetatif atau generatif.

Manfaat Pohon Palem Kuning Bagi Lingkungan

1. Menahan Erosi

Erosi merupakan suatu fenomena yang muncul akibat adanya pengikisan padatan dan erosi merupakan proses alami yang sangat mudah untuk dideteksi. Erosi bisa diperparah dengan berbagai aktivitas manusia yang buruk dalam melakukan tata guna lahan dan pengundulan hutan secara berlebihan menjadi faktor utama munculnya erosi.

Tipe akar pohon palem kuning adalah berserabut, sehingga akan bisa menempel dan menangkap berbagai partikel dalam tanah. Pohon palem kuning memiliki kemunculan tunas yang sangat cepat, sehingga diameter rumpunnya menjadi cepat berkembang. Pohon palem kuning yang memiliki akar serabut dan memiliki rumpun membuat tanaman ini banyak dimanfaatkan untuk menahan erosi.

Baca Juga :

2. Meredam Getaran

Berdasarkan penelitian dalam ilmu Fisika, sebuah tiang yang menancap pada tanah akan menerima sebuah gelombang dan getaran dalam jumlah yang banyak. Pohon palem kuning memiliki bentuk pohon yang seperti tiang, sehingga getaran yang diterimanya akan dihindarkan ke arah atas dan getaran akan berakhir pada daun yang bentuknya menyerupai roset.
ciri ciri pohon palem kuning
Sumber: 1.bp.blogspot.com
Pohon palem kuning yang memiliki sifat mekanis, akan bisa meredam getaran yang dihasilkan dari alat transportasi. Bagi anda yang memiliki rumah disekitaran rel kereta api, tentu sangat cocok menanam pohon palem kuning di pekarangan dan dengan pohon palem kuning, maka kondisi lingkungan rumah menjadi lebih aman dari getaran.

3. Tanaman Hias

Pohon palem kuning adalah jenis pohon palem yang bisa ditempatkan diluar rumah atau dalam rumah. Hadirnya pohon palem kuning akan menambah keindahan taman di area pekarangan rumah dan akan membuat kondisi taman menjadi sejuk. Pohon palem kuning bisa hidup dibiarkan tinggi, namun bisa juga dikredilkan dalam pot.

Pertumbuhan anakannya yang merumpun, akan membuat pohon palem lebih indah dan untuk menjaga pohon palem kuning agar terus merumpun, sebaiknya buang berbagai batang yang tumbuh. Pohon palem kuning hias memiliki nilai yang tinggi, karena jumlah peminatnya sangat tinggi dan jumlah penjualnya sangat mudah ditemukan di sekitaran Lembang Bandung.

4. Mereduksi Gas Polutan

Sebuah ruangan yang sering terkena asap rokok, tentu memiliki kondisi udara yang tidak sehat. Pohon palem kuning yang disimpan dalam ruangan akan mengurangi jumlah gas polutan, hal ini akan membuat kondisi udara lebih sehat. Pohon palem kuning menjadi pembersih udara yang bekerja secara alami dan pohon palem kuning tidak memiliki kandungan yang berbahaya bagi manusia.

Pohon palem kuning juga sering dianggap sebagai pohon keberuntungan oleh ahli fengshui. Pohon palem kuning seringkali ditemukan di berbagai gedung perkantoran, karena keberadaannya dianggap bisa menyeimbangkan aura kesibukan dengan aura ketegangan. Berbagai aura negatif bisa dinetralisir oleh pohon palem kuning.

Sekian bahasan lengkap mengenai manfaat pohon palem kuning bagi lingkungan dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembacanya.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Ini Dia 4 Manfaat Pohon Palem Kuning Bagi Lingkungan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel