Artikel Pilihan

4 Fakta Tersembunyi Di Balik Pohon Zaitun

Siapa yang masih belum kenal dengan pohon zaitun? Tanaman yang satu ini khas sebagai penghasil minyak zaitun. Ketenarannya telah mencapai seluruh pelosok dunia dengan berbagai khasiat yang terkandung di dalamnya.

Pohon yang memiliki nama latin Olea Europaea telah menorehkan kisah panjang di dunia ini. Terdapat banyak hal yang tersembunyi di balik pohon zaitun. Berikut ini diungkap beberapa fakta tentang pohon zaitun :

1. Pohon beribu khasiat

Ciri Ciri Pohon Zaitun

Pohon zaitun menghasilkan buah yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan konsumsi maupun produk kesehatan. Buah zaitun yang masih muda dapat dikonsumsi secara langsung. Buah ini dapat menyegarkan tubuh di tengah-tengah kondisi terik matahari.




Buah zaitun yang sudah tua bisa dimanfaatkan untuk diambil minyaknya. Kandungan lemak jenuh yang rendah sangat bagus untuk mengendalikan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Omega 3 yang terkandung di dalamnya juga sangat baik bagi pertumbuhan otak anak-anak sekaligus dapat mencegah kepikunan pada orang yang sudah lanjut usia.

Baca juga : Ciri Ciri Pohon Cemara Jepang (Juniperus procumbens) Di Alam Liar

Bagi yang ingin menurunkan berat badan juga bisa mengganti minyak yang digunakan sehari-hari dengan minyak zaitun ini. Namun, akan lebih baik apabila minyak zaitun dikonsumsi tanpa proses pemanasan terlebih dahulu.

Daun pohon zaitun juga bisa diambil ekstraknya. Ekstrak daun zaitun juga mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Hal ini dapat menurunkan risiko serangan jantung. Selain itu, ekstrak ini juga dapat mengurangi risiko kelebihan kadar gula dalam darah. Sehingga ekstrak daun zaitun juga bisa mencegah penyakit diabetes.

2. Telah hidup sejak ribuan tahun lalu

Pohon zaitun banyak disebut dalam Al Qur’an hingga Al Kitab. Pohon ini melambangkan kesucian dan perdamaian. Pohon zaitun telah hadir sejak ribuan tahun lalu dibuktikan dari adanya penyebutan pohon zaitun dalam kitab tersebut.

Salah satu pohon zaitun yang terdapat di Turki, telah diteliti usianya oleh peneliti Universitas Ankara. Dengan menggunakan metode luminesei ditemukan bahwa pohon tersebut berusia 3.000 tahun. Walau sudah tua, pohonini tetap berbuah dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Hasil penjualan dari minyak buah zaitun juga didonasikan kepada pihak yang membutuhkan serta digunakan sebagai dana pendidikan.

Di Palestina juga ditemukan pohon zaitun yang berusia 4.000 tahun. Pohon ini disebut-sebut telah menjadi saksi perkembangan 3 agama. Dan kini juga tetap menghasilkan buah serta lokasinya dijadikan sebagai tempat wisata.

3. Bisa hidup di Indonesia

Zaitun berasal dari daerah Mediterania Timur. Tanaman ini memang mudah dijumpai di daerah Eropa dan timur tengah. Habitat asli pohon zaitun yaitu di iklim panas dan bisa bertahan di cuaca dengan hujan es ringan.

Indonesia merupakan daerah yang beriklim tropis. Namun, tidak menutup kemungkinan untuk tetap bisa membudidayakan pohon zaitun di Indonesia. Tanaman ini bisa hidup di Indonesia asalkan suhunya tinggi.

Baca juga : Rekomendasi Pohon Terbaik Untuk Pekarangan Rumah

Pohon zaitun lebih cocok hidup di dataran rendah dengan intensitas hujan yang tidak terlalu tinggi. Suhu di atas 25 derajat Celsius akan sesuai dengan perkembangan tanaman ini. Perlu diingat bahwa usia pohon yang belum mencapai 5 tahun cenderung lebih rentan terhadap penyakit.

Saat musim penghujan, udara yang lembab dan jumlah air yang banyak dapat mengganggu kestabilan hidup pohon zaitun. Setelah ditanam, pohon zaitun lebih baik diletakkan di green house.

4. Memiliki harga jual tinggi

Tanaman zaitun bibitnya memang lebih tinggi dibandingkan dengan bibit tanaman lain. Walau begitu, tanaman zaitun tetap produktif meskipun telah berusia tua. Buah yang dihasilkan tetap lebat setiap musimnya. Cabang baru juga bisa tetap tumbuh jika dipotong.




Pohon zaitun akan memiliki harga jual lebih tinggi bila dibuat tanaman hias. Tanaman zaitun bonsai juga memiiki kecantikan tersendiri, sehingga dapat menarik minat kolektor bonsai. Bentuk batang pohon zaitun meskipun keriput dan terpelintir bisa memberikan guratan seni yang tidak bisa dibuat-buat.
Ciri Ciri Pohon Zaitun
Sumber: sobatbonsai.blogspot.com
Buah zaitun yang dihasilkan oleh pohon tua tetap bisa dijual. Di Turki harga buah zaitun per kilo yaitu 10.000 lira. Di daerah Riyadh, Saudi Arabia harga pohon zaitun bonsai bisa mencapai 1 milyar rupiah.

Setelah mengetahui fakta-fakta di balik pohon zaitun, apakah anda tertarik untuk mencoba menanam pohon zaitun sendiri di rumah?

Baca juga :
Ciri Ciri Pohon Silverberry (Elaeagnus angustifolia) Di Alam Liar
10 Jenis Tanaman Bonsai yang Cocok Untuk Ruangan
Ciri Ciri Pohon Zaitun (Olea europaea) Di Alam Liar








Belum ada Komentar untuk "4 Fakta Tersembunyi Di Balik Pohon Zaitun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel