Artikel Pilihan

Tips Memilih Peralatan Untuk Memangkas Pohon Palem


ciri ciri pohon palem

Banyak masyarakat yang berfikir bahwa memotong pohon palem secara teratur akan membantu dalam proses pertumbuhan pohon palem, namun anggapan ini sangatlah keliru. Pohon palem bisa tumbuh dengan proses perawatan yang sederhana dan pohon palem yang ditanam di lahan luas, sebaiknya tidak terlalu sering untuk dipangkas.

Proses pemangkasan pelepah pohon palem bisa dilakukan saat kondisi pelepahnya mulai mengering atau membusuk, karena pelepah tidak akan berkembang dengan baik. Pemangkasan juga harus dilakukan apabila kondisi pelapah sudah membahayakan orang lain, karena bisa saja terlepas dari pohonnya dan kondisi ini harus dengan cepat diatasi. Untuk melakukan pemangkasan tentu dibutuhkan peralatan yang memadai.

Tips Memilih Peralatan Untuk Memangkas Pohon Palem

ciri ciri pohon palem
Sumber: 3.bp.blogspot.com

1. Pilih Alat Pemangkas

Untuk memangkas pohon palem memang diperlukan peralatan yang memadai dan ada berbagai jenis peralatan yang bisa digunakan. Menentukan peralatan pemangkas bisa dilihat daru ukuran pohonnya, sehingga pemilihan peralatan akan berjalan efektif. Untuk pohon palem yang memiliki pelepah berdiameter 2 sampai 3 cm bisa memakai pisau bergerigi. Pisau bergerigi juga bisa dipakai untuk memangkas tangkas bunga yang menempel di pohon.

Untuk pohon palem yang memiliki pelepah 4 cm bisa menggunakan gunting pangkas yang berukuran besar, jangan menggunakan gunting yang kecil. Pemakaian gunting juga bisa dilakukan untuk menghilangkan berbagai daun yang kering, karena pohon kekurangan air atau pohon terserang oleh hama. Janganlah menggunakan gunting biasa, harus gunting potong yang khusus untuk tanaman.

Gergaji tangan juga bisa dipakai untuk membantu memangkas pohon palem, karena pelepah yang tebal bisa dipotong dengan cepat dan untuk pelepah yang sangat besar, bisa dipotong menggunakan gergaji rantai. Untuk melakukan proses pemotongan dengan gergaji, anda perlu ekstra hati-hati dan selalu waspada terhadap berbagai kemungkinan robohnya pohon.

2. Pilih Alat Pemanjat

Untuk pohon palem yang ukurannya belum terlalu tinggi, tentu sangat mudah memangkas pelepahnya. Namun untuk memangkas pohon palem yang berukuran besar, diperlukan alat pemanjat yang memadai. Pemilihan alat pemanjat bisa disesuaikan dengan ukuran pohon palemnya. Semakin tinggi pohon, maka alat pemanjatnya harus semakin tinggi.

Untuk pohon palem yang pendek, anda bisa menggunakan bangku atau tangga yang ukurannya kecil. Pohon palem yang memiliki ketinggian diatas 4 meter bisa menggunakan tangga berukuran besar. Alat pemanjat juga harus mampu menopang berat beban, agar tidak terjadi kecelakaan saat proses pemanjatan dilakukan. Jangan sampai alat pemanjat licin, sehingga membuat anda terjatuh.

Bucket lift atau alat penderek juga bisa dipakai untuk memangkas pohon palem yang memiliki tinggi menjulang. Panggunaan bucket lift haruslah oleh orang yang profesional, karena diperlukan berbagai standar yang menjamin keamanan. Jangan menggunakan sepatu panjat yang khusus, karena bisa menyebabkan kerusakan di bagian batang pohon.

Baca Juga :

3. Pilih Alat Pelindung

Untuk melakukan pemangkasan pelebah pohon palem, tentu harus disiapkan berbagai alat pelindung. Dengan memakai alat pelindung yang komplit, maka kecelakaan dalam bekerja bisa dihindari dan anda bisa melakukan pemangkasan dengan leluasa. Pemilihan alat pelindung tidak boleh dianggap remeh, karena sifatnya sangat penting.

Sarung tangan menjadi perlengkapan utama yang harus dipakai untuk melakukan pemangkasan pelebah pohon palem. Kacamata pelindung juga diperlukan, agar mata tidak terkena berbagai percikan pelapah atau percikan debu. Pelepah pohon palem memiliki gerigi yang sangat tajam di bagian pinggirnya dan dengan menggunakan sarung tangan tentu akan lebih aman.

4. Konsultasi Dengan Ahli

Untuk bisa memilih peralatan untuk memangkas dan melakukan proses pemangkasan dengan tepat, anda bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan pihak ahli. Pohon palem yang tumbuh dengan sangat tinggi dan berukuran besar, tentu sangat sulit untuk dipangkas. Dengan berkonsultasi ke pihak ahli, tentu anda akan mendapatkan solusi paling terbaik.

Pihak ahli yang dimaksudkan adalah pihak yang sudah berpengalaman dalam melakukan pemangkasan pohon palem. Biasanya para penjual pohon palem memiliki tips terbaik untuk mengatasi berbagai permasalahan tanaman. Apabila anda memperoleh bibit pohon dari penjual palem, maka anda bisa melakukan konsultasi ke pihak yang sama.

Sekian ulasan lengkap mengenai tips memilih peralatan untuk memangkas pohon palem dan semoga semua bahasannya akan memberikan manfaat untuk para pembaca.

Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Tips Memilih Peralatan Untuk Memangkas Pohon Palem"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel