Artikel Pilihan

Cara menanam Pohon Palem kipas yang Penting Untuk Dipelajari

ciri ciri pohon palem kipas

Secara umum tidak semua orang yang lahir kedunia bisa merasakan nuansa tropis ditempatnya, karena nuansa tropis hanya bisa dirasakan dengan melihat berbagai tanaman tropis. Namun banyak tukang kebun yang berfikir kreatif dengan memilih tanaman tropis di kebunnya dan membudidayakan tanaman tropis sampai banyak.

Pohon palem kipas menjadi salah satu tanaman tropis yang sangat rekomended untuk dibudidayakan, karena bisa membuat suasana lingkungan menjadi asri. Untuk membuat pohon palem kipas tumbuh subur, tentu harus ditempatkan di tanah yang luas dan memiliki kondisi cahaya yang terang. Pohon palem kipas tidak cocok ditempatkan di lokasi yang memiliki genangan air.

Definisi Pohon Palem Kipas

Palem kipas adalah jenis pohon palem yang sangat mudah ditemukan di kawasan Asia Tenggara seperti Laos, Vietnam, Kamboja, Thailand, Malaysia dan Indonesia. Popularitas palem kipas di Indonesia sudah berlangsung sejak jaman dulu, karena pembudidaya pohon palem kipas sangat banyak dan bentuknya yang menyerupai kipas menjadi daya tarik yang sangat besar.

Pohon palem kipas biasanya memiliki buah yang berwarna biru dan pohon palem kipas bisa hidup dalam cuaca yang sangat dingin. Batangnya memiliki duri yang bentuknya mitif dengan gigi ikan hiu. Pohon palem dewasa bisa tumbuh hingga ketinggian 25 meter dan pohon palem kipas juga bisa tumbuh di hutan yang sangat lebat.

Jenis-jenis Pohon Palem Kipas

Tangan kipas cina atau livistona chinensis adalah jenis palem kipas yang sering dipakai untuk menghias sebuah ruangan, agar terlihat lebih cerah dan palem jenis ini terbilang sangat rapi. Tangan kipas cina memiliki proses tumbuh yang lambat. Pohon ini memiliki batang yang tunggal, sehingga pertumbuhannya sangatlah tegak. Palem kipas jenis ini memiliki daun yang sangat lebar, karena lebarnya bisa mencapai 6 kaki.

Palm fan Eropa atau chamaerops humilis adalah jenis palem kipas yang juga memiliki bentuk yang menarik, sehingga sangat cocok ditempatkan di lokasi yang teduh. Ukuran tinggi batangnya bisa mencapai 4 kaki dan bentuk daun jenis ini sangat menyerupai kipas. Ukuran daun saat dewasa adalah 2 kaki dan daun palem kipas jenis ini memiliki warna hijau yang mendekati abu-abu.

Tips Memilih Pohon Palem Kipas

Untuk bisa membuat pohon palem kipas berkembang dengan baik, tentu perlu dilakukan perawatan yang baik. Jangan memilih bibit pohon palem kipas yang memiliki kondisi kering dan memiliki warna daun yang kecoklatan. Palem cokelat yang kualitasnya jelek tidak akan bisa berkembang dengan baik dan akan memiliki kecendrungan untuk mati.

Palem kipas haruslah memiliki warna daun yang hijau dan lebat. Dengan memilih bibit terbaik, maka peluang untuk sukses budidaya pohon palem kipas sangatlah besar. Kini budidaya palem kipas sudah menjadi bisnis yang menguntungkan dan sudah banyak pebisnis yang menjual palem kipas, baik secara online maupun secara konvensional.

Baca Juga :

Cara menanam Pohon Palem kipas yang Penting Untuk Dipelajari

ciri ciri pohon palem kipas
Sumber: tokopedia.net
Pot yang dipakai untuk menanam pohon palem kipas haruslah pot yang bagus, jangan menggunakan pot yang gampang rusak. Pot yang dipakai harus memiliki drainase bagian bawah yang bagus, agar akan tetap lembap dan hindarkan air yang menggenang di pot, karena bisa membuat akar menjadi busuk. Pemilihan pot bagusnya menggunakan bahan yang kuat.

Jauhkan pohon palem kipas dari lubang ventilasi udara, karena akan menimbulkan benturan suhu. Untuk bisa berkembang dengan baik, sebaiknya berikan waktu 4 jam untuk pohon palem kipas mendapatkan cahaya matahari. Dengan memperoleh cahaya matahari yang banyak, maka akan semakin menguatkan sistem tubuh pohon palem kipas.

Bagusnya penyiraman dilakukan dengan semprotan, agar tidak ada air yang berlebihan mengenai pot. Sprayer kabut juga bisa dipakai untuk melakukan penyiraman, karena bisa membantu menjaga kelembapan kondisi tanah dalam pot. Apabila ujung daun pohon palem kipas berwarna cokelat, maka tingkat kelembapan sangatlah kurang.

Tungau laba-laba adalah salah satu hama yang seringkali menyerang pohon palem kipas dan hama jenis ini sangat suka dengan tanaman yang memiliki permukaan daun berdebu. Membersihkan daun pohon palem kipas sangatlah penting untuk dilakukan dan pembersihan bisa dilakukan dengan memakai kain yang lembut.

Demikian ulasan lengkap mengenai cara menanam pohon palem kipas yang penting untuk dipelajari dan semoga semua bahasannya memberikan manfaat bagi para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara menanam Pohon Palem kipas yang Penting Untuk Dipelajari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel