Artikel Pilihan

Cara Menanam Tanaman Hias Sri Rejeki (Chinese Evergreens)

ciri ciri pohon sri rejeki

Tanaman hias satu ini memiliki manfaat serupa dengan namanya karena disinyalir memberi rezeki bagi pemiliknya. Sri Rejeki (Chinese evergreens) merupakan tanaman yang terlihat seperti lidah buaya atau aloe vera. Keindahan yang ditampilkan dari Sri Rejeki juga sangat mempesona. Berikut ini cara menanam tanaman Sri Rejeki agar dapat tumbuh optimal dan cantik.


Cara Menanam Tanaman Sri Rejeki

Habitat alami tanaman ini berada di hutan hujan tropis Indonesia. Sri Rejeki sangat cocok pada wilayah yang penyinaran matahari rendah dan suhu lebih dari 15 derajat celcius. Apabila ditanam pada daerah dengan suhu udara terlalu dingin menyebabkan daunya menjadi bercak-bercak. Ikuti cara menanam tanaman Sri Rejeki agar tumbuh efektif.

1. Pembibitan 

Proses pembibitan tanaman dapat dilakukan dengaan beberapa cara. Pertama melakukan pembibitan dari biji, pastikan dahulu memperoleh biji dari tanaman indukan berumur dewasa. Setelah mendapatkan biji lakukan perendaman dalam waktu 3 jam untuk mempermudah penyemaian biji.

Dapat pula melakukan pembibitan dari stek daun yang banyak dilakukan masyarakat. Pembibitan dari stek cukup mudah dengan memotong pada bagian tunas yang sehat. Pastikan pula alat pemotong yang digunakan bebas karat, bersih, dan tajam. Selanjutnya menyiapkan wadah untuk meletakkan bibit dan media tanam.

Pembibitan dapat dilakukan dengan cara pencangkokan yang hendak dilakukan seteliti mungkin. Sebab, batang tanaman Sri Rejeki lembek dan tidak begitu kuat. Sehingga, apabila pembibitan dengan pencangkokan dilakukan sembarangan menyebabkan akar dan batang mudah membusuk.

Baca Juga :

Pada bibit indukan yang akan dicangkok, batangnya harus cukup umur dan berwarna kecoklatan. Sayatlah bagian batang dan tutup dengan media tanam. Tunggu sampai akar mulai muncul dan potong sebelum dipisahkan dalam wadah tanam
ciri ciri pohon sri rejeki
Sumber: bukalapak.com

2. Mempersiapan Media Tanam

Media tanam juga wajib disiapkan dengan baik supaya bibit berkembang optimal. Sri Rejeki membutuhkan media tanam khusus, antara lain:
  • Sekam bakar, merupakan jenis media tanam telah melewati proses sterilisasi. Tetapi, media tanam sekam bakar memiliki kualitas menyerap air yang tidak begitu baik. Maka cobalah mencampur dengan media tanam lain.
  • Pakis adalah salah satu media tanam dengan daya serap air yang baik. Memiliki sistem drainase air baik terutama efektif terhadap perkembangan akar.
  • Pasir Malang, jenis media tanam bersifat porositas sangat baik. Penggunaan media tanam ini sangat ampuh atasi masalah genangan air pada tanaman.
  • Cocopeat, salah satu media tanam umumnya digunakan menanam bunga hias. Cocopeat sangat efektif menahan air guna pencehanan akar membusuk.

3. Penyiraman

Melakukan penyiraman terhadap tanam hias ini hendaknya disesuaikan dengan kondisi lingkunganyan. Jadi, tidak perlu begitu sering menyiram saat musim hujan tiba. Hindari pula meletakkan tanaman Sri Rejeki pada luar ruangan yang menyebabkan mudah tergenang air. Lakukan penyiraman menggunakan botol spray secukupnya saja. Air siraman juga wajib bebas kaporit dan bersih. Sebenarnya cukup menyirami tanaman Sri Rejeki ketika dirasa kering saja.

4. Pemupukan

Agar memperoleh bibit tanaman yang dapat berkembang baik, tanaman Sri Rejeki wajib melewati proses pemupukan. Minimal pemupukan dilakukan selama 2 minggu setelah melewati waktu 2 bulan penanaman. Pilih pupuk kompos maupun kandang agar pertumbuhan tanaman baik dan menutrisi unsur hara.

5. Pencegahan Hama dan Penyakit

Sama seperti tanaman umumnya, lakukan pencegahan terhadap penyakit dan hama tanaman. Sebab akan mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Ketika melihat bagian tanaman yang tampak terserang hama dan sakit segera pisahkan dengan cara memotong bagian tanaman. Cara menanam tanaman Sri Rejeki ini terbilang mudah karena dapat dilakukan dengan berbagai metode pembibitan. Ditinjau dari segi perawatannya tergolong mudah.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Tanaman Hias Sri Rejeki (Chinese Evergreens) "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel