Artikel Pilihan

Khasiat dan Nilai Gizi dari Buah Pohon Bidara

buah bidara

Buah pohon bidara yang sudah matang mempunyai rasa asam cenderung manis. Sehingga buah dari pohon ini cocok untuk bahan minuman buah segar. Pohon bidara juga sekarang banyak dibudidayakan karena mempunyai khasiat dan nilai gizi yang tinggi.

Sebelum ke inti pembahasan, pohon bidara adalah pohon yang tumbuh di daerah kering maupun gurun. Berikut adalah khasiat yang bisa dirasakan dari buah pohon bidara, antara lain:


1. Bisa Mencegah Tubuh dari Radikal Bebas


Buah pohon bidara kaya akan senyawa anti oksidannya. Sehingga senyawa ini bisa mencegah kerusakan sel pada tubuh oleh radikal bebas. Anti oksidan yang aktf dalam buah tersebut adalah flavonoid, polisakarida, dan asam triterpenic.

2. Bisa Meningkatkan Kualitas Tidur dan Fungsi Otak


Buah pohon bidara bisa memperbaiki kualitas tidur dimana mencegah gangguan yang terjadi selama tidur. Selain itu, dengan mengonsumsi buah bidara, maka anda juga dapat meningkatkan kualitas tidur.

3. Bisa Membantu Memerangi Sel Kanker dalam Tubuh


Senyawa bioaktif yang ada dalam buah pohon bidara ini bisa membantu memerangi sel kanker dalam tubuh. Diketahui bahwa buah pohon bidara mengandung asam triterpenic dan polisakarida untuk beberapa garis sel kanker.

4. Bisa Mengatasi Gangguan Kecemasan


Buah pohon bidara bisa mengatasi gangguan kecemasan atau yang kita kenal dengan anxiety. Senyawa-senyawa yang diekstrak dari buah tersebut bisa memberikan efek penenang bagi pengkonsumsinya. Hal tersebut dibuktikan melalui sebuah studi yang dipublikasikan pada tahun 2000.


5. Bisa Membantu Mengobati Diabetes


Buah pohon bidara bisa membantu dalam mengobati diabetes. Hal tersebut karena buah ini memiliki afek anti diabetes yang mana bekerja membantu sel untuk memanfaatkan gula darah dan juga melindungi maupun mencegah peningkatan kadar gula darah.

6. Bisa Membantu Memulihkan Tenaga


Buah pohon bidara yang sudah matang mengandung vitamin yang kaya akan daya tahan tubuh. Kandungan nutrisi dan gizi yang yang ada dalam buah ini bisa memulihkan tenaga dari orang yang sembuh dari sakit maupun sedang lelah.

Kehilangan tenaga bisa dipulihkan dengan mengonsumsi ini.

Baca Juga :

7. Bisa Melancarkan Sirkulasi Darah


Buah pohon bidara bisa melancarkan sirkulasi darah yang mana mengalir lancar karena buah ini mengandung vitamin dan mineral yang mendukung hal tersebut. Zat-zat dan kandungan seperti protein, karbohidrat, zat besi, dan zat lain bisa membantu akan hal tersebut.

8. Bisa Mengatasi Jamur Kulit


Buah pohon bidara selain untuk kecantikan kulit, juga bisa untuk mengatasi jamur pada kulit. Dengan mengonsumsi buah ini, kulit anda akan terasa lebih kencang daripada sebelumnya. Kandungan anti bakteri yang bisa membunuh jamur, mikroba, maupun kuman pada kulit bisa mengatasi hal tersebut.

9. Bisa Menenangkan Kulit yang Meradang

menenangkan kulit
Sumber: shonet.imgix.net

Jika anda mengalami iritasi atau radang pada kulit, bisa dilakukan penyembuhan melalui daun bidara. Daun bidara memiliki kandungan anti inflamasi sehingga bisa menenangkan area kulit yang iritasi atau meradang. Cara penggunaan cukup oleskan daun bidara yang sudah dihaluskan ke area kulit tersebut.

Daun bidara juga mengandung anti bakteri yang bisa melawan bakteri penyebab iritasi atau peradangan kulit.


10. Bisa Mengatasi Jerawat

mengatasi jerawat

Sumber: shonet.imgix.net

Dengan daun bidara yang memiliki kandungan anti bakteri dan anti inflamasi mampu mengatasi jerawat dengan baik. Coba raciklah daun bidara menjadi masker dan gunakan setidaknya minimal dua kali dalam seminggu.

Jika anda bukan tipe orang yang suka maskeran bisa mencobanya dengan merebus daun bidara dan gunakan air sebagai tonernya.

Selain khasiat buah pohon bidara yang cukup banyak, anda perlu menetahui tentang kadar dan apa saja nilai gizi yang terkandung dalam buah tersebut, antara lain:
Energi (5,92 kkal), Karbohidrat 17 g, Gula 5.4-10.5 g, Lemak 0,07 g, Serat makanan 0,60 g, Air 81.6-83.0 g, Protein 0,8 g, Riboflavin (Vit B2) 0,02 sampai 0,038 mg, Niasin (Vit B3) 0,7 sampai 0,873 mg, Tiamin (Vit B1) 0,02 sampai 0,024 mg, Zat Besi 0,76 sampai 1,8 mg, Kalsium 25,6 mg, dan Fosfor 26,8 mg

Nah, itulah penjelasan tentang khasiat dan nilai gizi dari buah pohon bidara yang perlu diketahui. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :




Belum ada Komentar untuk "Khasiat dan Nilai Gizi dari Buah Pohon Bidara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel