Artikel Pilihan

Cara Budidaya Tanaman Pohon Bidara agar Tetap Tumbuh Subur

ciri ciri pohon bidara

Pohon ini tumbuh di ketinggian sekitar 1000 mdpl dan memiliki curah dengan rendah antara 300-400 mm per tahun. Suhu maksimum dari tumbuhan ini adalah 37-48 derajat celcius. Suhu minimum 7-13 derajat celcius.

Pohon ini diperbanyak melalui proses vegetatif berupa stek. Benih pohon bidara dianjurkan untuk disemai dulu dan jarak tanam yang dapat digunakan untuk menanam pohon bidara, yaitu sekitar 5-9 meter.

Berikut ini akan dijelaskan tentang cara budidaya tanaman pohon bidara agar tetap tumbuh subur, yaitu:

1. Dengan Cara Menumbuhkan dari Biji

Kumpulkan biji yang buahnya sudah matang berwarna coklat kemerahan mengkilap dan tidak ada warna hijau di ujungnya. Kumpulkan tiga atau empat buah untuk menemukan benih yang layak. Potong memanjang di sekitar buah dengan pisau.

Rendam biji di air hangat selama satu jam. Gosok dengan lembut semua daging yang menempel. Bilas secara menyeluruh dan letakkan benih di atas handuk kertas untuk dikeringkan. Simpan biji ke dalam kantong kertas dari kelembapan dan cahaya langsung (agar benih bisa masak).

Simpan biji di suhu sekitar 70 derajat Fahrenheit (seperti di lemari dapur). Pindahkan ke cold storage antara 2-3 bulan. Bungkus biji di dalam kantong plastik yang ditutup. Tabur benih yang diproses dalam pot 4 inci yang diisi dengan campuran pot steril.

Siram pot setelah pohon disemai untuk membantu tanah menjadi rata dan bagus terserap energi maupun nutrisinya. Tempatkan benih di dalam rumah kaca, dan dekatkan dengan jendela yang memiliki sinar pencahayaan yang bagus.

Baca Juga :

Pantau tingkat kelembapan dalam campuran pot karena mengering dengan cepat jika suhunya hangat. Perhatikan pertumbuhan cambah dalam waktu tiga sampai empat minggu. Simpan benih cambah di tempat selama dua minggu dan pindahkan di siang hari. Hangatkan pot pada malam hari.

Penghangatan itu dilakukan selama seminggu dan setelah itu bisa dilepaskan tikar perkecambahannya. Pindahkan bibit ke tempat terbuka yang hangat dan terlindung saat suhu di luar ruangan lebih dari 55 derajat Fahrenheit.

2. Dengan Menggunakan Tip

ciri ciri pohon bidara
Sumber: cloudfront.net
Pohon bidara tumbuh di dalam wadah dan harus mendapatkan paparan sinar matahari langsung satu inci air setiap minggu (untuk tahun pertama mereka). Waktu pangkas pohon ini baik dilakukan pada musim kemarau.

Pemangkas tangan dapat digunakan untuk memangkas kayu maupun ranting yang berdiameter setengah cm. Sedangkan alat Bypass Loppers digunakan untuk kayu antara satu setengah inci dan 22 cm. Untuk mencegah patogen penyakit, maka semua alat pangkas disterilkan dulu dengan alkohol bebas.

3. Dengan Melakukan Penanaman di Tanah

Pohon bidara bisa tumbuh dari biji, sehingga diharapkan bisa menghasilkan benih yang benar. Pohon bidara menerima berbagai jenis tanah hingga pH 7,8. Kebanyakan juga bisa berkembang di tempat kering atau bahkan dalam suhu terekstrim sekalipun.

Pohon bidara membutuhkan pembuahan, sama seperti pohon lainnya. memberi pupuk sebelum musim tumbuh di tahun pertama dan kedua sangat perlu agar cepat bertumbuh.

4. Dengan Menggunakan Penentuan Iklim

Pohon bidara menyukai iklim panas dan kering. Pohon ini sangat toleran terhadap kekeringan dan bisa bertahan dalam kondisi yang rentan tumbuhan lain bisa mati. Pohon ini biasanya mekar cukup larut untuk menghindari embun yang berlebih pada musim penghujan sekalipun.


5. Dengan Mengatasi Penyakit dan Masalah

ciri ciri pohon daun bidara
Sumber: akamaized.net
Masalah utama hama pada pohon bidara adalah busuk pada akar sehingga walaupun di tempat itu diganti oleh pohon lain, maka akan tetap mati juga. Pertumbuhan akar harus segera dipotong setelah akarnya muncul. Jadi jangan sampai kecambah akar terkena cedera agar bisa dibudidayakan.

Satu-satunya cara untuk membudidayakan pohon ini adalah dengan mengerti apa yang akan didapatkan jika menanam tanaman yang dicangkokkan.

Cara agar pohon bidara bisa tumbuh dan berkembang adalah dengan melakukan beberapa cara berikut, seperti Melakukan Penyiraman, Melakukan Pengajiran, Melakukan Penyinaran, Melakukan Pemupukan, dan Melakukan Pemangkasan. Semua itu didasarkan agar menghasilkan pohon yang bagus.

Bagus saja tidak cukup tetapi yang berkualitas juga perlu dan bisa agar hasilnya memuaskan. Dengan hasil yang memuaskan, maka daun, buah, kulit, maupun akar pohon bisa bermanfaat dan berkhasiat dengan semestinya.

Nah, itulah penjelasan tentang cara budidaya tanaman atau pohon bidara agar tetap tumbuh subur. Semoga bermanfaat.
Baca Juga :


Belum ada Komentar untuk "Cara Budidaya Tanaman Pohon Bidara agar Tetap Tumbuh Subur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel