Artikel Pilihan

Lebih Baik Menanam Bonsai Beringin Daripada Pohon Beringin, Apa Alasannya?

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin

Pohon beringin dan bonsai beringin merupakan tumbuhan yang sama. Perbedaannya hanya terletak pada ukuran kedua tanaman ini. Bonsai beringin merupakan tanaman versi kecil dari pohon beringin. Bonsai ini juga mendapatkan bibit dari pohon beringin yang berukuran hingga 25 meter lebih ini.

Meskipun sama, lebih baik anda menanam bonsai beringin dibandingkan pohonnya. Pohon beringin memberikan beberapa kerugian bagi anda, terutama yang tinggal di daerah perkotaan. Ada banyak kelemahan dari pohon yang sangat adaptif dengan daerah sekitar ini.


Kerugian Menanam Pohon Beringin Dibandingkan Bonsai Beringin

1. Membutuhkan Lahan yang Luas

Pohon beringin dapat tumbuh hingga mencapai 25 meter lebih dengan diameter batang sampai 2 meter. Daun dari bibit bonsai beringin ini juga sangat lebat. Ditambah lagi dengan akar gantung dari tanaman ini.



Pohon yang satu ini tidak akan cocok untuk tumbuh di sebelah rumah anda. Pohon beringin ini bisa menabrak rumah anda hingga menyebabkan kerusakan parah. Akarnya juga akan terus tumbuh hingga bisa membuat lantai anda rusak.

Anda harus memiliki tempat yang sangat luas untuk bisa menanam pohon beringin. Sedangkan bonsai beringin hanya memerlukan pot kecil. Anda tetap dapat melihat tanaman yang serupa, bahkan dari dalam kamar anda.

2. Sulit Ditebang

Pohon beringin merupakan salah satu pohon terkuat yang pernah tumbuh. Bentuknya tinggi dan besar dengan batang yang sangat kuat. Akarnya juga sangat kokoh, termasuk akar gantung dari cabangnya.

Saat anda merasa pohon ini mengganggu atau tidak ingin merawatnya lagi, anda akan kesulitan untuk membuangnya. Membutuhkan proses yang panjang dan alat-alat yang rumit untuk menebang pohon ini. Pohon beringin hanya akan tumbang saat umurnya sangat tua. Saat tumbang pun pohon ini akan merusak benda-benda di sekitarnya.

Berbeda dengan versi kecilnya, bonsai beringin tidak memerlukan usaha yang sangat keras untuk membuangnya. Anda hanya perlu memindahkan posisinya saat tidak suka dengan keberadaan tanaman ini.
Ciri Ciri Pohon Beringin
Sumber: i.pinimg.com


3. Membuat Udara Jadi Lembab

Pernahkah anda berpikir kenapa suasana di sekitar pohon beringin sangat angker? Kesan angker ini disebabkan karena bakal bibit bonsai beringin ini membuat udara disekitar menjadi lembab.

Pohon beringin memang menyerap banyak air dan melepaskan air tersebut saat melakukan fotosintesis. Hal inilah yang menyebabkan udara disekitar menjadi lembab. Anda akan kerepotan mengurus rumah yang lembab. Rumah anda akan mudah ditumbuhi jamur.

4. Tidak Baik Untuk Kesehatan

Udara yang lembab tidak baik untuk kesehatan anda. Batuk dan flu akan mudah menyerang anda ketika tingkat kelembaban udara di sekitar anda sangat tinggi. Penyakit lain yang lebih parah adalah infeksi pernapasan. Jamur dan kutu juga akan memenuhi kasur hingga dapat menyebabkan penyakit kulit untuk anda.

Bonsai beringin juga menyebabkan kelembaban di ruangan. Namun, tingkat kelembaban dari tanaman hias itu tidak setinggi pohon beringin.


Manfaat Memiliki Bonsai Beringin

Ciri Ciri Pohon Bonsai Beringin
Sumber: i.pinimg.com
Berbeda dengan pohon beringin, ada banyak manfaat yang akan anda dapatkan jika merawat bonsai beringin. Salah satu manfaatnya adalah menjadi penghilang stress. Saat merawat tanaman kecil ini, tubuh akan melepaskan beberapa zat yang membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Bonsai beringin juga mampu meningkatkan kreativitas anda karena dapat dibentuk dengan berbagai pola yang anda inginkan. Tanaman hias ini akan terus membuat anda melakukan inovasi agar terlihat bagus.

Pohon beringin membuat anda ingin berteduh dan bermalas-malasan di bawah daunnya yang rindang. Udara di bawah pohon beringin memang sangat sejuk. Terlalu sering berdiam diri tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh.

Sebaliknya, bonsai beringin menuntut anda untuk terus bergerak karena membutuhkan perawatan. Anda harus rajin memotong daunnya, mencabut kawat, serta memberikan pupuk. Aktif bergerak ketika merawat tanaman ini sudah menghabiskan sedikit kalori dalam tubuh anda.



Apakah anda masih berpikir untuk menanam pohon beringin dibandingkan bonsai beringin? Memiliki pohon beringin di samping rumah memang bisa membuat udara menjadi sejuk dan teduh. Namun, kerusakan yang ditimbulkan dari pohon dengan nama latin Ficus benjamina ini lebih banyak.

Ada baiknya anda mempertimbangkan untuk menanam bonsai beringin dibandingkan pohon beringin. Tanaman kecil ini lebih banyak memberikan manfaat daripada versi besarnya.

Belum ada Komentar untuk "Lebih Baik Menanam Bonsai Beringin Daripada Pohon Beringin, Apa Alasannya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel