Artikel Pilihan

Fakta Pohon Ketapang

Banyak orang yang sudah kenal dan paham dengan pohon yang satu ini. Pohon ketapang memang banyak ditemukan di pinggir-pinggir jalan. Keberadaannya yang dekat dengan kita membuat pohon ini mudah dikenali.

Namun tahukah anda? bahwa pohon ketapang memiliki ciri khas yang tidak dimiliki oleh berbagai pohon yang lain. Keunikan dari pohon ketapang ini yang membuatnya berbeda dengan pohon lainnya. Untuk itu, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang fakta dari pohon ketapang.

Fakta Pohon Ketapang

1. Ditanam di pinggir-pinggir jalan


Ciri Ciri Pohon Ketapang

Salah satu fakta mengungkapkan bahwa pohon ketapang ini adalah salah satu pohon pinggir jalan. Ternyata ada alasan khusus yang membuat pohon ini ditanam di pinggir-pinggir jalan.




Hal ini berkaitan erat dengan lingkungan. Pohon ketapang ternyata mampu menyerap zat polusi yang dilepaskan di udara. Pohon ketapang sangat efektif dalam menyerap polusi tersebut karena jumlah daunnya yang cukup banyak serta intensitasnya yang rimbun.

Baca juga : Sangat Berguna, Batang Pohon Ketapang Bisa Berikan Manfaat Ini


2. Akarnya efektif menyerap air

Fakta selanjutnya adalah akar dari pohon ini sangat efektif dalam menyerap air. Dengan begini, pohon ketapang sangat cocok ditanam di daerah yang tandus atau sering terkena banjir.

Saat musim hujan datang, akar pohon ketapang akan menyerap air dalam jumlah yang cukup banyak. Serapan air pada pohon ketapang ini menjaga tanah di sekitarnya agar tetap basah dan lembab. Hal ini membuat tanah menjadi lebih subur.

3. Daunnya mampu menyembuhkan ikan cupang

Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: banjardewa.desa.id
Bagi anda seorang kolektor ikan cupang, maka sangat penting untuk mengetahui fakta yang satu ini. Daun ketapang mampu menyembuhkan ikan cupang dari luka dan stres.

Bahkan tidak hanya itu, daun ketapang ternyata efektif meningkatkan umur dari ikan cupang. Hal ini karena daun pohon ketapang memiliki kemampuan untuk menetralisir air bahkan menyaring polutan yang ada di air.

4. Buahnya mirip dengan Almond

Apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar kata almond? ya, almond merupakan salah satu jenis kacang yang cukup mahal.

Biasanya almond digunakan sebagai campuran kue dan eskrim. Bagi anda yang menginginkan rasa almond pada bahan-bahan lokal maka anda bisa mencoba biji ketapang.

Biji pohon ketapang memiliki karakteristik dan rasa yang hampir mirip dengan almond. Namun dari segi harga, biji ketapang jauh lebih mudah dan terjangkau jika dibandingkan dengan almond.
Ciri Ciri Pohon Ketapang
Sumber: dekoruma.com
Untuk mengolah biji pohon ketapang kita perlu mengeringkannya terlebih dahulu. Setelah itu baru kita keluarkan biji ketapang dari kulit buah yang teksturnya cukup keras. Bahkan mengeluarkan biji pohon ketapang cukup sulit jika dilakukan dengan manual.

5. Bisa digunakan sebagai tanaman hias

Salah satu varietas dari pohon ketapang bisa dimanfaatkan sebagai pohon hias. Jenisnya adalah Terminalia Mantaly. Atau kita kenal dengan ketapang kencana.

Pohon ketapang jenis ini memiliki ukuran yang kecil dan manis. Namun pohonnya memiliki unsur estetika yang tinggi. Bahkan pohon ini banyak yang diperjualbelikan dalam harga yang tinggi.

Baca juga : Kenali Jenis-Jenis Pohon Ketapang Hias Untuk Di Rumah

Ketapang Kencana memang tampak berbeda dengan jenis ketapang yang biasa. ketapang kencana memiliki harga yang lebih mahal namun keindahannya mampu menyaingi harganya.

6. Biji ketapang bisa dijadikan pengganti kedelai

Apakah anda heran dengan fakta yang satu ini? Ternyata hal ini benar adanya. Pohon ketapang mampu menunjang sektor industri umkm. salah satunya adalah sebagai bahan alternatif pembuatan tahu.

Seperti kita ketahui bahwa bahan pembuatan tahu adalah kedelai. Namun seiring berjalannya waktu, harga kedelai mengalami kenaikan karena faktor kenaikan bbm.

Untuk itu demi menunjang permasalahan ini beberapa peneliti dari para akademisi mencoba melakukan penelitian. Kesimpulannya adalah biji pohon ketapang bisa digunakan sebagai campuran dari pembuatan tahu kedelai.




Meskipun begitu, jumlah biji ketapang yang digunakan tidak Sebanyak biji kedelai. Karena jika terlalu banyak maka tahu akan sulit mengental. Ternyata fakta dari pohon yang memiliki nama ilmiah Terminalia Catappa cukup unik. Hal tersebut yang membuat pohon ini berbeda dengan pohon lainnya.

Pohon ketapang ternyata memiliki manfaat yang sangat beragam, tidak hanya bagi manusia namun juga bagi makhluk hidup lain bahkan lingkungan. Maka dari itu tidak ada salahnya untuk tanam pohon beribu manfaat ini.

Baca Juga :

Belum ada Komentar untuk "Fakta Pohon Ketapang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel